Hallo Pebisnis
Sudahkah mengetahui cara input modal atau modal tambahan dari owner/pemilik pada program Beeaccounting?
Sebelum memulai atau dalam proses operasional bisnis usaha diperlukan adanya modal. Dalam hal ini modal yang dimaksud adalah nominal kas atau bank.
Pada panduan kali ini akan membahas tentang penambahan modal saat operasional berjalan oleh owner.
Berikut adalah 2 pilihan Cara Input Modal Tambahan dari Owner di program Beeaccounting yang bisa dipilih sesuai kebutuhan yang diinginkan.
A. Input Melalui Saldo Awal Kas/Bank
1. Masuk ke menu [Master] > [Set Saldo Awal] > [Saldo Kas] > |New|
* Dipastikan sudah dibuatkan master Kas/Bank yang digunakan untuk menampung nilai modal yang akan ditambahkan tersebut.
(Baca Juga :Membuat Master Kas/Bank Baru Beeaccounting)
2. Pilih Kas/Bank Penampung uang Modal > diisikan jumlah tambahan modal > simpan
3. Masuk ke menu Kas/Bank – Lihat Kas untuk melihat kas yang sudah bertambah dari uang modal tambahan
B. Input Melalui Penerimaan Pembayaran dengan Akun Modal di Setor
1. Masuk ke menu [Kas/Bank] > [Penerimaan Pembayaran] > |Penerimaan Pembayaran|
* Jika diperlukan bisa ditambahkan dahulu akun penampung yang diinginkan
(Baca Juga : Membuat Master Akun Baru Beeaccounting)
2. Pilih Akun yang akan menampung Modal Tambahan
3. Cari Akun Modal di Setor > Klik OK
4. Masukan Jumlah Tambahan Modal dari Owner > Tambah Jumlah Bayar
5. Klik pada Tab Cara Pembayaran > Cara Bayar, untuk memasukan Modal Tambahan tersebut masuk pada Kas/Bank
6. Cara Bayar : Cara Bayar dari Tambahan Modal Tunai,Transfer,atau lain lain
Kas/Bank : Pilih Tambahan Modal tersebut masuk Kas/Bank mana
OK untuk akhiri Cara Bayar Pilih Cara Bayar yang akan dilakukan
7. Detail Cara Bayar > Save
8. Masuk ke menu Kas/Bank – Lihat Kas untuk melihat kas yang sudah bertambah dari uang modal tambahan