Logo Bee Web

Pentingnya Tujuan Promosi dan Bentuk-bentuk Promosi

Tujuan promosi bermanfaat untuk memudahkan dalam penyusunan strategi pemasaran. Oleh karena itu, penting sekali memahami tujuan promosi.
Penulis: Rininta Oktaviana
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 28 November 2022

Dalam kegiatan berbisnis tidak akan jauh dari kata promosi. Dimana secara umum tujuan promosi adalah agar produk yang dihasilkan dari pesnis diketahui dan diinginkan oleh banyak orang. Akan tetapi, pada kenyataannya promosi mempunyai tujuan yang cukup kompleks.

Promosi memiliki peranan yang sangat penting dalam divisi pemasaran. Promosi menjadi salah satu bentuk penawaran dan pengenalan terhadap suatu produk kepada calon pelanggan. Dengan adanya promosi akan memudahkan konsumen mudah mengenali suatu produk atau jasa.

Pengertian Promosi

Pengertian Promosi Adalah

Ilustrasi Promo Sale (Sumber: Freepik.com)

Pengertian promosi adalah usaha yang dilakukan oleh perusahaan untuk membangun pengetahuan, pemahaman, dan pengenalan akan suatu produk kepada masyarakat. Adanya promosi ini berfungsi agar pelanggan melakukan pembelian produk yang ditawarkan.

Dalam bidang pemasaran, promosi memiliki arti sebagai kegiatan yang dilaksanakan supaya dapat meningkatkan perkembangan sesuatu. Perkembangan dalam pemasaran meliputi perkembangan produk, perkembangan merek, atau perkembangan suatu perusahaan.

Proses promosi tidak jauh dari kegiatan komunikasi untuk menyampaikan sesuatu kepada masyarakat luas. Tujuan utama dari kegiatan promosi ini adalah untuk memperkenalkan produk, merek, serta perusahaan kepada calon pelanggan.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Tujuan Promosi secara Umum

Setiap perusahaan yang melakukan promosi tentu saja mempunyai capaian atau tujuan yang ingin diraih. Apa tujuan promosi akan dijelaskan pada beberapa point di bawah ini:

1. Informing

Tujuan promosi adalah memberikan informasi mengenai seluruh jenis produk yang ditawarkan oleh pengusaha kepada pasar. Umumnya informasi yang disampaikan meliputi fungsi produk, kualitas, harga, manfaat, kelebihan atau keunggulan, dan lain sebagainya.

Dalam tujuan informasi untuk menginformasikan ini kegiatannya berupa:

  • Memberikan penjelasan mengenai cara kerja suatu produk kepada calon pelanggan
  • Menjelaskan cara menggunakan yang baru dari sebuah produk.
  • Menginformasikan adanya perubahan harga.
  • Memberi tawaran mengenai jasa-jasa yang disediakan oleh suatu perusahaan.
  • Meminimalisir kekhawatiran dan ketakutan konsumen terhadap suatu produk.
  • Membangun citra perusahaan dan memperbaiki kesan buruk terhadap produk.

2. Persuading

Ilustrasi Membujuk Konsumen (Sumber: Freepik.com)

Persuading adalah membujuk target pelanggan atau konsumen untuk menggunakan produk yang dipromosikan. Dalam hal ini promosi mempunyai peran untuk mendorong konsumen dalam meningkatkan hubungan jangka panjang maupun jangka pendek.

Dalam membujuk konsumen atau pelanggan terdiri dari:

  • Mengubah persepsi konsumen mengenai atribut suatu produk.
  • Memberikan dorongan kepada suatu pihak supaya menerima kunjungan dari sales.
  • Membentuk pemilihan merek serta mengalihkan konsumen kepada merek yang ditawarkan oleh suatu pihak.
  • Mendorong masyarakat untuk membeli produk yang ditawarkan pada saat itu juga.

3. Pengingat Suatu brand

Tujuan promosi yang selanjutnya adalah mengingatkan seseorang terhadap suatu produk serta mempertahankan keberadaan produk dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Sebagai pengingat, promosi memiliki berbagai kegiatan diantaranya ialah:

  • Menjaga supaya suatu produk menjadi ingatan pertama konsumen ketika ingin membeli.
  • Menjadikan konsumen selalu mengingat produk yang telah dibeli atau digunakan.
  • Mengingatkan kepada konsumen bahwa produk yang ditawarkan akan dibutuhkan dalam waktu yang dekat.
  • Mengingatkan mengenai tempat-tempat yang menjual produk dari pihak terkait.

Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness

4. Mengubah Tingkah Laku

Kegiatan promosi dapat memodifikasi atau mengubah kebiasaan masyarakat serta tingkah laku. Dengan adanya promosi akan menjadikan konsumen tidak hanya bergantung pada suatu produk. Hal ini dikarenakan dalam promosi mampu mengubah perspektif terhadap suatu produk.

5. Laba (Meningkatkan Keuntungan)

Semua pebisnis tentu akan berorientasi dengan keuntungan atau biasanya disebut dengan laba. Promosi menjadikan perusahaan dapat memiliki peluang untuk menjual produk dalam jumlah besar.

6. Membedakan Antar Produk

Membedakan suatu produk dengan produk lain yang merupakan pesaing menjadi tujuan promosi juga. Dalam hal ini perusahaan diwajibkan mampu membedakan dan menunjukkan produk yang unggul dibanding dengan produk pesaing.

Tujuan Promosi Menurut Para Ahli

Tujuan Promosi

Ilustrasi Belanja dengan Bahagia (Sumber: Freepik.com)

Dengan memahami mengenai tujuan promosi akan menjadikan Anda lebih mudah dalam menentukan promosi yang baik dan tepat. Banyak ahli atau ilmuwan yang telah merumuskan tujuan dari promosi dalam bidang ilmu pemasaran.

Berikut beberapa penjelasan mengenai tujuan promosi menurut para ilmuwan atau ahli:

1. Menurut Kotler dan Armstrong

Tujuan dari kegiatan promosi menurut Kotler dan Armstrong diantaranya ialah:

  • Meningkatkan hubungan dengan pelanggan dalam jangka panjang dan memberikan dorongan kepada pelanggan untuk membeli dalam jangka pendek.
  • Mengiklankan suatu produk yang akan ditawarkan serta memberikan ruang gerak lebih banyak.
  • Mendorong para penjual eceran untuk membelanjakan barang baru  serta menjualnya dalam persediaan yang lebih banyak.
  • Memperoleh lebih banyak dukungan mengenai produk baru maupun produk lama.
  • Memberikan dorongan agar pengusaha memperoleh pelanggan yang baru.

2. Menurut Boone dan Kurtz

Tujuan promosi menurut Boone dan Kurtz (2002:134) adalah sebagai berikut:

  • Menyediakan informasi

Salah satu tujuan promosi menurut boone dan kurtz  adalah menyediakan informasi. Dimana penyediaan informasi ini bermanfaat untuk menginformasikan kepada calon pelanggan mengenai jasa atau produk yang ditawarkan.

  • Menaikkan penjualan

Menaikkan penjualan menjadi tujuan yang paling umum dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh pelaku usaha. Berbagai strategi berfokus pada rangsangan permintaan primer meskipun sebagian melakukan kegiatan untuk menstabilkan penjualan.

  • Mendiferensiasikan suatu produk

Tujuan yang satu ini adalah untuk mendiferensiasikan produk atau jasa yang ditawarkan suatu perusahaan dengan produk atau jasa dari perusahaan lain. Divisi pemasaran akan berusaha untuk meraih hati konsumen.

Dalam hal ini dilakukan dengan memberikan informasi mengenai perbedaan-perbedaan yang signifikan mengenai harga, atribut, kualitas, serta manfaat dari jasa atau produk.

  • Memperlihatkan keunggulan produk

Kegiatan promosi diajukan untuk memperlihatkan keunggulan yang dimiliki suatu produk atau jasa kepada masyarakat. Selain itu, dalam hal ini pihak promosi juga memberikan informasi mengenai manfaat-manfaat dari kepemilikan akan suatu produk yang telah dibeli.

  • Menstabilkan penjualan

Stabilisasi penjualan juga merupakan tujuan dari dilakukannya kegiatan promos. Umumnya perusahaan akan mempromosikan konten terkait penjualan pada periode penurunan penjualan.

Hal tersebut bermanfaat untuk memotivasi para pelaku bisnis dan memberikan tawaran berupa hadiah-hadiah. Contoh dari hal ini diantaranya ialah hadiah beasiswa atau liburan untuk mereka yang mampu mencapai target.

Bentuk-Bentuk Promosi

Bentuk Bentuk Promosi

Ilustrasi Bentuk Promosi sebagai Voucher Diskon (Sumber: Freepik.com)

Bentuk promosi menjadi suatu strategi pemasaran untuk mencapai tujuan dari kegiatan promosi. Berikut beberapa bentuk promosi menurut Kotler dan Armstrong:

  • Periklanan

Periklanan merupakan bentuk promosi berupa presentasi mengenai ide barang atau jasa yang ditawarkan. Periklanan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan jumlah permintaan pasar.

  • Promosi Penjualan

Promosi penjualan dilakukan dengan publisitas yang dapat memberikan dorongan mengenai efektivitas pembelian. Dalam hal ini pembeli diperlihatkan peragaan, demonstrasi, pameran, dan lain sebagainya.

  • Pemasaran Langsung

Pemasaran langsung merupakan pemasaran yang dilakukan dengan cara interaksi secara langsung dengan calon konsumen.

  • Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat adalah kegiatan membangun suatu relasi dengan tujuan untuk mendapatkan dukungan.

Kesimpulan

Tujuan promosi cukup penting untuk diketahui agar memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi pemasaran. Promosi menjadi bagian paling penting dalam bidang pemasaran agar suatu produk dan jasa dapat dikenal serta memberikan keuntungan atau laba kepada pelaku usaha.

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Beepos Bikin Program Promo Mudah Untuk Semua Cabang Secara Terpusat

Artikel Terkait

20 Contoh Copywriting dengan Kalimat Paling Efektif
Ada formula untuk segala sesuatu yang ada di dunia ini, terutama untuk mengembangkan bisnis dan menarik lebih banyak pelanggan. Salah
Baca Juga
Campaign Adalah: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan
Campaign adalah sebuah kampanye periklanan yang penting dalam strategi pemasaran suatu produk atau layanan. Melalui campaign, perusahaan dapat mempromosikan merek
Baca Juga
9 Langkah Cara Membuat Marketing Plan Paling Efektif
Menyusun marketing plan atau rencana pemasaran yang baik dan efektif adalah langkah penting dalam meningkatkan kinerja bisnis Anda. Dalam artikel
Baca Juga
Mengenal Integrated Marketing Communication (IMC)
Integrated Marketing Communication (IMC) adalah sebuah pendekatan pemasaran yang mengintegrasikan berbagai elemen komunikasi pemasaran untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. IMC
Baca Juga
Apa itu Endorse Dalam Promosi Online?
Sejak media sosial dijadikan salah satu sarana promosi, bermunculan berbagai istilah salah satunya endorse. Apa itu endorse? Sejauh mana perannya
Baca Juga
SPG Adalah: Perbedaan Sales, Jenis, Fungsi dan Tugasnya
Dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan menggunakan jasa SPG.
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu