Hallo Pebisnis...
Pada panduan kali ini kami akan membahas mengenai Pembayaran Hutang Per Cabang Beeaccounting. Apabila Anda menerapkan cabang pada setiap transaksi yang Anda buat termasuk transaksi pembelian (secara hutang). Lalu pada saat Anda akan membayar tagihan hutang tersebut, nomor invoicenya tidak muncul. Nomor invoice tersebut bukan tidak muncul tetapi Anda harus inputkan cabang terlebih dahulu.
Berikut ini langkah-langkah pembayaran hutang per cabang ke supplier Beeaccounting :
- Masuk menu [Kas/Bank] > [Pembayaran] > [Pembayaran]

Gb 1. Masuk Menu Pembayaran
- Lalu klik [New] untuk membuat pembayaran baru

Gb 2. Klik New
- Setelah itu pilih [Supplier] terlebih dahulu > atur tanggal transaksi dengan kebutuhan Anda > pilih [Cabang]

Gb 3. Pilih Supplier dan Atur Cabang
- Setelah itu input hutangnya terlebih dahulu, klik [Pilih Hutang]

Gb 4. Klik Pilih Hutang
- Maka akan ada dialog daftar pembelian dan muncul semua invoice pembelian ke supplier tersebut. Pilih invoice yang ingin dibayarkan dengan centang pada kotak > Lalu klik [Ok]

Gb 5. Input Invoice Pembelian yang Dibayar

Gb 6. Hutang Terinput
- Langkah selanjutnya masuk ke tab [Cara Pembayaran] > Pilih [Cara Bayar]

Gb 7. Pilih Cara Bayar
- Maka akan muncul dialog detail pembayaran, isikan pada [Cara Bayar] disesuaikan dengan kebutuhan Anda > lalu input [Kas/Bank] untuk pembayaran memakai kas/bank apa > Klik [Ok]

Gb 8. Input Pembayaran
- Secara otomatis terinput dan klik [Save] untuk menyimpan data dan melanjutkan prosesnya

Gb 9. Klik Save

Gb 10. Berhasil Tersimpan
Baca juga: Cara Membuat & Menerapkan Cabang pada BeeAccounting