Halo Pebisnis,
Sudahkah mengetahui cara input pembelian aset tetap (fix asset ) pada Beecloud ?
Pembelian harta tetap merupakan kegiatan pencatatan harta tetap dengan cara perolehan dari transaksi pembelian.
Berikut ini langkah-langkah cara melakukan pembelian aset tetap Beecloud 3.0:
Akses menu |Akuntansi | > |Aset | > Pilih tab |Pembelian Aset | > Klik |Tambah Baru |.
Gambar 1. Klik Tambah Baru
Atur |Supplier , Tanggal Transaksi dan Termin | > Lalu pilih "Tambah aset baru terlebih dahulu disini"
Gambar 2. Atur Supplier dan Termin Pembelian Harta Tetap
Lalu isi detail Aset meliputi :
Nama Aset : Nama aset tetap yang dibeli.
Kelompok Aset : Pilih kelompok aset yang telah dibuat sebelumnya untuk menentukan kelompok aset tersebut.
Tipe Aset : Pilih tipe aset "Berwujud " dan "Tidak Berwujud ".
Tanggal Pakai : Tanggal pemakaian aset tersebut digunakan operasional.
Umur Ekonomis : Umur ekonomis aset tersebut selama digunakan operasional.
Lokasi : Lokasi aset tersebut (*Optional ).
Cabang : Cabang yang menggunakan aset tersebut (*Optional ).
Keterangan : Keterangan tambahan untuk aset tersebut.
Gambar 3. Isikan Detail Aset Tetap
Gambar 4. Klik Simpan Detail Aset Tetap
Maka detail akan terisi secara otomatis > Masukkan "Harga Beli " aset tersebut > Masukkan juga "Nilai Residu " aset tersebut.
Nilai Residu adalah nilai sisa suatu barang yang sudah habis/berkurang umur ekonomisnya.
Gambar 5. Inputkan Harga Beli dan Nilai Residu Aset
Jika sudah selesai maka klik |Simpan |.
Gambar 6. Klik Simpan