🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Trik Membuat Iklan Baliho sebagai Media Promosi Bisnis

Iklan baliho dipasang di luar ruangan dan di tempat-tempat yang ramai. Apa yang disampaikan dalam baliho adalah promosi untuk khalayak umum.
Penulis: Rininta Oktaviana
Dipublish Tgl: Monday, 19 September 2022

Mempromosikan bisnis ada banyak caranya, salah satu yang masih banyak digunakan saat ini adalah iklan baliho. Terutama untuk bisnis, yang ingin lebih cepat mencapai target penjualan dan terkenal di berbagai kalangan masyarakat.

Menggunakan baliho, memang membutuhkan persiapan maksimal terutama soal dana. Tapi kalau dibuat dengan cara menarik akan worth it dengan biaya yang dikeluarkan.

Manfaat Iklan Baliho untuk Promosi Bisnis

Manfaat Iklan Baliho

Ilustrasi Iklan Baliho (Sumber: Freepik.com)

Baliho adalah sehelai kain atau plastik dengan ukuran besar sekitar 3 x 4 meter, format vertikal, umumnya terbuat dari bahan Vinyl PVC atau sticker. Pemasangannya bisa dibentangkan saja atau menempel pada plat besi. Baliho dipasang di luar ruangan dan di tempat-tempat yang ramai. Di dalam baliho terdapat informasi berupa gambar dan tulisan. Apa yang disampaikan dalam baliho adalah pesan yang tersirat, iklan, promosi atau pemberitahuan yang sifatnya untuk diketahui khalayak umum.

Saat ini memang ada kecenderungan, untuk menggunakan sistem promosi online untuk pengembangan bisnis. Tapi ternyata baliho tetap memiliki manfaat tersendiri, jika memang mau memiliki bisnis untuk jangka panjang.

Apa sih sebenarnya manfaat media iklan yang satu ini?

  • Mudah Menarik Perhatian Pangsa Pasar

Ketika orang pintar mengemas sebuah baliho dengan informasi lengkap, eye catching, dan lokasi penempatan yang pas maka perhatian orang akan mudah tertuju pada baliho tersebut.

Otomatis, akan menarik perhatian untuk melihat dan membaca informasi yang ada disana.

Jika di posisi orang yang melihat sebuah baliho, tentu akan tertarik untuk melihat sebuah baliho dengan tampilan unik dan menarik. Kalau informasinya sesuai dengan apa yang dibutuhkan, tentu Anda akan menindaklanjuti informasi tersebut.

Contoh, melihat baliho unik tentang promo spare part motor. Kebetulan memang sedang butuh spare part tersebut, otomatis akan penasaran dan mencoba mencari tahu dimana lokasi penjualan promo tersebut.

  • Efektif dan Efisien

Disebut efektif karena cukup sekali saja memasang baliho dengan ukuran besar, lalu dipajang dalam waktu lama akan semakin banyak orang melihat dan paham dengan promosi yang dibuat. Tidak perlu biaya mahal untuk iklan berulang kali bukan?

Efisien karena hanya perlu meletakkan iklan baliho di lokasi yang tepat, kemudian tinggal menunggu feedback dari target pasar. Tidak perlu promosi door to door yang membutuhkan energi dan waktu lebih maksimal.

  • Awet Digunakan

Iklan Baliho Unik

Ilustrasi Baliho Unik (Sumber: Kaskus.id)

Ketika memilih jenis baliho dengan kualitas terbaik, maka ketahanannya akan lebih maksimal. Alhasil, sekali menempatkan baliho tidak perlu membuat baliho baru secara berkala.

  • Bisnis Cepat Populer

Baliho juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan popularitas sebuah bisnis, terutama ketika memilih lokasi pemasangan yang tepat. Salah satunya di persimpangan jalan atau di sisi jalan utama yang selalu dilewati banyak orang.

Setiap melewati lokasi baliho, orang akan familiar dengan baliho dan informasi yang ada pada baliho tersebut. Lama kelamaan, semakin banyak yang kenal dengan bisnis tanpa harus melakukan iklan melalui media konvensional lainnya.

  • Pesan Tersampaikan Dengan Maksimal

Membuat baliho dengan bentuk unik dan tampilan menarik, informasinya lengkap tentang promosi sebuah bisnis atau usaha adalah hal mutlak. Ketika itu dilakukan, maka pesan yang mau disampaikan kepada target pasar bisa tersampaikan dengan baik.

  • Membantu Meningkatkan Penjualan

Manfaat satu ini sifatnya memang tidak insidental, melainkan butuh waktu dan proses. Namun, secara bertahap memang akan sangat membantu meningkatkan penjualan produk bisnis.

Baca Juga: Strategi Promosi Kreatif dan Kekinian Untuk Meningkatkan Omset

Trik Agar Promosi Lewat Iklan Baliho Bisa Berhasil

Promosi Iklan Baliho

Ilustrasi Iklan Baliho Pasta Gigi (Sumber: Kaskus.id)

Berdasarkan penelitian, didapatkan bahwa seseorang hanya memiliki waktu sekitar 10 detik untuk melihat sebuah baliho. Maka untuk membuat iklan baliho memberikan kesan yang diinginkan terhadap siapapun yang membaca, perlu trik tepat dalam pembuatannya.

  • Jumlah Kata Maksimal Tujuh

Mengingat waktu terbatas bagi orang yang lalu lalang untuk membaca baliho, maka disarankan untuk menggunakan kata promosi maksimal hanya tujuh.

Hal itu merupakan kalkulasi ketika seseorang membaca baliho saat berkendara atau menjadi penumpang sebuah kendaraan, dimana letaknya ada di sisi jembatan penyeberangan atau salah satu sisi jalan.

  • Pastikan Tampilan Baliho Menarik Perhatian

Tampilan baliho harus menarik, perpaduan warna, gambar yang dipakai, hingga font tulisan menjadi kuncinya.

  • Perbanyak Gambar Menarik

Gambar menarik yang sekaligus memiliki makna promosi tersendiri, sangat dianjurkan untuk masuk dalam bagian sebuah baliho.

  • Ukuran Nomor Kontak Jangan Terlalu Besar

Jika ingin menyisipkan nomor kontak, usahakan untuk menggunakan ukuran tulisan cenderung kecil saja. Supaya fokus orang tetap pada inti informasi promosi pada baliho tersebut.

  • Pilih Lokasi yang Tepat

Pastikan juga untuk memilih lokasi yang tempat untuk memasangnya. Seperti di perempatan jalan, di sisi jembatan penyeberangan atau di sekitar area halte bus.

Kesimpulan

Apakah Anda pernah melihat baliho yang sering ditemukan di jalan raya? Kalau iya, itu merupakan salah satu strategi promosi. Ada juga spanduk dan brosur yang disebarkan di jalanan yang bisa membuat seseorang tergelitik atau takjub sehingga tertarik untuk membeli atau mampir ke toko Anda.

Hal terpenting dalam promosi menggunakan spanduk/baliho/brosur adalah desain yang menarik, gambar yang jelas dan copywriting yang singkat, padat, dan jelas

Strategi promosi dilakukan dengan tujuan meningkatkan permintaan, menjangkau konsumen baru, menstimulus pembelian kembali dengan kuantitas lebih banyak dan menciptakan goodwill, memberi pengaruh terhadap keputusan pembelian produk/jasa, menjaga loyalitas konsumen dan strategi bersaing dengan kompetitor.

Untuk mempermudah dalam menyusun promosi, gunakan Software Kasir Online. Jangan mau kalah dengan toko sebelah jaringan nasional yang punya banyak Promo. Promo seperti limit waktu hari/jam tertentu, syarat pembelanjaan, min/max Qty, khusus member, dll. Dengan Software Kasir Online Beepos sekarang anda bisa!

Setting promosi semua cabang terpusat! Coba gratis klik di sini atau klik gambar di bawah ini.

Beepos Bisa Bikin Usaha Anda Makin Modern Dan Kekinian Dengan Fitur Pembayaran E Wallet

Artikel Terkait

7 Contoh Personal Branding Efektif dan Menarik untuk Bisnis
Contoh personal branding untuk bisnis yang baik dan efektif itu bagaimana? Apakah haru selalu berkaitan dengan citra diri? Atau ada
Baca Juga
9 Tips Buat Label Makanan Keren Sesuai BPOM
Memiliki label makanan pada produk yang makanan yang diproduksi memang menjadi impian bagi semua pebisnis makanan, apalagi saat ini banyak
Baca Juga
Apa Fungsi Iklan Bagi Bisnis? Ini Penjelasannya
Pernah bertanya-tanya apa fungsi iklan bagi bisnis sebenarnya? Apakah hanya untuk promosi atau ada hal lain yang bisa dicapai dengan
Baca Juga
9 Rekomendasi Franchise Murah Cocok Untuk Memulai Usaha
Membeli franchise murah termasuk pilihan paling tepat bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Pasalnya modal yang dibutuhkan
Baca Juga
Iklan Penawaran: Tujuan, Cara, dan Contohnya
Iklan penawaran merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup populer untuk iklan promosi produk atau jasa. Iklan penawaran biasanya digunakan
Baca Juga
Indikator Kualitas Produk dan Faktor yang Mempengaruhinya
Salah satu kunci suksesnya bisnis adalah kualitas produk, semakin baik dan konsisten kualitas yang ditawarkan maka semakin terjamin juga keberlangsungan
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu