Logo Bee Web

Toserba (Toko Serba Ada) Jualan Apa? Begini Strategi Suksesnya

Toserba adalah singkatan dari toko serba ada, punya usaha ini atau serupa? Simak deretan stateginya pada artikel berikut ini!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 16 June 2024

Saat ini, toserba atau toko serba ada ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Mulai dari gang sempit, gang lebar, jalan raya, perkampungan, kota semuanya ada.

Menyediakan berbagai macam kebutuhan mulai dari pangan, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Disisi lain, hal ini juga menjadi indikator jika persaingan bisnis toko serba ada ini semakin ketat.

Bagaimana strategi yang tepat agar bisa terus bersaing dan selalu ramai pengunjung? Simak selengkapnya pada artikel di bawah ini!

Apa yang Dimaksud dengan Toserba?

Toserba jualan apa

Potret Produk yang dijual di Toserba (Credit; ukmindonesia.id)

Toserba adalah singkatan dari toko serba ada, apapun yang Anda cari bisa ditemukan di toko ini. Seperti namanya toko ini berisi banyak hal, menyediakan berbagai kebutuhan mulai dari makanan segar, pakaian, sembako dan lain sebagainya.

Toserba juga termasuk dalam bisnis ritel. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai meteran yang berarti satu-satu, sedikit, satu-satu langsung kepada konsumen akhir untuk memenuhi kebutuhan.

Retail atau ritel ini juga diartikan sebagai semua kegiatan yang melibatkan penjualan barang/ jasa secara langsung kepada konsumen akhir untuk memenuhi kebutuhan pribadi dan bukan bisnis. Oleh Kotler, seorang ahli pemasaran asal Amerika Serikat.

Baca Juga: 5 Rahasia Sukses Bisnis ala Warung Madura

Toserba Jualan Apa?

Toserba ini berjualan berbagai jenis produk yang dibutuhkan konsumen, tanpa ada batasan. Setiap tokonya berisi produk yang bervariasi sesuai dengan kebutuhan konsumennya di sana.

Mulai dari produk bahan makanan, peralatan rumah tangga, pakaian, keperluan sekolah, obat-obatan toko, alat tulis, kosmetik dan masih banyak lagi.

Selain itu, beberapa toserba juga menawarkan layanan tambahan, seperti:

  • Pembayaran tagihan: Listrik, air, telepon, dan lainnya.
  • Pengiriman barang: Mengantarkan barang belanjaan ke rumah pelanggan.
  • Penjualan tiket: Tiket kereta api, pesawat, dan lainnya.

Strategi Sukses Usaha Toserba

Toserba Adalah

Toserba adalah singkatan dari toko serba ada (Credit: Titiknol.co.id)

Berikut beberapa strategi sukses yang bisa bantu optimalkan usaha Toserba Anda!

1. Pemilihan Lokasi yang Strategis

Strategi yang pertama adalah pemilihan lokasi, lokasi menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan bisnis toserba. Pilihlah lokasi yang mudah diakses, dekat dengan pemukiman, kantor, atau pusat perbelanjaan, agarakan meningkatkan jumlah pelanggan potensial.

2. Memahami Kebutuhan Pelanggan

Kemudian pahami juga bagaimana kebutuhan pelanggan. Anda bisa menawarkan berbagai macam produk yang memenuhi kebutuhan pelanggan.

Lakukan riset pasar untuk mengetahui produk-produk yang paling diminati di daerah Anda. Pertimbangkan juga menyediakan produk-produk lokal dan unik untuk menarik minat pelanggan.

3. Optimalkan Pengelolaan Stok

Produk yang beragam tidak menjadikan Anda bisa santai dalam hal pengelolaan stok. Sebab, dengan mengelola stok Anda akan tahu mana saja produk yang laris dan sebaliknya.

Selain itu, dengan sistem manajemen inventaris yang baik juga dapat membantu memantau stok dan memesan barang sesuai kebutuhan.

4. Berikan Pelayanan yang Baik

Selanjutnya adalah memberikan pelayanan yang baik, sebaik apapun Anda memahami kebutuhan pelanggan tidak akan sebaik jika Anda memberikan mereka pelayanan yang baik.

Sebab, dengan pelayanan yang baik konsumen tidak akan ragu untuk repeat order ke toko Anda. Salah satu cara untuk meningkatkan pelayanan adalah dengan melatih karyawan untuk ramah dan profesional kepada pelanggan.

5. Tetapkan Harga yang Kompetitif

Strategi berikutnya agar toserba Anda semakin ramai pengunjung adalah dengan menetapkan harga yang kompetitif. Anda bisa melakukan riset harga pesaing dan bandingkan dengan harga pasar.

Baca Juga: 8 Cara Menentukan Harga Jual Produk Anda

6. Lakukan Promosi dan pemasaran

Kemudian lakukan promosi dan pemasaran. Publikasikan toko Anda agar orang tahu jika bisnis Anda itu ada. Seperti melakukan promosi di media sosial dn lain sebagainya. Dengan pemasaran yang efektif dapat meningkatkan kesadaran merek dan menarik lebih banyak pengunjung.

7. Adakan Promo/ Event Menarik

Setelah promosi, untuk menarik pelanggan mampir juga bisa dilakukan dengan memberikan promo atau event yang menarik. Promo ini bisa berupa diskon, tawarkan poin reward dan lainnya.

8. Gunakan Teknologi

Gunakan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas bisnis Anda. Seperti menggunakan software kasir untuk meningkatkan layanan pelanggan, software manajemen stok untuk mengatur persediaan hingga software akuntansi untuk mengelola keuangan.

Ribet? Butuh aplikasi banyak? Tenang, semua fitur itu bisa Anda dapatkan langsung All In One dengan menggunakan software kasir online Beepos. Software kasir integrasi akunting bisa kontrol stok, diskon dan masih banyak lagi!

Hitung Stok Hingga Catat Pembukuan Keuangan Toko Kelontong Mudah Pakai Beepos

9. Adaptasi dengan Trend

Berikutnya, selalu ikuti tren terbaru dalam industri retail. Pantau perkembangan teknologi, perubahan gaya hidup konsumen, dan tren produk baru untuk tetap relevan di pasar.

10. Jaga Kualitas Produk

Tips berikutnya adalah selalu konsisten untuk menjaga kualitas produk. Juallah produk-produk dengan kualitas yang baik dan terjamin. Lakukan pemeriksaan kualitas produk secara berkala dan hindari menjual produk yang sudah kadaluarsa atau rusak.

11. Perhatikan Kebersihan Toko

Terakhir, pastikan toserba Anda selalu bersih dan tertata rapi. Lakukan pembersihan secara rutin dan jaga agar rak-rak produk selalu tertata rapi.

Perbedaan Toserba dan Swalayan

supermarket swalayan

Ilustrasi potret isi swalayan (Credit: Freepik.com)

Apa bedanya toserba dan swalayan? Bukankah keduanya sama-sama berjualan produk yang bervariasi? Berikut beberapa perbedaannya:

1. Skala dan Ukuran Toko

Biasanya toserba memiliki ukuran lebih kecil dan terbatas dibandingkan dengan swalayan. Selain tu, lokasi keduanya juga berbeda, dimana swalayan cenderung lebih sering ditemukan di area perkotaan sedangkan toserba di lingkungan pemukiman atau daerah lokal.

2. Jenis Produk yang Dijual

Kemudian dari segi jenis produk yang dijual. Toserba menawarkan berbagai produk termasuk kebutuhan sehari-hari, alat tulis, mainan, dan barang-barang rumah tangga dalam skala yang lebih kecil.

Sedangkan swalayan lebih fokus pada produk kebutuhan sehari-hari, seperti bahan makanan, minuman, produk segar (sayur, buah), daging, dan produk rumah tangga dalam jumlah yang lebih banyak dan variasi yang lebih besar.

3. Harga dan Promosi

Berikutnya dari harga dan promosi, toserba mungkin memiliki harga yang sedikit lebih tinggi karena skala yang lebih kecil dan margin keuntungan yang lebih sempit. Promosi biasanya lebih sederhana dan lebih sedikit dibanding swalayan.

Berbeda dengan swalayan, mereka lebih sering menawarkan harga yang lebih kompetitif dan memiliki berbagai program promosi dan diskon. Swalayan juga sering mengadakan program loyalitas pelanggan.

4. Fasilitas dan Layanan Tambahan

Berikutnya dari segi fasilitas dan layanan tambahan, toserba lebih terbatas dibandingkan dengan swalayan yang biasanya menawarkan lebih banyak fasilitas dan layanan tambahan seperti ATM, tempat bermain anak, area duduk, layanan pengantaran, dan area parkir yang luas.

5. Target Pasar

Kemudian dari segi target pasar, toserba lebih fokus pada kebutuhan masyarakat setempat atau komunitas kecil. Toserba sering kali menjadi pilihan utama di area dengan akses terbatas ke swalayan besar. Sebaliknya, swalayan lebih menargetkan pasar yang lebih luas dan melayani berbagai segmen pelanggan dengan lebih banyak pilihan produk.

Penutup

Bisa disimpulkan jika toserba, atau toko serba ada, merupakan jenis usaha ritel yang menawarkan berbagai macam produk kebutuhan sehari-hari dalam satu tempat yang lebih kecil dan lebih lokal dibandingkan swalayan besar.

Dengan fokus pada kenyamanan, toserba sering menyediakan layanan yang lebih personal dan informal, meskipun dengan variasi produk dan skala yang lebih terbatas. Sekian, semoga bermanfaat!

Artikel Terkait

3+ Software Minimarket Seperti Indomaret & Alfamart
Software Minimarket – Banyak usaha dibidang retail atau toko swalayan perorangan yang bermunculan dan masih belum menggunakan software kasir untuk
Baca Juga
Pajak Online Shop: Jenis, Cara Lapor & Bayar Lengkap!
Pajak adalah pungutan wajib.  Sebagai warga negara yang baik, tentu kita harus mematuhi kewajiban membayarkan hak negara berupa pajak. Pajak
Baca Juga
11 Tips Cara Memulai Usaha Sembako Laris Manis
Sembako adalah singkatan dari sembilan bahan pokok. Sebagai bahan pokok, orang yang membuka usaha sembako akan dicari banyak orang karena
Baca Juga
5 Rekomendasi Printer Kasir Portable
Di tengah-tengah kegiatan bisnis yang semakin giat, printer kasir portable telah menjadi salah satu dari banyak perangkat yang dicari. Dalam
Baca Juga
Aplikasi Minimarket Terbaik Agar Pebisnis Makin Cuan
Saat ini, kebutuhan akan aplikasi minimarket semakin meningkat. Karena banyak pengusaha mengalami pentingnya semua operasional bisnis mereka yang membutuhkan teknologi.
Baca Juga
Mesin POS Adalah: Pengertian, Fungsi dan Tips Memilihnya
Mesin POS adalah versi modern dari mesin kasir, kombinasi software dan hardware untuk mengelola keuangan bisnis. Jadi, POS (Point of Sales)
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu