Hallo Pebisnis...
Pada panduan kali ini akan dijelaskan cara input kirim barang yang sebelumnya sudah dipesan oleh customer.
Misalkan tanggal 26 Okktober customer A pesan barang, kemudian pada tanggal 28 Oktober barangnya dikirim ke customer tersebut beserta tagihannya.
Berikut Step by Step nya Input Penjualan setelah Order Penjualan :
Masuk menu Penjualan – Order Penjualan, kemudian klik Tambah Baru. Input order penjualan sesuai kebutuhan. Contoh seperti pada foto berikut:
Jika sudah diinput sesuai kebutuhan, maka klik Simpan.
Baca Juga:
Ketika barang dikirim, silahkan input Penjualan. Masuk menu [Penjualan] – [Penjualan] - |New|
Pastikan Customer dan Cabang sesuai dengan inputan order Penjualan pada langkah pertama. Jadi jika yang order adalah Customer A dan Cabang Z, maka silahkan pilih Customer A dan Cabang Z terlebih dahulu. Jika sudah, klik Import Data.
Kemudian filter atau cari nomor order penjualan yang barang nya sudah Anda kirim. Klik Nomor Order Penjualan,Setelah itu OK untuk memilih nomor order pembelian tersebut.
Maka item yang ada di order penjualan, otomatis muncul.
Pada tahap ini, silahkan edit qty item, harga item atau hapus item yang memang belum dikirim.
– contohnya, customer pesan 5 PCS namun yang dikirim masih 3 PCS, maka silahkan edit qty nya.
– atau, jika customer order 2 barang, yang dikirim hanya 1 barang, maka hapus barang yang belum dikirim dengan cara tekan ctrl+delete pada keyboard
Dalam contoh kali ini, customer order nya 5 PCS, yang dikirim hanya 3 PCS. Maka silahkan edit qty seperti pada gambar berikut:
Jika sudah sesuai, maka klik Simpan.
CATATAN
Jika setelah input order penjualan, kemudian hanya kirim barang saja (tidak ada invoicenya), maka alur inputnya:
Order Penjualan – Pengiriman – Penjualan