Halo Pebisnis,
Sudahkah mengetahui cara input pinjaman uang kepada customer Beeaccounting?
Berikut akan dijelaskan langkah-langkah cara input pinjaman uang customer di software akuntansi Bee Accounting
A. Membuat / Menyesuaikan Master Mitra Bisnis
1. Langkah pertama adalah pastikan anda telah membuat Mitra Bisnis atas nama customer yang akan melakukan pinjaman uang.
Caranya masuk ke menu [Master] > [Mitra Bisnis] > [Mitra Bisnis]
2. Isikan data Mitra Bisnis, lalu tambahkan 2 Tipe Mitra Bisnis, yaitu : Supplier & Customer. Klik Save
B. Membuat Akun Baru Penampung
1. Langkah selanjutnya adalah membuat akun penampung untuk nominal pinjaman uang itu sendiri.
Masuk ke menu [Akuntansi] > [Daftar Akun]
2. Melihat daftar akun klasifikasi yang diinginkan
Diarahkan |Klasifikasi Akun| > Refresh|
3. Setelah itu klik New untuk membuat akun baru.
Isikan data akun baru sebagai berikut :
- No. Akun : Nomor urut akun terakhir dari daftar akun dengan klasifikasi Piutang Lainnya
- Nama : Pinjaman Uang Kepada Customer
- Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya
C. Input Pencatatan Pinjaman uang itu sendiri.
1. Pembayaran
Masuk ke menu [Kas/Bank] - Pembayaran - Pembayaran
2. Memilih Akun
Filter dengan cara memilih Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya, lalu klik Refresh.
Lanjutkan dengan memilih akun Pinjaman Uang Kepada Customer, lalu klik OK
3. Isikan kolom Jumlah Bayar sesuai dengan nominal pinjaman uang customer, lalu klik tab Cara Pembayaran
4. Pada tab Cara Pembayaran, klik Cara Bayar lalu isikan detail pembayaran sebagai berikut :
- Cara Bayar : Cara pemberian pinjaman uang itu sendiri
- Kas/Bank : Lokasi kas/bank yang digunakan untuk memberikan pinjaman uang
- Jumlah : Nominal pinjaman uang (Misal Rp 1.500.000,-)
- Keterangan : (Berikan keterangan bila perlu)
Setelah itu klik Save
D. Pembayaran / Cicilan Pinjaman
1. Masuk ke menu [Kas/Bank] > [Penerimaan Pembayaran] > [Penerimaan Pembayaran]
2. Pilih customer yang ingin melakukan pembayaran, lalu klik Pilih Akun
3. Filter dengan cara memilih Klasifikasi Akun : Piutang Lainnya > lalu klik Refresh.
Lanjutkan dengan memilih akun Pinjaman Uang Kepada Customer > lalu klik OK
4. Isikan kolom Jumlah Bayar sesuai dengan nominal pembayaran/cicilan customer atas pinjaman uang itu sendiri > lalu klik tab [Cara Pembayaran]
5. Pada tab Cara Pembayaran > klik Cara Bayar lalu isikan detail penerimaan pembayaran/cicilan sebagai berikut :
- Cara Bayar : Cara penerimaan pembayaran/cicilan dari customer
- Kas/Bank : Lokasi kas/bank yang digunakan untuk menampung uang dari pembayaran/cicilan customer
- Jumlah : Nominal uang yang diterima (Misal Rp 250.000,-)
- Keterangan : (Berikan keterangan bila perlu)
Setelah itu klik Save
6. Berikut adalah saldo yang tersisa dari akun Pinjaman Uang Kepada Customer.
Saldo yang tercatat sebesar Rp 1.250.000,- hasil dari Pinjaman yang diberikan sebesar Rp 1.500.000,- dikurangi penerimaan pembayaran/cicilan dari customer sebesar Rp 250.000,-