Logo Bee Web

7 Tips Work Life Balance ala Pebisnis, Hidup Jadi Lebih Berkualitas

Gampang stress dan selalu mikir kerjaan? Itu tanda hidup Anda kurang seimbang? Ini cara work life balance agar hidup lebih bahagia!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 9 June 2024

Menjalankan hidup seimbang, work life balance menjadi mimpi siapa saja termasuk pebisnis seperti Anda. Menjalankan bisnis memang sebuah petualangan yang mengasyikkan.

Namun di sisi lain, tuntutan dan tanggung jawabnya pun tak kalah besar. Tak jarang, kesibukan ini dapat menggerus waktu pribadi dan menciptakan hidup yang tidak seimbang.

Lantas, bagaimana cara agar pebisnis bisa hidup seimbang, bisnisnya jalan bosnya juga bisa jalan-jalan? Simak beberapa tipsnya di bawah ini!

Apa itu Work Life Balance?

contoh work life balance

Work life balance bantu kerja lebih fokus dan bahagia (Credit: Freepik.com)

Work-life balance adalah keadaan ideal dimana seseorang bisa mengatur dan membagi waktu dan energi untuk kehidupan pekerjaan dan pribadi dengan baik.

Secara sederhana, kehidupan seimbang ini tentang mencapai keseimbangan antara demands (tuntutan) dari pekerjaan dan kehidupan di luar pekerjaan, yang bisa meliputi keluarga, kesehatan, hobi, dan lain-lain.

Contohnya, pebisnis bisa jalan-jalan dengan tenang, mudik tanpa banyak pikiran bahkan menjalankan hobinya tanpa perlu mengganggu pekerjaannya.

Kenapa Work Life Balance Diperlukan?

Alasan kenapa work life balance diperlukan adalah sebagai berikut:

  • Dengan memiliki waktu untuk beristirahat dan fokus pada hal lain di luar pekerjaan, Anda bisa lebih produktif.
  • Menjaga kesehatan mental, melepas sejenak beban pekerjaan dengan aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan.
  • Menyisihkan waktu untuk keluarga dan teman-teman dapat memperkuat hubungan Anda dengan orang-orang tersayang.
  • Pernah dengar istilah di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat? Istilah ini menggambarkan dengan work life balance yang dapat menjaga kesehatan mental, maka juga dapat meningkatkan kesehatan fisik.
  • Membantu Anda untuk merasa lebih bahagia dan puas dengan hidup Anda.

Tips Work Life Balance ala Pebisnis

Untuk mencapai hidup yang seimbang, pebisnis bisa melakukan beberapa tips di bawah ini:

Work Life Balance

Hindari stress kerja dengan work life balance (Credit: Freepik.com)

1. Tetapkan Batas yang Jelas

Tips pertama work life balance ala pebisnis adalah menetapkan batas yang jelas antara pekerjaan dan pribadi. Baik dari seg waktu maupun tempatnya.

Kantor untuk bekerja, rumah untuk istirahat. Kerjakan pekerjaan di tempat kerja. Hindari untuk bekerja di luar jam kerja, apalagi membaca pekerjaan ke rumah.

Hal akan membuat Anda sudah untuk lepas dari bayang-bayang pekerjaan. Bukannya jadi tambah kaya tapi jadi stress bahkan gangguan jiwa.

2. Kurangi Sikap Perfectionis

Selanjutnya, kurangi sifat perfeksionis. Pahami jika tidak ada hal yang sempurna di dunia ini, dan semua berpotensi untuk melakukan kesalahan.

Memiliki sifat perfectionis tidak sepenuhnya salah, untuk beberapa kasus hal ini diperlukan, untuk mendorong Anda bekerja dengan kinerja terbaik.

Namun, jika berlebihan sikap ini bisa menjadi boomerang untuk diri Anda sendiri. Sehingga, Anda harus sedikit menguranginya dan menerima jika kesalahan atau kekurangan adalah hal yang wajar.

3. Manfaatkan Teknologi

Tips work life balance jadi pebisnis selanjutnya adalah dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi diciptakan untuk membantu kebutuhan manusia termasuk dalam urusan bisnis.

Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan keuangan Beecloud untuk mengelola usaha Anda, dari manajemen keuangan, stok, utang/piutang hingga laporan keuangan.

Bisa dipantau lewat hp, jika Anda sedang liburan tidak perlu bawa laptop untuk pantau bisnis. Impian hidup work life balance bisa Anda ciptakan dengan menggunakan Beecloud. Bisnisnya jalan bosnya jalan-jalan.

Klik banner di bawah ini dan dapatkan uji coba gratis sekarang juga!

4. Belajar Berkata "Tidak"

Berikutnya belajar berkata tidak, tidak semua penolakan memiliki konotasi buruk. Termasuk mengatakan "tidak" pada permintaan tambahan atau tugas yang tidak penting.

Belajarlah untuk memprioritaskan waktu dan energi Anda, fokuslah pada hal-hal yang benar-benar penting dan benar-benar menjadi prioritas tugas Anda.

5. Buat Jadwal Kegiatan

Selanjutnya, buatlah jadwal harian atau mingguan yang mencantumkan waktu untuk bekerja, istirahat, berolahraga, menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman, dan melakukan hobi.

Prioritaskan tugas-tugas penting dan delegasikan tugas yang bisa dikerjakan oleh orang lain. Dengan jadwal yang rapi, memudahkan Anda dalam memisahkan mana waktunya bekerja dan mana waktu untuk pribadi,

6. Luangkan Waktu untuk Istirahat

Hal yang tidak kalah penting adalah meluangkan waktu untuk istirahat. Istirahat sejenak tidak akan membuat bisnis Anda rugi. Istirahatlah secara teratur untuk menghindari kelelahan dan stres.

Luangkan waktu untuk makan siang yang sehat, berjalan-jalan, atau melakukan aktivitas yang Anda sukai.

7. Jaga Kesehatan Fisik dan Mental

Terakhir dan yang paling penting adalah menjaga kesehatan fisik dan mental. Makan makanan yang sehat, berolahraga secara teratur, dan tidur yang cukup. Luangkan waktu untuk menjalankan hobi atau liburan agar tidak mudah stress.

Tanda Hidup Anda Belum Seimbang (Work Life Balance)

Indikator Work Life Balance

Selalu memikirkan pekerjaan bahkan saat bersama keluarga adalah indikator bawah hidup Anda kurang seimbang (Crdit: Freepik.com)

Kapan sih, kita perlu menyeimbangkan hidup? Apa tandanya jika hidup kita tidak seimbang? Berikut diantaranya!

  • Ketika merasa lelah dan sakit secara terus-menerus, ini bisa menjadi tanda bahwa kita bekerja terlalu keras dan tidak cukup istirahat.
  • Merasa sulit fokus dan konsentrasi, hal ini biasanya disebabkan karena kurang tidur dan kelelahan.
  • Stres yang berlebihan, jadi mudah marah, cemas, dan depresi.
  • Selalu memikirkan pekerjaan, bahkan di saat bersama keluarga dan teman.
  • Merasa tidak pernah cukup baik dapat membuat rasa ingin terus bekerja keras dan tidak pernah merasa puas dengan apa yang sudah dicapai.
  • Dan masih banyak lagi.

Jika Anda mengalami beberapa tanda di atas, mulailah untuk mengambil langkah-langkah dalam mencapai work-life balance yang lebih baik.

Penutup

Work-life balance adalah sebuah proses yang berkelanjutan. Anda mungkin perlu mencoba beberapa tips yang berbeda dan menemukan apa yang paling cocok untuk Anda. Yang terpenting adalah konsisten dan terus berusaha untuk mencapai keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi Anda. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

7 Cara Efektif Meningkatkan Customer Experience
Untuk bisa mempertahankan customer, seorang pebisnis perlu memperhatikan bagaimana customer experience, baik dalam segi kualitas produk, pelayanan dan sejenisnya. Sebab,
Baca Juga
Kuliner Surabaya: 20+ Makanan & Minuman Khas yang Legend
Surabaya, kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta, memiliki segudang daya tarik bagi para wisatawan, tak terkecuali dalam hal Kuliner
Baca Juga
5+ Cara Sukses Strategi SEM (Search Engine Marketing)
SEM adalah singkatan dari search engine marketing, strategi pemasaran yang menggunakan iklan berbayar yang digunakan untuk meningkatkan visibilitas merek di
Baca Juga
Analisis Pasar: Tujuan, Metode, Faktor, Caranya dan Contoh
Analisis pasar menjadi kunci utama bagi pelaku bisnis yang ingin bertahan dan berkembang. Pasar yang berubah dengan cepat memerlukan pengamatan
Baca Juga
11 Contoh Komplain Pelanggan dan Cara Mengatasinya
Pelanggan memiliki peran sentral dalam menentukan kesuksesan suatu perusahaan. Meskipun upaya maksimal untuk memberikan produk dan layanan terbaik, tak terelakkan
Baca Juga
Contoh Rekap Orderan Olshop, Rekap Ribuan Order Cuma 7 Menit
Contoh rekap orderan olshop agar tahu bagaimana perputaran keuangan bisnisnya. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui cara merekap orderan online
Baca Juga

Artikel Populer

Thursday, 7 March 2024
9 Jenis Sales Promotion yang Bisa Bikin Penjualan Melejit!
Baca Juga
Friday, 9 February 2024
21 Macam Frozen Food Paling Laris dan Tips Suksesnya
Baca Juga
Friday, 18 March 2022
Toko Sembako Adalah: Pengertian dan Tips Bisnis Sembako
Baca Juga
Wednesday, 15 March 2023
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Baca Juga
Sunday, 30 June 2024
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Baca Juga
Tuesday, 6 June 2023
Manajemen Koperasi: Pengertian, Aspek, dan Prinsip Dasar
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu