Hallo Pebisnis
Pada panduan kali ini akan dijelaskan langkah-langkah awal yang perlu dilakukan agar dapat menggunakan Beecloud.
Perlu diperhatikan bahwa, penduan ini hanya menjelaskan secara global atau dengan kata lain secara garis besarnya saja. Karena setiap perusahaan pasti mempunyai kebutuhan persiapan awal masing-masing dan kemungkinan berbeda..
Sebagai contoh, Perusahaan A tidak memiliki cabang, jadi tidak perlu input cabang, namun berbeda dengan Perusahaan B yang mempunyai banyak cabang.
Tentu data yang diperlukan berbeda-beda.
Untuk perusahaan yang menjual barang jadi atau barang yang mempunyai stock, yang harus dilakukan adalah input stock itemnya. Karena tanpa adanya jumlah stock, maka tidak akan bisa input penjualan pada Beecloud.
Namun, untuk perusahaan pada bidang jasa, maka tidak perlu untuk input stock, cukup dengan input item maka sudah bisa input penjualan pada Beecloud.
Jadi pada panduan ini, akan dijelaskan data-data master yang harus diinput sehingga bisa input penjualan pada Beecloud. Berikut langkah-langkah pengaturan awalnya:
- Input Data Master Akun (Chart Of Account)
Langkah pertama ini sebetulnya tidak perlu dilakukan, karena Beecloud sudah menyediakan Akun / Chart Of Account yang siap digunakan pada pelaporan. Namun jika mempunyai Chart Of Account sendiri, dan tidak ingin menggunakan Chart Of Account yang sudah disediakan oleh Beecloud, maka hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mengganti Chart Of Account yang sudah disediakan oleh Beecloud, dengan Chart Of Account sendiri.
Silahkan cek panduan dibawah ini untuk penjelasan lebih lanjut.
Cara Reset Akun/Chart Of Account Pada Beecloud
- Input Data Master Item
Item ini berfungsi sebagai barang/jasa yang akan dibeli maupun dijual.
Untuk penjelasan lebih lanjut, bisa cek pada panduan dibawah ini:
Cara Membuat Item Barang atau Jasa Pada Beecloud
Kemudian berikut panduan-panduan yang berkaitan dengan Master Item
Master Item Group, berfungsi untuk mengelompokkan Master Item berdasarkan Group yang sudah diinput.
Cara Membuat Master Item Group
Master Merk, berfungsi mengelompokkan Master Item Berdasarkan Merk yang sudah diinput.
Cara Membuat Master Merk
- Input Data Master Mitra Bisnis
Langkah ini harus dilakukan jika memang setiap Supplier maupun Customer perlu dicatat datanya.
Untuk penjelasan lebih lanjut,bisa cek pada panduan dibawah ini:
Cara Membuat Master Mitra Bisnis
- Input Data Set Saldo Awal
Langkah ini harus dilakukan jika Bisnis Anda sudah berjalan ketika menggunakan Beecloud.
Karena tentunya jika bisnis Anda sudah berjalan, maka stock barang sudah ada di gudang, sudah ada catatan saldo kas perusahaan, dst. Maka perlu diinput pada Set Saldo Awal yang ada di menu |Sistem|. Berikut panduan lengkapnya