Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

Rekomendasi Usaha Apa yang Bagus untuk Pemula

Pengen buka usaha? Bingung cari usaha apa yang bagus untuk pemula dan cocok untuk bisnis jangka panjang? Baca rekomendasinya di sini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 3 September 2024

Memulai usaha adalah langkah besar yang penuh dengan tantangan, namun juga memberikan potensi untuk mencapai kebebasan finansial dan kemandirian. Bagi pemula, memilih jenis usaha apa yang bagus dan cocok menjadi tantangan tersendiri, karena harus mempertimbangkan banyak hal.

Mulai dari jumlah modal, passion, dan masih banyak lagi lainnya.

Rekomendasi Usaha Apa yang Bagus Untuk Pemula dan Jangka Panjang

Buka usaha apa yang bagus

Ilustrasi bisnis toko kelontong yang dibuka di depan rumah (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa rekomendasi buka usaha apa yang bagus untuk pemula dan jangka panjang:

1. Usaha Toko Kelontong

Rekomendasi pertama usaha yang bagus untuk jangka panjang dan pemula adalah usaha toko kelontong. Toko kelontong, juga dikenal sebagai minimarket atau convenience store, merupakan bisnis yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari seperti bahan makanan, minuman, peralatan rumah tangga, dan produk lain yang sering dibutuhkan masyarakat.

Toko ini umumnya berlokasi di jalan yang ramai, stasiun pengisian bahan bakar, atau stasiun kereta api, dan sering ditemukan di tengah pemukiman padat perkotaan.

Menurut Wikipedia, toko kelontong atau minimarket adalah suatu toko kecil yang umumnya mudah dijangkau oleh khalayak atau masyarakat lokal dan sering beroperasi di lokasi strategis seperti jalan utama atau dekat stasiun transportasi.

Dengan modal yang relatif terjangkau dan manajemen yang mudah dipelajari, usaha ini menjadi pilihan yang ideal bagi pemula.

2. Usaha Kuliner

Berikutnya ada usaha kuliner, ada banyak rekomendasi usaha kuliner yang bisa dicoba untuk pemula, khususnya yang memang memiliki bakat dan minat di bidang ini. Seperti membuka warung makan, usaha bakso, nasi goreng, ayam geprek dan masih banyak lagi lainnya.

Selain itu, usaha ini juga menarik karena bisa dimulai dengan modal yang fleksibel sesuai dengan jenis kuliner apa yang akan jual dan bagaimana konsep tempat usahanya.

Baca Juga: 6 Tips Bisnis Kuliner Untuk Pemula, Dijamin Laris Manis

3. Jualan Es

Rekomendasi buka usaha apa yang bagus untuk pemula selanjutnya adalah jualan es. Jualan es juga termasuk jenis bisnis yang memiliki membutuhkan modal fleksibel sesuai dengan produk dan bagaimana konsep bisnis akan diterapkan.

Selain itu, Indonesia sendiri merupakan negara tropis yang cenderung panas, membuat masyarakatnya cenderung membutuhkan minuman dingin untuk menuntaskan dahaga mereka. Sehingga, jualan es menjadi bisnis yang cukup potensial dan cocok untuk pemula.

4. Bisnis Online Shop

Jika Anda merasa kurang tertarik dengan bisnis offline, Anda bisa mencoba untuk membuka bisnis online. Dengan bisnis online, Anda bisa menjual berbagai jenis barang dan jasa sesuai dengan minat dan passion Anda.

Bisnis online juga tidak memerlukan toko fisik, cukup dengan modal untuk membeli stok barang dan platform online. Tidak hanya itu saja, bisnis ini juga termasuk bisnis yang fleksibel, yang juga cocok untuk Anda yang sedang mencari ide bisnis sampingan.

5. Bisnis Franchise

Rekomendasi bisnis selanjutnya yang bisa dicoba untuk pemula adalah usaha franchise. Dengan bisnis franchise, Anda tidak perlu memulai usaha dari 0.

Sebab bisnis ini mendapatkan dukungan penuh dari franchisor, termasuk pelatihan, pemasaran, dan manajemen operasional, yang sangat membantu pemula dalam mengelola bisnis mereka.

6. Usaha Laundry

Selain mencoba bisnis yang menjual barang, Anda juga bisa mencoba untuk membuka usaha yang menawarkan jasa, salah satunya adalah usaha laundry.

Bisnis ini merupakan bisnis yang menyediakan jasa pencucian pakaian, yang sangat diminati, terutama di area perkotaan atau daerah dengan populasi padat seperti kampus dan kompleks perkantoran.

7. Buka Usaha Service

Rekomendasi terakhir ada membuka usaha service, bisnis ini cocok untuk Anda yang memang passion dan ahli dalam bidang perservisan. Seperti reparasi elektronik, servis komputer, atau perawatan kendaraan.

Keuntungan utama dari bisnis ini adalah permintaan yang berkelanjutan, karena banyak orang yang memerlukan jasa perbaikan untuk barang-barang mereka daripada membeli yang baru.

Baca Juga: Cara Optimalkan Usaha Service ala Bee.id

Cara Memilih Jenis Usaha yang Cocok Untuk Pemula

Usaha Apa Yang Cocok Untuk Jangka Panjang (1)

Memilih usaha sesuai dengan apa yang disuka dan passion akan memudahkan proses bisnis dalam jangka panjang (Credit: Freepik.com)

Sebelum benar-benar memutuskan untuk membuka usaha, sebaiknya Anda perlu memahami jenis usaha apa yang cocok untuk Anda.

Dalam hal ini ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan.

1. Pilih Jenis Usaha yang Paling Disukai

Hal pertama yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk membuka usaha adalah memahami bidang usaha apa yang Anda sukai. Dengan memilih usaha yang disukai dapat memberikan motivasi lebih untuk menjalankan dan mengembangkan bisnis tersebut.

]Usaha yang didasari oleh minat juga memungkinkan pemilik bisnis untuk lebih berkomitmen, karena mereka menikmati proses kerja sehari-hari dan merasa lebih puas dengan pencapaian mereka.

2. Sesuaikan dengan Passion/ Skill

Selanjutnya, selain berdasarkan apa yang disukai, Anda juga perlu mempertimbangkan passion dan sklik yang Anda miliki. Karena suka saja tidak cukup untuk mendukung bisnis sukses di masa depan.

Ketika bisnis selaras dengan keahlian atau passion, pemilik usaha akan lebih mudah untuk memahami dan menangani berbagai aspek bisnis tersebut. Selain itu, dengan passion yang dumukuju juga menjadi keunggulan kompetitif, karena memungkinkan untuk memberikan produk atau layanan berkualitas tinggi.

3. Pertimbangkan Peluang Bisnisnya

Berikutnya, sebelum memutuskan jenis usaha, Anda juga perlu mempertimbangkan peluang bisnis yang ada di pasar. Lakukan analisis pasar, kebutuhan konsumen, dan tren industri dapat membantu mengidentifikasi peluang bisnis yang menguntungkan.

Dengan memilih usaha dengan potensi pasar yang besar dan persaingan yang wajar dapat meningkatkan kemungkinan keberhasilan. Memahami kebutuhan dan masalah yang dihadapi oleh target pelanggan juga memungkinkan pemilik usaha untuk menawarkan solusi yang relevan dan menarik.

4. Sesuaikan dengan Modal yang Dimiliki

Kemudian, pertimbangkan juga jenis usaha yang Anda pilih dengan modal yang Anda miliki, hal ini dilakukan untuk menghindari masalah keuangan di awal usaha.

Bisnis yang dimulai dengan modal yang memadai cenderung memiliki pondasi yang lebih kuat dan dapat bertahan di awal operasional. Selain itu, pemula harus mempertimbangkan biaya operasional, peralatan, dan cadangan dana darurat untuk memastikan kelangsungan bisnis.

5. Perhatikan Tuntutan Zaman

Setelah mempertimbangkan semua hal di atas, hal yang tidak kalah penting yang juga perlu Anda pertimbangkan adalah mempertimbangkan tuntutan zaman dan tren pasar saat ini agar bisnis Anda bisa berkembang lebih mudah nantinya.

Misalnya, memanfaatkan teknologi atau beroperasi secara online cenderung lebih fleksibel dan memiliki jangkauan yang lebih luas. Kemudian, menggunakan aplikasi pembukuan untuk proses pembukuan bisnis dan masih banyak lagi.

Bisnis yang responsif terhadap perubahan zaman dapat menyesuaikan strategi dan produk mereka untuk memenuhi kebutuhan pasar yang dinamis.

Tips Bisnis Kekinian dengan Beecloud

Pakai Beecloud Mudah Kontrol Hutang Dan Piutang Untuk Mengelola Kondisi Arus Kas Usaha

Seperti yang telah dijelaskan, bisnis yang ingin mengikuti perkembangan zaman perlu melakukan penyesuaian. Aplikasi pembukuan keuangan Beecloud hadir untuk mempermudah proses berbagai jenis bisnis dan membantu perusahaan memenuhi kebutuhan pasar yang selalu berubah.

Dengan Beecloud Anda bisa mencatat transaksi, memantau arus kas, manajemen stok dan masih banyak lagi, termasuk meminimalisir kesalahan manusia dan mempercepat proses akuntansi.

Sehingga pemilik bisnis dapat fokus pada pengembangan usaha dan pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan data keuangan yang akurat. Klik banner di atas dan dapatkan gratis uji coba sekarang juga!

Artikel Terkait

21+ Ide Jualan Makanan 1000an Paling Laris Untung Besar
Mau buka bisnis makanan tapi bingung modal pas pasan? Berikut ide jualan makanan 1000an dan beberapa franchise makanan murah. Ide
Baca Juga
13 Ide Usaha Sampingan Karyawan Menguntungkan 2024
Meningkatkan kebutuhan hidup hanya mengandalkan gaji pokok sebagai karyawan kadang kala tidak cukup, sehingga timbul ide untuk membuka usaha sampingan
Baca Juga
7 Ide Jualan Modal Kecil Paling Menguntungkan
Sekarang banyak bisnis modal kecil untung besar yang menjanjikan dan cocok dilakukan oleh pemula atau pebisnis rumahan. Belakangan ini, Ide
Baca Juga
22 Ide Peluang Usaha Rumahan, Manfaat, dan Tantangannya
Banyak orang bermimpi untuk memiliki usaha sendiri, namun terkadang sulit untuk memulainya karena keterbatasan modal, waktu, atau tidak memiliki pengalaman
Baca Juga
Inspirasi 11 Ide Bisnis Makanan Sehat yang Lagi Tren
Industri makanan dan minuman memang tidak akan ada habisnya. Walaupun menu yang sama sudah dijual di berbagai tempat dan gerai
Baca Juga
13+ Ide Usaha Modal 1 Juta yang Menguntungkan di Tahun 2023
Anda mungkin sedang berpikir, "Bagaimana mungkin saya bisa memulai usaha modal 1 juta?" Tidak perlu meragukan diri sendiri, karena di
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu