🚀 Promo SYAWAL: Diskon 12% + Plugin Gratis, Cuma 15–24 April, Buruan!
Logo Bee Web
Panduan Beecloud 3.0

Cara Input Kasbon Karyawan di Beecloud 3.0

Penulis: Imron Rosyadi
Cari Panduan Lainnya

Terbit: Wednesday, 12 July 2023
Diperbarui: Wednesday, 12 July 2023

Halo Pebisnis,

Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input kasbon karyawan (hutang ke perusahaan) di aplikasi akuntansi Beecloud 3.0. Terdapat dua metode untuk cara inputkan kasbon di Beecloud :

  • Nilai dibuat global, namun tidak termasuk piutang. Menggunakan fitur transfer kas.
  • Pencatatan Per Karyawan, memakai Mitra Bisnis dan Akun. Menggunakan fitur Pembayaran Biaya dan Penerimaan Pembayaran.

Berikut cara untuk inputkan kasbon karyawan pada Beecloud :

Metode Pertama :

  1. Buat akun baru pada menu [Master] > [Akun] kemudian klik |Tambah Baru|. Ketika tambah baru pastikan akun termasuk ke dalam klasifikasi kas dan melanjutkan dari urutan terakhir kode akun dari klasifikasi kas tersebut.

    Kasbon 1

    Gambar 1. Tambah Baru Akun.

  2. Isi kode akun, nama akun, dan klasifikasi akun pada klasifikasi kas kemudian klik |Simpan|.

    Kasbon 2

    Gambar 2. Isi Data Akun.

  3. Selanjutnya buat master kas/bank baru pada menu [Master] > [Kas/Bank] kemudian klik |Tambah Baru|.

    Kasbon 3

    Gambar 3. Tambah Baru Master Kas/Bank.

  4. Isikan nama kas, tipe kas, mata uang dan akun yang sesuai kemudian klik |simpan|.

    Kasbon 4

    Gambar 4. Tambah Master Kas.

  5. Lakukan transaksi transfer kas pada menu [Kas/Bank] > [Transfer Kas] kemudian |Tambah Baru|.

    Kasbon 5

    Gambar 5. Tambah Baru Transfer Kas.

  6. Pilih kas asal dan kas tujuan lalu inputkan nominal kas kemudian klik |Simpan|.
    Kasbon 6

    Gambar 6. Isi Detail Transfer Kas.

    Kasbon 7

    Gambar 7. Simpan Transfer Kas.

  7. Jurnal yang terbentuk dari transaksi transfer stok sebagai berikut.

    Kasbon 8

    Gambar 8. Jurnal Umum Transfer Kas.

Metode Kedua :

  1. Buat akun baru pada menu [Master] > [Akun] kemudian klik |Tambah Baru|.

    Kasbon 1

    Gambar 9. Tambah Baru Akun.

  2. Buat akun baru dengan klasifikasi "Piutang Lainnya", isi kode akun, nama akun dan pilih klasifikasinya lalu klik |Simpan|. Contoh nama akun adalah Kasbon Andi seperti pada contoh berikut.

    Kasbon 9

    Gambar 10. Isi Detail Akun.

  3. Buat master mitra bisnis baru sesuai dengan data karyawan yang melakukan kasbon pada menu [Master] > [Mitra Bisnis] kemudian klik |Tambah Baru| pilih sebagai supplier.

    Kasbon 10

    Gambar 11. Tambah Baru Master Mitra Bisnis.

  4. Inputkan nama karyawan yang melakukan kasbon dan setting tipe mitra bisnis sebagai supplier dan customer. Contoh nama karyawan Andi.

    Kasbon 11

    Gambar 12. Isi Detail Mitra Bisnis.

  5. Masuk ke tab Hutang/Piutang, klik tombol |Edit| kemudian ubah akun piutang usaha ke akun "Kasbon Andi" (atau pada akun dengan klasifikasi piutang lainnya yang sudah dibuat sebelumnya) kemudian klik |Simpan| pada setting akun hutang/piutang nya lalu klik |Simpan| mitra bisnis.
    Kasbon 12

    Gambar 13. Masuk ke Tab Hutang/Piutang.

    Kasbon 13

    Gambar 14. Edit Akun Piutang.

    Kasbon 14

    Gambar 15. Simpan Mitra Bisnis.

Setelah pembuatan akun dan mitra bisnis selesai, maka kita bisa inputkan kasbon karyawan. Untuk caranya bisa mengikuti langkah-langkah berikut :

  1. Masuk ke menu [Kas/Bank] > [Biaya] kemudian klik tombol |Tambah Baru|.

    Kasbon 15

    Gambar 16. Tambah Baru Biaya.

  2. Cari supplier atau nama karyawan yang ingin melakukan kasbon pada kolom supplier kemudian cari akun kasbon dari karyawan tersebut pada kolom pilih akun.

    Kasbon 16

    Gambar 17. Pilih Supplier dan Cari Akun Kasbon.

  3. Ketikkan nama akun kasbon karyawan kemudian isikan nominal kasbon pada kolom jumlah bayar, pilih cara pembayaran kasbon tersebut kemudian klik |Simpan|.

    Kasbon 17

    Gambar 18. Pilih Akun Kasbon, Inputkan Nominal dan Pilih Cara Pembayaran.

  4. Ketika sudah disimpan saldo kas/bank akan otomatis berkurang dan nominal kasbon akan otomatis bertambah pada akun kasbon karyawan dan tercatat pada laporan neraca pada klasifikasi piutang lainnya.

    Kasbon 18

    Gambar 19. Laporan Neraca Akun Kasbon Karyawan.

Pembayaran Kasbon Karyawan

  1. Apabila karyawan melakukan pembayaran kasbon, silahkan inputkan pada menu [Kas/Bank] > [Penerimaan] kemudian |Tambah Baru|.

    Kasbon 19

    Gambar 20. Tambah Penerimaan Pembayaran.

  2. Pilih nama customer / nama karyawan yang ingin membayar kasbon kemudian klik |+ Akun|.

    Kasbon 20

    Gambar 21. Pilih Customer dan Pilih Akun.

  3. Cari akun kasbon karyawan kemudian centang akun tersebut dan klik |Proses|.

    Kasbon 21

    Gambar 22. Cari Akun Kasbon.

  4. Masukkan nominal kasbon yang akan dibayarkan kemudian pilih cara pembayaran dan klik |Simpan|.

    Kasbon 22

    Gambar 23. Input Nominal, Pilih Cara Pembayaran dan Simpan.

  5. Ketika sudah disimpan saldo kas/bank akan otomatis bertambah dan nominal kasbon akan otomatis berkurang atau hilang pada akun kasbon karyawan yang tercatat pada laporan neraca pada klasifikasi piutang lainnya.

    Kasbon 23

    Gambar 24. Laporan Neraca Akun Kasbon.

Software Akuntansi Online

Beecloud merupakan software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang

Panduan Terkait

Cara Impor Bill of Material di Beecloud 3.0
Halo Pebisnis,Apakah Anda sering menginput banyak Bill of Material ke Beecloud 3.0 satu per satu? Jika ya, kini Anda bisa
Baca Juga
Cara Edit Lokasi Outlet Customer di Beecloud 3.0
Halo Pebisnis,Pada panduan ini, kami akan membahas cara edit lokasi outlet customer di Beecloud 3.0. Lokasi outlet biasanya otomatis terisi
Baca Juga
Cara Menambahkan Tag pada Invoice Penjualan di Beecloud 3.0
Halo Pebisnis,Pada panduan ini Anda akan mempelajari cara menambahkan tag pada invoice penjualan di Beecloud 3.0. Setelah membuat master tag,
Baca Juga
Cara Menambahkan Tag Produk di Beecloud 3.0
Halo Pebisnis,Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan cara menambahkan tag produk di Beecloud 3.0. Fitur tag digunakan untuk memberi label
Baca Juga
Cara Menonaktifkan Wajib Isi Track No di Beecloud 3.0
Halo Pebisnis,Pada artikel ini, kita akan membahas cara menonaktifkan wajib isi Track No di Beecloud 3.0. Secara default, sistem mengatur
Baca Juga
Cara Melihat Laporan Shift Kasir Melalui Beecloud 3.0
Halo Pebisnis,Beecloud 3.0 menyediakan fitur laporan shift kasir untuk membantu Anda memantau aktivitas kasir harian. Laporan ini mencakup informasi saldo
Baca Juga
Customer Service Software Akuntansi & Kasir Bee
Jam Operasional: senin - jumat jam 09.00 - 16.00 wib

Siap Mengubah Cara Anda Mengelola Bisnis

Sejak 2010, Bee telah berdedikasi untuk membantu Pengusaha di seluruh Indonesia dalam mengatasi tantangan laporan akuntansi dan keuangan. Kami siap mendukung kesuksesan bisnis Anda. Jangan ragu untuk menghubungi kami.
Logo Bee Web
Bee.id adalah brand dari PT BITS Miliartha, perusahaan penyedia software akuntansi terbaik dan aplikasi pembukuan usaha untuk membantu pemilik bisnis dan akuntan mengelola keuangan secara lebih cepat, mudah, dan akurat. Sebagai solusi akuntansi UMKM yang telah digunakan ribuan pengguna di seluruh Indonesia, Bee siap bantu bisnis Anda berkembang lebih efisien. Coba sekarang! Gratis Trial atau jadwalkan Demo Gratis bersama Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2025 Bee.id
magnifiercrossmenu