Hallo Pebisnis,
Sudahkah mengetahui cara input pembayaran hutang disertai tambahan biaya admin pada Beecloud 3.0 ?
Pembayaran hutang atau pinjaman adalah salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh perusahaan. Dalam prosesnya, nilai yang dibayarkan biasanya ditambahkan dengan biaya admin.
Berikut ini adalah cara input pembayaran hutang dengan ditambah biaya admin ke dalam Beecloud 3.0.
A. Akun Penampung Biaya Admin
1. Cek akun penampung biaya admin bisa melalui Master Akun atau Laporan Laba Rugi
2. Jika belum tersedia, akun penampung biaya admin bisa dibuat terlebih dahulu dengan klasifikasi Pengeluaran Luar Usaha
(Baca Juga : Membuat Master Akun Baru Beecloud 3.0)
B. Pembayaran Hutang dan Biaya Admin
1. Buka form Pembayaran melalui menu [Kas/Bank] > [Pembayaran] > |Tambah Baru|
2. Setelah menentukan Mitra bisnis, pilih akun Penampung Hutang nya dan input |Jumlah Bayar| yang akan dibayar
3. Pilih akun penampung "Biaya Admin" dan inputkan juga nominal biaya admin nya.
4. Pilih Cara Bayar dan Kas/Bank yang digunakan di kolom Pembayaran
5. Klik |Simpan|
C. Jurnal Umum
Untuk melihat dan memastikan transaksi yang telah diinputkan bisa melalui beberapa laporan antara lain Jurnal Umum, Neraca, Laba Rugi dan Buku Besar. Contoh pada panduan ini menggunakan jurnal umum :
1. Klik menu [Akuntansi] > [Jurnal Umum]
2. Klik View / Icon Mata