Untuk kasus adanya penerimaan uang mungkin dari customer dengan cara transfer, tetapi tidak diketahui atas nama siapa (atas nama pada rekening bank bukanlah nama customer Anda) dan untuk apa transfer uang tersebut. Di sini akan kami jelaskan tips dan trik-nya supaya bisa dilakukan pencatatan di program Beeaccounting.
1. Pertama, anda buatkan Mitra Bisnis baru
Masuk Menu |Master| -> |Mitra Bisnis| -> |Mitra Bisnis| -> NEW -> As Customer
Input Data Customer seperti gambar berikut :
2. Selanjutnya buat akun baru khusus untuk penerimaan pembayaran Uang Muka Customer untuk kasus ini.
Masuk Menu |Akuntansi| -> |Daftar Akun|
Klik NEW. Lalu input seperti gambar berikut:
Kemudian Save
3. Setelah membuat mitra bisnis dan akun baru, selanjutnya yang anda lakukan adalah buat pencatatannya di program.
Masuk Menu |Kas/Bank| -> |Penerimaan Pembayaran| -> |Penerimaan Pembayaran| -> NEW
Pilih Customer yang sudah tadi kita buat, yaitu "No Name"
Klik Pilih Akun atau tekan [F3] di keyboard. (Point. 1)
Pilih Akun yang tadi sudah kita buat, yaitu akun "Temp Deposit Customer" (Point 2).
Kemudian input Jumlah Bayar sesuai dengan jumlah uang yang telah anda terima.
Oke selanjutnya klik Tab Cara Pembayaran, kemudian klik Cara Bayar atau tekan [F1] dikeyboard. (Point. 1)
Kemudian akan muncul Dialog Detail Pembayaran nya, input cara pembayarannya. (Point. 2)
Sampai di sini, berarti anda sudah berhasil melakukan pencatatan di program.
Selang beberapa hari/minggu/bulan kemudian, ternyata anda baru mengetahui bahwa uang tersebut atas kepemilikan customer A dan untuk pembayaran kredit nota A.
4. Langkah selanjutnya, anda lakukan pembayaran untuk nota customer A.
Masuk Menu |Kas/Bank| -> |Penerimaan Pembayaran| -> |Penerimaan Pembayaran| -> NEW
Pilih Customer yang melakukan pembayaran. (Point. 1)
Kemudian Pilih Piutang atau tekan [F1] pada keyboard. (Point. 2)
Pilih Piutang Customernya.
Lalu tekan arah panah bawah pada keyboard anda. (Point. 1)
Selanjutnya tekan simbol panah bawah pada keyboard, kemudian klik Pilih Akun atau tekan [F3] dan anda pilih akun Temp Deposit Customer. (Point. 2)
Input Jumlah Bayar yang akan dibayar di baris Akuntansi.
NB : Karena di sini kita mengambil uang dari Akun Temp Deposit Customer maka Jumlah Bayar diinputkan minus ( - ).
5. Terakhir bisa anda cek di Daftar Penjualan, bahwa nota kredit yang anda lakukan pembayaran sudah terlunasi.