Bagi setiap pelaku usaha star seller shopee pasti tidak asing dengan biaya admin star seller shopee. Biaya admin merupakan biaya yang dibebankan kepada pengguna untuk pemeliharaan suatu layanan atau pengelolaan. Dalam dunia usaha, biaya ini dapat berarti anggaran tertentu digunakan sebagai penunjang kebutuhan berjalannya usaha seperti biaya air, gaji, listrik, gas, perlengkapan alat tulis kantor dan lain-lain.
Pengertian ini berbeda halnya dengan biaya admin jika Anda pelaku usaha online melalui platform marketplace. Setiap platform marketplace memiliki ketentuan biaya admin bagi penggunanya, terutama bagi penjual. Salah satunya adalah Shopee. Shopee menerapkan biaya admin bagi penjualnya jika telah memenuhi persyaratan. Biaya admin ini digunakan untuk proses pemeliharan Shopee. Penjelasan lebih lengkap dapat Anda simak pada pembahasan berikut.
Secara umum platform marketplace shopee membagi kategori penjual di platformnya yaitu penjual non-star, penjual star (star seller), star plus, dan mall. Penggolongan biaya admin ini nantinya akan dibebankan kepada penjual. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika seorang pemula pelaku usaha online. Shopee memberikan dukungan berupa gratis biaya admin sebelum mencapai 100 pesanan pertama.
Hal ini dinilai cukup menguntungkan bagi penjual karena penjual dapat melakukan strategi agar usaha tetap berjalan tanpa memikirkan biaya admin. Dapat dikatakan pembebasan biaya admin bagi penjual kurang dari 100 pesanan merupakan dukungan dari shopee untuk pelaku usaha. Ketentuan ini dapat dimanfaatkan oleh penjual untuk mengambil keuntungan dan mengumpulkan kembali modal.
Biaya admin shopee akan dibebankan kepada penjual yang telah mencapai lebih dari 100 transaksi penjualan. Perhitungannya pun telah ditentukan sesuai dengan kategori.
Baca Juga: Pembukuan Online Shop, Penting? Ternyata Ini 3 Manfaatnya
Biaya admin Shopee di bedakan berdasarjan jenis tokonya, yakni:
Penjual Shopee Non Star adalah penjual pemula yang belum mencapai 100 transaksi penjualan. Shopee memberikan gratis biaya admin untuk penjual pemula. Penerapan biaya admin dibebankan kepada penjual ketika telah mencapai 100 transaksi atau dikenakan pada transaksi ke-101.
Berikut rumus perhitungan biaya admin penjual Shopee Non-Star
Biaya Admini Non-Star = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) × 2,5%/1,7%/1,25% (tergantung kategori produk A/B/C)
Program Star memberikan keuntungan kepada Penjual yang dipilih secara eksklusif oleh Shopee sebagai pengakuan atas penjualan dan layanan Pembeli yang sangat baik. Anda bisa mendapatkan tag Star yang akan ditampilkan di toko dan produk Anda jika menjadi Penjual Star.
Berikut rumus perhitungan biaya admin penjual Shopee Star Seller
Biaya Administrasi Star/Star+ = (Harga Asli produk - Diskon Produk dan/atau Voucher
Diskon Ditanggung Penjual) x 3,2%/2,5%/1,75% (tergantung kategori produk A/B/C)
Shopee Mall adalah ruang belanja khusus yang menampilkan merek internasional dan lokal terbaik.
Manfaat berbelanja dari Penjual Shopee Mall:
Berikut rumus perhitungan biaya admin penjual Shopee Star Seller
Biaya Administrasi Final Shopee Mall = (Harga Asli Produk – Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung oleh Penjual Shopee Mall) x % Biaya Administrasi Final*
*Persentase biaya administrasi final didasarkan pada sub-kategori produk, antara 1%, 3%, atau 5%
Program Gratis Ongkir XTRA adalah program yang memberikan kesempatan bagi penjual untuk menawarkan min. pembelian Gratis Ongkir yang LEBIH BAIK kepada pembelinya dibandingkan penjual gratis ongkir biasa.
Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 4%/3% (tergantung kategori produk A/B/C)
Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 3,6%/2,5% (tergantung kategori produk A/B/C)
Biaya Layanan = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1,4% (Diskon 30% dari Biaya Layanan normal sebesar 2%)***
***Biaya layanan program Cashback XTRA belum termasuk biaya administrasi Shopee Mall 1%/3%/5% (tergantung kategori produk), biaya pembayaran Shopee Mall 1,8% & biaya pembayaran Shopee Mall, dan biaya layanan program Gratis Ongkir XTRA.
Biaya Layanan adalah biaya yang diterapkan untuk memastikan kualitas layanan terbaik dari Shopee untuk Anda. Perlu diperhatikan, Biaya Layanan ini dapat berbeda-beda untuk setiap penjualnya.
Berikut adalah daftar lengkap perhitungan biaya yang berlaku untuk Penjual Non-Star, Star, dan Star+ per tanggal 15 Februari 2022:
Biaya Administrasi = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1,25% s/d 3,2% (tergantung tipe Penjual dan kategori produk A/B/C)
Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 2,5% s/d 4% (tergantung tipe Penjual dan kategori produk A/B/C)
Biaya Layanan Cashback XTRA = (Harga Asli Produk - Diskon Produk dan/atau Voucher Diskon Ditanggung Penjual) x 1,4% atau 1% (jika Penjual mengikuti program Gratis Ongkir XTRA dan Cashback XTRA)
ShopeePay adalah layanan dompet digital yang dirilis oleh Shopee. ShopeePay digunakan untuk transaksi di aplikasi dan merchant Shopee. Biaya transaksi menggunakan ShopeePay adalah 0 rupiah. TopUp saldo ShopeePay dikenakan biaya transaksi Rp 500 – Rp 1.000.
Shopee PayLater adalah layanan Pay Later atau kredit yang difasilitasi oleh Shopee. Biaya penanganan transaksi menggunakan Shopee PayLater dikenakan 1% dari nilai transaksi.
Pilihan bank untuk pembayaran di aplikasi Shopee terdiri dari 20 bank. Bank-bank tersebut meliputi BCA, BNI.
Terdapat 2 jenis metode transfer bank di Shopee. Secara otomatis melalui Virtual Account dan secara manual dengan mengirim bukti transfer.
Transaksi transfer bank secara otomatis dilakukan melalui Virtual Account pada m-banking. Setiap pembeli yang melakukan pembayaran dengan metode ini akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 1.000
Transaksi transfer bank secara manual dilakukan melalui ATM atau pun teller bank. Setiap pembeli yang melakukan pembayaran dengan ini dikenakan biaya admin sebesar Rp 3.000
Terdapat pengecualian gratis biaya admin, bagi yang menggunakan atau top up Shopeepay melalui SeaBank/Indomaret/Alfamart/BCA OneKlik.
Pembayaran tagihan Shopee di merchant alfamart dan alfamidi dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500
Pembayaran transaksi Shopee melalui kasir Indomaret dan Dandan dikenakan biaya admin Rp 3.000
COD (Bayar di Tempat) adalah metode pembayaran yang dilakukan secara langsung di tempat, setelah pesanan dari kurir diterima oleh Pembeli. Untuk metode pembayaran COD, tidak ada biaya yang dikenakan ke Penjual. Biaya penanganan yang berlaku untuk seluruh Pengguna Shopee dengan ketentuan berikut:
Pembayaran menggunakan kartu debit dan kredit tidak dikenakan biaya admin. Adapun metode pembayaran lain yang tidak dikenakan biaya admin melalui BCA OneKlik dan BRI Direct Debit.
Baca Juga: Cara Mudah Buat Pembukuan Keuangan Online Shop dengan Excel
Demi kelancaran melanjankan bisnis usaha online, setiap ketentuan biaya wajib Anda catat. Hal ini akan sangat membantu menentukan harga jual produk agar tidak mengalami kerugian dan meminimalisir resiko yang tidak diinginkan.
Online shop Anda punya ratusan hingga ribuan transaksi per hari? Ribet kalau harus rekap manual satu per satu ke pembukuan? Aplikasi pembukuan online shop Beecloud, rekap ribuan transaksi dari online shop ke pembukuan. Memudahkan rekap data transaksi ke pembukuan hingga jadi laporan keuangan
Apa saja fitur aplikasi pembukuan online shop Beecloud:
Itulah pembahasan mengenai berbagai ketentuan perhitungan pengenaan biaya yang ada pada shopee bagi penjual. Anda perlu memperhatikan dengan seksama setiap ketentuan biaya agar dapat menentukan harga jual produk secara tepat. Hal ini juga akan sangat membantu dalam proses pembukuan keuangan bagi usaha Anda. Pembukuan yang rapi dan detail akan memberikan Anda kemudahan untuk menganalisa bagaimana jalannya bisnis Anda.
Tidak mau susah atau ribet? Gunakan software akuntasi untuk memudahkan anda dalam membuat pembukuan usaha online shop. Banyak fitur-fitur yang akan memudahkan anda dalam membuat pembukuan, jadi tidak perlu repot-repot harus mengerti akuntansi untuk membuat laporannya. Aplikasi pembukuan online shop Beecloud yang akan membantu Anda.
Jadi, gunakanlah aplikasi pembukuan online shop dalam mengelola usaha anda agar dapat mengetahui 3 hal ini :
Sehingga pembukuan Anda bisa lebih baik dan teratur dengan menggunakan aplikasi pembukuan online shop Beecloud. Coba gratis Beecloud sekarang!