Tujuan riset pasar adalah salah satu hal penting yang wajib Anda pahami, terkhusus dalam rangka pengembangan usaha. Riset pasar sangat mempengaruhi bagus tidaknya strategi pemasaran produk atau jasa. Jika Anda ingin produk atau jasa bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, pastikan Anda menyimak ulasan yang kami rangkum berikut ini!
Riset pasar atau market research ialah kegiatan penelitian bidang pemasaran yang harus dilakukan setiap orang yang berkecimpung dalam dunia bisnis. Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena berkaitan langsung dengan keberlangsungan pemasaran produk.
Bukan sembarang riset, Anda harus melakukan penelitian secara sistematis untuk menemukan strategi terbaik. Mulai dari perumusan masalah, tujuan, pengolahan data, evaluasi hingga menyajikannya dalam sebuah laporan analisis pemasaran.
Adapun tujuan riset pasar adalah untuk mengetahui kondisi pemasaran dan melihat peluang usaha di lapangan. Dengan begini, Anda bisa dengan mudah mengidentifikasi serta merumuskan strategi pemasaran yang tepat dalam pengembangan usaha. Berikut ini beberapa ruang lingkup riset pasar yang kerap masuk dalam evaluasi pebisnis, antara lain:
Baca juga: Mengenal Segmentasi Pasar (Pengertian, Tujuan, dan Contohnya)
Perlu Anda ketahui, proses riset pasar merupakan hal yang tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Ada banyak objek penelitian yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan data informasi yang tepat. Sebagai informasi tambahan, berikut ini beberapa tips melakukan riset pasar.
Tentu saja hal pertama ialah merumuskan masalah penelitian, mulai dari tujuan, inti masalah dan sebagainya. Dengan begini, Anda bisa mendapatkan riset pasar yang terstruktur.
Sangat penting mengenali target pelanggan karena hal ini membuat Anda bisa mempelajari karakter pelanggan. Pelanggan adalah indikator utama yang menentukan strategi pemasaran suatu perusahaan. Pada tahapan ini, Anda bisa menggunakan metode riset primer atau observasi untuk mendapatkan data informasi paling tepat.
Tips selanjutnya ialah belajar dari kompetitor. Dengan begini Anda berkesempatan membuka perspektif baru dan bisa mengetahui lebih banyak hal untuk mengembangkan perusahaan. Dari kompetitor yang handal, Anda bisa mengetahui evaluasi dan perbaikan yang seharusnya dijadikan strategi pengembangan bisnis kedepannya.
Selain mengenali target pelanggan, Anda juga harus mengenali target pasar. Dengan begini, Anda bisa menemukan target konsumen paling potensial sehingga proses pemasaran bisa berfokus pada sasaran tertentu saja. Perlu diingat kembali, tujuan riset pasar adalah untuk meningkatkan penjualan dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.
Sesuai penjelasan sebelumnya, kepuasan konsumen merupakan hal paling berharga yang harus Anda prioritaskan dalam riset pasar. Untuk itu, cobalah membuat konsumen Anda terbuka dan tidak ragu memberikan feedback bagi perusahaan. Apakah itu kritikan, saran atau opini pelanggan mengenai produk atau jasa, semua sangat penting untuk evaluasi pengembangan bisnis di masa depan. Selain itu, Anda juga bisa menawarkan sejumlah kupon bagi konsumen yang bersedia mengisi survey dan memberikan feedback.
Dari sekian banyak keluhan pelanggan, salah satu yang paling sering dialami pebisnis ialah komplain karena ketidaksesuaian harga. Tidak bisa dipungkiri, pebisnis kerap mendapatkan komplain dari customer karena harga barang yang berbeda antara stroke dan label harga di rak atau data keuangan yang tidak tepat. Jika seperti ini, jelas Anda akan kesulitan mencapai target penjualan.
Namun tidak perlu khawatir, kini semakin mudah mengembangkan bisnis Anda dengan mengandalkan software akuntansi dan kasir. Dijamin Anda bisa menganalisa keuangan dengan cepat dan tepat. Dan untuk toko ritel harga di label rak dan nota pasti cocok. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, segera kunjungi laman resmi software akuntansi dan kasir Beepos, karena salah satu tujuan riset pasar adalah untuk memastikan kepuasan konsumen.