Hallo Pebisnis,
Sudahkah mengetahui cara perbaikan gagal edit tanggal transaksi di Beecloud?
Pada beberapa bagian, dalam proses input transaksi di program Beecloud diperbolehkan dan tidak diperbolehkan untuk melakukan edit tanggal transaksi. Hal tersebut biasanya bertujuan untuk keamanan data transaksi yang diinputkan.
Gagal edit tanggal transaksi biasanya karena tidak memiliki hak akses atau belum diaktifkan hak aksesnya. Secara default (pengaturan utama) tanggal transaksi sudah diijinkan untuk bisa melakukan edit.
Berikut langkah-langkah cara perbaikan gagal edit transaksi di Beecloud :
Untuk contoh transaksi pada panduan ini pada transaksi "Penerimaan Pembayaran".
1. Gagal Edit Tanggal Transaksi
Gagal edit tanggal transaksi seperti gambar menunjukkan kondisi kolom tanggal berwarna abu-abu, tanggal tidak bisa dipilih dan disebelah kiri disertai icon |kunci|.
2. Penyesuaian Hak Akses Manajemen Pengguna
- Penyesuaian hak akses melalui menu [Sistem] > [Manajemen Pengguna]
- Tab |Privilege| > Edit group hak akses yang dilakukan penyesuaian
- Sesuai contoh penyesuain pada sub modul "Penerimaan Pembayaran". Dipilih modul |Kas/Bank| > Sub modul |Penerimaan Pembayaran| > pada kelompok |Group Privilege|, dipastikan tercentang / ceklis untuk hak akses "TRXDATE_EDIT" > |Simpan|.
*Jika hak akses "TRXDATE_EDIT" tidak tersedia, bisa klik |Copy| terlebih dahulu
(Baca Juga : Setting Manajemen Pengguna(user manager) & Hak Akses Menu Login)
3. Berhasil Edit Tanggal Transaksi
- Dilakukan relogin terlebih dahulu setelah penyesuaian hak akses, agar hak akses mengikuti perubahan yang dilakukan
- Pada gambar menunjukkan berhasil melakukan edit tanggal transaksi ditunjukkan dengan hilangnya icon |kunci| , kolom tanggal berwarna putih , dan tanggal bisa dipilih.
Perhatian :
Mungkin dalam berjalannya waktu terdapat gambar atau alur yang tidak sesuai dengan Beecloud/Beepos/Beeaccounting yang anda gunakan, hal ini disebabkan karena adanya update pada program, Laporkan pada kami jika anda menemukan adanya ketidak sesuaian.