Hallo Pebisnis
Pada panduan kali ini akan ditunjukkan tentang cara input Order Peenjualan Dengan DP / Uang Muka.
Misalkan ada Customer yang pesan barang, namun sudah dibayar penuh, atau dibayar sebagian saja. Untuk barangnya di ambil nanti atau akan dikirim nanti, karena customer hanya pesan barang.
Berikut ini langkah-langkahnya:
A. Input Order Penjualan dengan DP
Buka menu [Penjualan] - [Order Penjualan] - [Order Penjualan] - |New|
Kemudian isikan nama Customer beserta item-item yang di order.
Sebelum Save, pastikan sudah input Uang Muka di bagian bawah. Klik Tab |Uang Muka| - |Buat DP| kemudian isikan nominal uang muka dan pilih metode pembayarannya beserta kas/bank yang dipakai. Setelah itu klik OK
B. Input Penjualan
Ketika barang dan tagihannya sudah diberikan ke customer, maka bisa input di menu [Penjualan] - [Penjualan] - [Penjualan] - |New|, Pilih Mitra Bisnis setelah itu klik |Import Data| - |Impor Order Penjualan(S.O)|
Silahkan edit daftar - daftar item yang diberikan ke Customer, jumlah yang dikirim ada berapa. Jika sudah sesuai semua, maka hal yang harus dilakukan adalah setting terminnya menjadi Credit. |Save| untuk menyimpan Penjualan
Pastikan di setting Credit agar menjadi Piutang sementara. Jika dipilih Cash anda akan menerima Dua kali pembayaran customer.
C. Input Penerimaan Pembayaran
Langkah ini adalah untuk melunasi penjualan yang sudah di input pada langkah B. Dan agar total penjualannya bisa di potong kan dengan nominal Uang Muka yang sudah diinput ketika order langkah A.