Membahas USP adalah hal yang sangat penting karena berguna bagi upaya marketing. Penjualan memang memerlukan strategi khusus agar bisa bertahan dari persaingan. Selain itu, goal utamanya agar produk/jasa Anda bisa diterima secara baik.
Tentunya hal ini perlu upaya yang tepat sehingga apa yang Anda jual tidaklah sia-sia. Lebih lanjut tentang poin penting penjualan sampai manfaatnya, berikut ulasan lebih lengkap.
Untuk memahami tentang apa itu Unique Selling Point, ketahui dahulu bahwa dalam sebuah bisnis pasti ada kompetitor. Jumlahnya bervariasi, tergantung ranah bisnis apa yang Anda jalankan.
USP adalah sesuatu yang membuat bisnis Anda lebih unggul dibandingkan kompetitor karena memiliki keunikan tertentu. Entah itu dari segi tagline, pemasaran, kualitas produk, fitur, dan sebagainya. Manfaatnya tentu sangat penting agar apa yang Anda tawarkan lebih menonjol.
Kembali lagi ke kompetitor yang banyak dalam bisnis, tentu harus ada poin penting yang membuat Anda lebih unggul. Tanpa poin unik ini, sulit rasanya untuk menang bersaing di tengah banyaknya produsen produk/layanan serupa.
Baca Juga: Kompetitor Adalah Pesaing, Pahami Arti dan Cara Analisisnya
Peran pentingnya sebagai dasar alasan kuat mengapa konsumen rela membeli produk/layanan Anda. Hal inilah yang harus dipikirkan baik-baik para pemilik usaha agar tidak tumbang oleh persaingan.
Definisi unique selling point juga banyak diajarkan oleh para ahli ekonomi. Agar lebih memahami tentang poin unik penjualan ini, kenali juga berbagai macam definisi dari ahlinya.
Menurut Madjadikara, “Unique Selling Proposition merupakan hal yang selalu mengutamakan performance dan keistimewaan produk” . Bisa diartikan bahwa strategi ini merupakan teknik kreatif yang optimal.
Sedangkan menurut Terence (2009;442), USP adalah “strategi yang didasarkan pada promosi perbedaan fisik dan fungsional produk pengiklan dan tawaran pesaing”.
Menurut ahli satu ini, USP merupakan “keunikan-keunikan produk yang ditawarkan ke konsumen, agar memiliki nilai lebih dari produk lain”
USP adalah sebuah hal yang membuat brand memiliki keunikan dibanding kompetitornya. Untuk upaya menemukan keunikan ini, pahami juga apa saja karakteristiknya seperti:
Tujuan adanya poin unik penjualan ini salah satunya agar tidak tumbang oleh persaingan. Oleh karena itu, karakteristik produk/layanan yang mudah diingat harus Anda terapkan. Salah satu upayanya adalah menggunakan informasi sederhana, sehingga mudah dicerna dari segi brand value.
USP adalah tentang bagaimana first impression produk/jasa yang dilihat konsumen. Oleh karena itu, perlu memikirkan bagaimana tampilan awal produk/layanan agar lebih menarik. Jika sejak pertama sudah menarik, tentu konsumen akan kepo untuk mengenal produk lebih lanjut.
Karakteristik point unik penjualan berikutnya adalah menonjolkan kelebihan produk. Hal ini harus dilakukan agar konsumen tahu isi, fitur, dan bagaimana produk/layanan Anda ditawarkan.
Poin penting dalam penjualan harus memuat kinerja produk/layanan sebagai solusi atas apa yang dibutuhkan konsumen. Tentunya hal ini akan menciptakan produk yang kelebihannya ditonjolkan.
Layaknya iklan, dalam unique selling point juga harus ada ajakan yang jelas. Ajakan agar konsumen melakukan suatu tindakan terkait brand yang ditawarkan wajib ada dalam USP ini. Anda bisa membubuhkan tautan untuk mempermudah contact person jika ingin memesan.
Selain itu, ada juga hal lain terkait CTA seperti mengedukasi terlebih dahulu. Setelah edukasi produk/layanan, baru ajakan pembelian/penggunaan Anda bubuhkan.
Harus ada tujuan jelas yang digambarkan jika hendak menyusun poin unik penjualan. Tujuan yang jelas ini bisa dilihat dari kemungkinan konsumen tahu seperti apa brand atau perusahaan Anda.
Selain itu, konsumen juga ditargetkan paham bagaimana produk/layanan berfungsi. Hal ini yang nantinya berujung goal pada upaya pemasaran agar lebih berhasil.
Menentukan dan menyusun sebuah poin unik penjualan ternyata harus tepat. Tujuannya agar upaya tersebut berhasil, sehingga produk bisa bersaing di tengah ganasnya kompetitor.
Sebelum lanjut ke langkah berikutnya, pastikan dasar dari pembuatan poin penjualan unik sudah dipahami. USP adalah upaya untuk membuat produk/jasa lebih menarik karena menjawab apa yang diinginkan pelanggan.
Oleh karena itu, coba tempatkan dahulu Anda sebagai produsen di posisi pelanggan. Pahami apa yang sekiranya sedang dibutuhkan atau diinginkan. Jawab hal tersebut dengan meluncurkan layanan/produk yang tepat.
Lihat bagaimana pesaing bekerja dalam membuat sebuah layanan/produk. Pelajari bagaimana kompetitor melakukan kesalahan, perbaiki di produk/layanan Anda nantinya. Selain itu, upgrade setiap kelebihan pesaing agar apa yang Anda tawarkan lebih unik.
Hal berikutnya dalam membuat USP adalah dengan memahami apa saja motivasi berbelanja konsumen. Hal ini bertujuan agar Anda mudah dalam menyusun strategi dalam membuat produk yang tepat.
Contohnya ketika Anda hendak membuka sebuah katering di tengah target pasar pekerja kantoran. Tentu yang harus dipikirkan adalah bagaimana agar produk/layanan ini bisa diterima. Caranya dengan melakukan manuver di bidang pelayanan.
Misalnya membuat promosi katering makan siang dengan menu sehat/organik. Bisa juga menjual lauk dan sayur siap masak yang tentu sangat membantu para pekerja kantoran.
Baca Juga: Customer Adalah Pelanggan, Begini Tips Cara Mendapatkannya
Menyusun strategi bagaimana produk/layanan lebih unik tentu ada banyak manfaatnya. Beberapa manfaat berikut ini wajib dipahami agar mengerti pentingnya strategi ini agar tidak diabaikan.
Bagaimana sebuah poin unik penjualan bisa sangat berguna? Salah satunya karena dapat bekerja sebagai pembeda dengan kompetitor. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa kompetisi di sebuah usaha pastinya akan sangat ketat.
Oleh karena itu, Anda perlu memikirkan sebuah pembeda agar produk/layanan lebih diminati. Hadirnya USP ini merupakan solusi atas kebutuhan untuk lebih unggul dalam persaingan.
Keunikan poin sebuah penjualan yang berhasil berbanding lurus dengan optimasi proses marketing. Hadirnya unique selling point ini akan membuat konsumen lebih mudah mengingat produk. Potensi pembelian pasti akan lebih besar jika dibanding strategi biasa.
Jika Anda jelas dalam membuat sebuah produk memiliki poin unik, tentu penjualan lebih mudah. Pekerjaan sales lebih mudah karena dari segi produknya saja sudah sangat persuasif. Tidak perlu lagi repot memikirkan kata-kata baru demi bisa meraih atensi calon konsumen.
Kemudahan dalam penjualan ini tentu berdampak positif bagi meningkatnya kinerja sales. Bukan tidak mungkin penjualan akan lebih cepat dan mudah melakukan closing.
Menyusun keunikan sebuah produk agar lebih menarik ternyata bisa mendatangkan banyak loyalis baru. Konsumen yang setia pasti akan diperoleh jika sudah memperoleh pengalaman menarik menggunakan layanan/produk Anda.
Hal ini disebabkan karena pengalaman positif seseorang akan mempengaruhi sentimen emosional. Tentu berlaku juga bagi sebuah produk/layanan yang pada akhirnya akan meningkatkan pamor brand tersebut.
Anda bisa menggunakan software kasir online Beepos, mempercepat layanan, membuat program promo, member dan loyalitas lainntya yang semakin membanu Anda dalam membangun pengalaman positif dengan konsumen.
Terintegrasi dengan software akuntansi semakin memudahkan Anda dalam mengelola bisnis, laporan akuntansi, pemantauan stok barang, manajemen aset semuanya bisa dilakukan sekaligus dalam sekali berlangganan Beepos.