Berikut Ini Adalah Kumpulan Cara Mengatasi Problem / Masalah Error 1053 pada Saat Start PosgreSql di Bee Accounting
A. Error PostmasterPID
- Setelah anda mencoba start service gagal seperti gambar di atas, buka folder instalasi PostgreSQL anda, di C: > Program Files > PosgreSQL > 8.4 / 9.2 > data lalu rename file "postmaster.pid"
* 8.4 untuk windows 7 dan 9.2 untuk windows 8 / 8.1Untuk cara start posgresql bisa di lihat di halaman berikut, https://www.bee.id/kba/error-connection-refused-koneksi-gagal
- Rename file seperti berikut
- Lalu coba buka Services kembali, lalu klik kanan pada services dan pilih "Start"Jika status sudah berubah menjadi "Started" maka service sudah jalan kembali
- Lalu coba buka kembali program Bee Accounting anda
- Lalu coba login
- Bee Accounting sudah bisa digunakan kembali
B. Error "could not create log file "pg_log/postgresql-2016-02-01_194709.log"
Berikut adalah panduan cara mengatasi "Error 1053" pada services PostgreSql jika error "could not create log file "pg_log/postgresql-2016-02-01_194709.log" pada "Informasi Event Viewer"
1. Masuk ke dalam Event Viewer
- Klik Start > Ketik "Event" pada pencarian
- Klik Event Viewer pada pilihan yang ditampilkan
2. Cari Informasi Error PostsgreSql
- Klik Application
- Klik 2x(Untuk Windows XP)/ Klik 1x(Untuk Windows 7<) untuk melihat detail Informasi Error PostgreSql
3. Membuat Folder Baru "pg_log" di dalam "C:\Program Files\PostgreSQL\9.2\data\"
- Masuk ke dalam Folder "data" --> "C:\Program Files\PostgreSQL\9.2\data\"
- Buat "New Folder" dengan nama "pg_log"
4. Jalankan kembali Service PostgreSql
- Klik Kanan pada Service > Pilih Start
5. Jika sudah dalam Status "Started" silahkan dicoba Program BeeAccounting kembali
Jika cara di atas masih tidak bisa, maka silahkan ikuti langkah-langkah pada panduan berikut:
Error 1053 : Missing File