🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web
Panduan Beecloud
Dipublish: Thursday, 2 April 2020

Cara Input Kasbon Karyawan di Beecloud

Penulis: Rizky Kurniawan
Cari Panduan Lainnya

Dipublish Tgl: Thursday, 2 April 2020

Halo Pebisnis,

Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input kasbon karyawan (hutang ke perusahaan) di aplikasi akuntansi Beecloud.

Terdapat dua metode untuk cara inputkan kasbon di Beecloud :

  • Nilai diglobal, namun tidak termasuk piutang. Menggunakan fitur transfer kas.
  • Pencatatan Per Karyawan, memakai Mitra Bisnis dan akun. Menggunakan fitur Pembayaran Biaya dan Penerimaan Pembayaran.

Berikut cara untuk inputkan kasbon karyawan pada Beecloud :

Metode yang pertama :

  1. Buat akun terlebih dahulu di menu [Master] > [Akun] kemudian klik |Tambah Baru|.

    Gb 1. Buat Akun Baru

    Gb 1. Buat Akun Baru.

  2. Isi Kode akun, nama akun, dan klasifikasi sesuai petunjuk di gambar kemudian klik |Simpan|.

    Kasbon 1

    Gb 2. Isi Kode Akun, nama akun dan Klasifikasi akun.

  3. Langkah berikutnya buat kas/bank di menu [Master] > [Kas/Bank] kemudian klik |Tambah Baru|.

    Gb 4. Master Kas/bank

    Gb 4. Master Kas/bank.

  4. Isikan Keterangan, Tipe Kas, Mata Uang, dan pilih Akun sesuai yang ada di gambar berikut kemudian klik |Simpan|.

    Kasbon 2

    Gb 5. Tambah Kas/Bank.

  5. Langkah Ketiga. Silahkan bertransaksi dengan cara masuk [Kas/Bank] > [Transfer Kas] kemudian klik |Tambah Baru|.

    Kasbon 3

    Gb 6. Transfer Kas.

  6. Pilih kas asal dan juga kas utama kemudian isikan nominal jumlah tranfer kas nya lalu klik |Simpan|.

    Kasbon 4

    Gb 7. Transaksi Transfer Kas.

  7. Jurnal yang terbentuk dari transaksi transfer stok.

    Gb 8. Jurnal Yang terbentuk

    Gb 8. Jurnal Yang terbentuk.

Metode yang kedua, Cara Input Kasbon Karyawan :

Metode Kedua ini akan terjurnal pada Laporan Neraca, pada klasifikasi Piutang Lainnya. Metode kedua ini tidak menampilkan jumlah Piutang Karyawan pada menu [Kas/Bank] > [Lihat Piutang], hanya dapat dilihat pada Laporan Neraca.

Buat Akun dan Data Karyawan yang melakukan Kasbon.

  1. Langkah pertama, buat akun terlebih dahulu di menu [Master] > [Akun] > |Tambah Baru|.
  2. Buat Akun dengan Klasifikasi Piutang Lainnya, isi kode akun, nama akun dan pilih klasifikasinya. Setelah itu klik |Simpan|. Contoh nama akun Kasbon Ahmad seperti pada gambar berikut.

    Gb 9. Buat Akun.

  3. Setelah buat Akun, silahkan buat data Karyawan yang melakukan Kasbon pada Menu [Master] > [Mitra Bisnis] > |Tambah Baru|.
  4. Inputkan data Nama Karyawan dan Checklist tipe mitra bisnisnya sebagai Supplier dan Customer (Contoh Karyawan bernama Ahmad).

    Gb 10. Buat Data Karyawan.

  5. Klik Tab Hutang/Piutang. Klik Edit Kolom Pembelian & Penjualan untuk ubah Akun Piutang.

    Gb 11. Klik Tab Hutang/Piutang.

  6. Ubah Akun Piutang Usaha menjadi Akun Kasbon Ahmad (atau Akun Piutang Lainnya yang sudah dibuat). Setelah itu Klik |Update| dan klik |Simpan| mitra bisnis.

    Gb 12. Ubah Akun Piutang.

Setelah Pembuatan Akun dan Mitra Bisnis selesai, maka kita sudah bisa input Kasbon Karyawan.

  1. Buka Menu [Kas/Bank] > [Pembayaran Biaya] > |Tambah Baru|.
  2. Cari Supplier/Karyawan yang melakukan Kasbon Karyawan. Setelah itu cari akun Kasbon pada kolom cari kode akun.

    Gb 13. Cari Akun Kasbon.

  3. Cari dan Pilih Akun Kasbon Ahmad/Karyawan dengan cara Klik pada bagian Aksi atau Kode akun Kasbon

    Gb 14. Cari dan Pilih Akun.

  4. Input Nilai Piutang atau Kasbon Karyawan,setelah itu klik |Add|.

    Gb 15. Input Nilai Piutang/Kasbon.

  5. Sesuaikan cara pembayaran kasbon dari perusahaan ke karyawan, setelah itu klik |Simpan|.

    Gb 16. Cara Pembayaran Kasbon dan Simpan. 

  6. Simpan,Kas/Bank otomatis berkurang dan otomatis Nilai Rp.1000.000(1Jt) akan tampil dan tercatat pada Laporan Neraca di Akun Kasbon Ahmad, Klasifikasi Piutang Lainnya.

    Gb 17. Laporan Neraca.

Pembayaran Kasbon Karyawan

  1. Apabila Karyawan melakukan Pembayaran Kasbon/Piutangnya,silahkan buka menu [Kas/Bank] > [Penerimaan Pembayaran] > |Tambah Baru|.
  2. Pilih Customer/Karyawan, setelah itu Klik |Pilih Akun|.

    Gb 18. Pilih Customer dan Akun.

  3. Cari Akun Kasbon Ahmad/Karyawan, dan input Nominal Pembayaran Kasbon yang dilakukan oleh Ahmad, setelah itu |Add|.

    Gb 19. Jumlah Bayar dan Add.

  4. Otomatis tampil 1 baris jumlah bayar.Setelah itu Klik Tab Cara Pembayaran, untuk menginputkan cara Pembayaran Ahmad.

    Gb 20. Cara Bayar.

  5. Klik tombol |Cara Bayar|.

    Gb 21. Klik Cara Bayar.

  6. Pilih cara Bayar.sesuaikan dengan Pembayaran Kasbon, menggunakan Tunai atau Transfer Bank.Setelah itu Klik |Add|.

    Gb 22. Pilih Cara Bayar.

  7. Simpan Penerimaan Pembayaran. Otomatis Kas/Bank bertambah dan otomatis nilai pada Neraca, Akun Kasbon Ahmad, Klasifikasi Piutang Lainnya akan hilang atau berkurang.

    Gb 23. Laporan Neraca.

Software Akuntansi Online

Beecloud, software akuntansi online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Didesain khusus untuk kontrol bisnis banyak cabang

Panduan Terkait

Cara Mencari Pembelian Draft Beecloud
Halo Pebisnis, Apakah anda pernah kesulitan mencari transaksi pembelian yang berstatus draft? Jika sebelumnya anda pernah membuat transaksi pembelian, namun
Baca Juga
Cara Mencari Penjualan Draft Beecloud
Halo Pebisnis, Apakah anda pernah kesulitan mencari transaksi penjualan yang berstatus draft? Jika sebelumnya anda pernah membuat transaksi penjualan, namun
Baca Juga
Perbedaan Stock Opname dan Penyesuaian Stock Beecloud
Hallo Pebisnis, Masih bingung apasih perbedaan Stock Opname dan Penyesuaian Stock ? Perbedaan antara Stock Opname dan Penyesuaian Stock terletak pada tujuan,
Baca Juga
Cara Edit Invoice Ukuran A4 Menjadi A5 Melalui Notepad - Beecloud
Hallo Pebisnis, Sudahkah mengetahui cara edit invoice ukuran A4 menjadi A5 program Beecloud melalui Notepad? Panduan ini merupakan lanjutan pembahasan
Baca Juga
Perbedaan Web dan Android Dashboard pada Privilage Beecloud
Halo Pebisnis Apakah anda sudah tau Perbedaan Web dan Android Dashboard pada Privilage Beecloud ? perlu diketahui kedua hal tersebut
Baca Juga
Setting Footer Nota Beecloud Sales Order Mobile
Hallo Pebisnis Pada panduan ini akan dijelaskan cara setting Footer pada nota aplikasi Beecloud Sales Order Mobile (SOM), Footer berfungsi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu