Home » Master » Produk » Cara Membuat Master Produk pada Beecloud 3.0
Dipublish Tgl: Monday, 23 January 2023
Hallo Pebisnis
Sudahkah mengetahui cara membuat Master Produk / Barang pada program Beecloud?
Master Produk adalah dokumen yang menyimpan data-data produk barang pada perusahaan. Master produk dipastikan sudah diinputkan dahulu sebelum memulai input transaksi seperti transaksi pembelian, penjualan atau transaksi pembayaran hutang/ piutang pada program Beecloud.
Untuk menambah produk di Beecloud, melalui menu [Master] > [Produk] > |Tambah Baru| > |Produk|
Gambar 1. Mater Produk.
Pada Master Produk terdapat 5 Tab utama, berikut penjelasannya :
A. Spesifikasi
Gambar 2. Tab Spesifikasi.
Gambar 3. Tab Spesifikasi.
Kode
Secara default sistem akan mengisinya dengan isian "AUTO" ini berarti Kode Item yang nantinya akan anda gunakan secara otomatis akan di Generate oleh sistem. Silahkan ganti isian "AUTO" jika ingin membuatk Kode Item sendiri. Tips : Jika Anda Membuat Kode Item sendiri lebih baik menggunakan singkatan / inisial dari Nama Barang tersebut, karena akan mempermudah anda dikemudian hari.
Nama Produk
Diisi dengan Diskripsi atau Nama Produk. Tips : Dalam membuat nama barang mohon Diperhatikan urutan penulisannya, karena akan memudahkan anda dalam pencarian produk tersebut. Urutan Penulisan : <Nama Produk / Jenis Produk> <Merk> <Model> <Warna> <Ukuran>
Contoh : Shampo LifeBoy Merah 25ml (Shampo LifeBoy Merah 25ml)
Kategori Produk
Diisi dengan kategori produk.
Tipe Produk
Diisi Tipe Produk / Item : Jasa, Barang Jadi, Paket dll. Silahkan ganti sendiri Tipe produk yang anda inginkan.
NB : Tipe Produk ini tidak dapat dirubah (locked) setelah master produk sudah anda simpan.
Merk
Diisi dengan Merk Produk. Untuk menambah / mengubah / menghapus Merk masuk ke [Master] > [Produk] > |Tambah Baru| > |Merk|
Atur Foto
Untuk menambahkan foto / gambar produk, caranya klik pada tombol |+ Upload| kemudian pilih file gambar produk yang akan diupload.
Satuan-1
Diisi Satuan Satu / Satuan Terkecil. Secara Default Sistem sudah mengisinya dengan isian "PCS", silahkan ganti jika menginginkan satuan lain. NB : Filed ini harus diisi
Barcode Satuan 1
Diisi kode barcode satuan dari produk.
Satuan Default Pembelian / Penjualan / Stok - Satuan Pembelian : Digunakan untuk seting default Satuan Pembelian. Jika anda seting satuan PCS pada field ini maka ketika melakukan transaksi Pembelian untuk produk tersebut secara otomatis satuannya akan terset PCS. - Satuan Penjualan : Digunakan untuk seting default Satuan Penjualan. Jika anda seting satuan BOX pada field ini maka ketika melakukan transaksi Penjualan untuk produk tersebut secara otomatis satuannya akan terset BOX. - Satuan Stok :
Keterangan
Diisi dengan keterangan yang terkait dengan Item tersebut.
Checkbox Aktif
Untuk mengubah status produk tersebut aktif atau tidak aktif.
B. Stok
Gambar 4. Tab Stok.
Gudang
Dropdown gudang tersebut untuk memilih lokasi gudang mana produk tersebut disimpan.
Tombol Tambah Baris
Berfungsi untuk menambahkan baris gudang.
Kolom Gudang
Menampilkan nama gudang untuk menyimpan stok produk tersebut.
Kolom Lokasi
Menambahkan posisi rak dimana produk tersebut ditempatkan.
Kolom Qty
Menampilkan jumlah qty produk dalam gudang.
Kolom PID
Menampilkan PID produk
Kolom HPP
Menampilkan nilai HPP produk
Kolom Min dan Max
Menentukan jumlah minimal dan maksimal stok produk pada tiap gudang.
C. Pajak
Gambar 5. Tab Pajak.
Nama Pajak
Diisi dengan Nama Pajak dari daftar yang sebelumnya sudah dibuat
Perhitungan
Diisi dengan cara Perhitungan Pajak. Di sistem sudah ditampilan 2 metode: Normal atau Progressive
D. Harga Jual
Gambar 6. Tab Harga Jual.
Mata Uang
Pilih Mata Uang yang ingin diset harga jualnya IDR atau USD ataukah yang lain.
Level Harga
Menunjukan Level Harga yang ingin diset. Ini akan bermanfaat ketika anda melakukan penjualan, pada saat anda memilih Customer dan memilih item tersebut maka secara Otomatis harga akan terisi berdasarkan Level Harga Customer tersebut. Untuk merubah / menambahkan / menghapus Level Harga akses ke menu |Master| --> |Level Harga|
Harga PCS
Diisi dengan harga per PCS atau harga per satuan-1.
Diskon PCS
Diisi dengan diskon per PCS atau per satuan-1.
Harga Unit 2
Diisi dengan harga per satuan-2.
Diskon Unit 2
Diisi dengan diskon per satuan-2.
Harga Unit 3
Diisi dengan harga per satuan-3.
Diskon Unit 3
Diisi dengan diskon per satuan-2.
E. Akuntansi
Gambar 7. Tab Akuntansi.
Beecloud adalah Software yang terintegerasi. Sistem Beecloud ini akan bekerja berdasarkan settingan. Salah satu master yang sangat penting untuk Integrasi antar data tersebut adalah Master Item pada Tab Akuntansi.
Pembelian
Ketika ada proses pembelian atau Penjualan secara otomatis sistem akan memposting akuntansi dimana salah satu Akun yang digunakan adalah Inventory.
Untuk tipe produk barang Jadi, akun pembelian diarahkan ke Akun Persediaan Barang Dagang. Sehingga ketika item tersebut dipilih dalam transaksi pembelian atau penjualan secara Otomatis akun Persediaan Barang Dagang akan bertambah dan berkurang senilai transaksi tersebut.
Untuk tipe produk Barang Setengah Jadi, akun pembelian diarahkan ke Akun Persediaan Barang Setengah Jadi.
Untuk tipe produk Jasa / atau yang tidak mempengaruhi persediaan seperti Biaya Maintenance, servis dll user dapat mengarahkan Tab Inventory ini ke akun Biaya sesuai dengan yang diperlukan. Sehingga ketika transaksi pembelian atau penjualan yang menggunakan item tersebut secara Otomatis akan memposting ke akun yang telah diset sesuai settingan.
HPP
Ketika ada proses penjualan produk yang sifatnya mengurangi persediaan secara otomatis sistem akan memposting akuntansi dimana salah satu akun yang digunakan adalah akun HPP dan ini termasuk akun biaya.
Untuk tipe produk Barang Jadi, Anda bisa arahkan ke Akun Harga Pokok Penjualan
Untuk tipe produk Jasa setingan ini tidak digunakan, sehingga oleh sistem di disable.
Penjualan
Setingan ini diarahkan ke Akun yang bertipe Pendapatan karena nantinya akan menambah Omset Penjualan anda.
Untuk tipe produk Barang Jadi anda bisa arahkan ke Akun Penjualan.
Untuk tipe produk Jasa anda bisa arahkan Ke Akun Penjualan Jasa.
Kenapa dua Akun tersebut perlu dibedakan ?
Karena akan mempermudah anda dalam pengecekan laporan. jika postingnya terpisah maka anda bisa mengetahui nilai pendapatan penjualan dari masing-masing tipe produk (tidak tertotal).
Retur Penjualan
Ketika ada Proses Retur Penjualan secara otomatis sistem akan memposting Akuntansi, dimana salah satu Akun yang digunakan adalah Akun yang sifatnya mengurangi pendapatan. Pada Sistem BeeCloud ini anda harus memilih Akun yang setara Pendapatan, Karena ketika transaksi yang anda lakukan adalah Retur maka secara otomatis Akun tersebut akan mengurangi pendapatan anda meskipun sesungguhnya Akun tersebut termasuk Akun Pendapatan.
Atau bisa lihat versi video untuk lebih jelasnya
Software Akuntansi Online
Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.