🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Tips Sukses Membangun Bisnis Kedai Kopi ala Starbucks

Ini dia tips sukses bisnis kedai kopi starbucks, jadikan bisnis kedai kopi kalian memiliki branding mahal dan mewah
Penulis: Rizal Arisona
Terbit: Thursday, 29 August 2019
Diperbarui: Thursday, 13 July 2023
Daftar Isi

Apakah kalian tahu Starbucks? Mungkin bagi Anda yang penikmat kopi pastinya tidak asing dengan Starbucks. Starbaucks merupakan salah satu kedai kopi yang paling terkenal. Cabangnya yang dimana-mana, membuat Starbucks di kenal oleh para pencinta kopi.

Tidak hanya di Indonesia saja. Starbucks menguasai pasar kedai kedai kopi sampai ke mancanegara. Tertarik membangun bisnis kedai kopi starbucks? Yuk simak beberapa tipsnya di bawah ini

Tips Bisnis Kedai Kopi ala Starbucks

bisnis kedai kopi starbucks

Kedai Kipi Starbucks (Sumber: Google.co.id)

1. Modal Usaha

Modal menjadi faktor penting yang harus Anda miliki untuk membangun suatu bisnis. Memulai bisnis kedai kopi tidak ada nominal pasti untuk modalnya.

Dengan modal yang sedikit Anda sudah bisa mendirikan kedai kopi, walaupun hanya bisa membeli peralatan yang seadanya. Yang paling penting Anda sudah bisa memulai usaha kedai kopi. Urusan upgrade peralatan, bisa belakangan.

2. Segmentasi Pasar

Sebelum terjun langsung ke dunia bisnis kedai kopi. Anda harus memetakan sasaran konsumen Anda. Anda perlu melakukan riset mengenai pilihan jenis kopi yang disukai dan juga cara penyajiannya.

Selain itu memahami segmentasi pasar, Anda juga dapat memetakan harga satu cangkir kopi yang akan Anda jual. Serta Anda dapat membuat konsep kedai kopi yang akan Anda buat.

3. Supplier Biji Kopi

Setelah target pasar terpenuhi, dan modal sudah ada. Carilah supplier kopi untuk kebutuhan biji kopi yang Anda butuhkan. Mencari supplier kopi bisa Anda tentukan berdasarkan target sasaran konsumen Anda.

Hal tersebut juga bisa menentukan harga kopi yang akan Anda jual. Jika target konsumen Anda beragam, sediakan biji kopi dengan kualitas yang tinggi untuk memanjakan lidah para penikmat kopi.

Baca Juga13 Jenis Kopi Laris Cocok untuk Bisnis Kedai Kopi Kekinian

4. Konsep Kedai Kopi

Poin berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah konsep kedai kopi yang Anda buat. Konsep yang Anda buat bisa Anda sesuaikan dengan target konsumen yang telah Anda riset.

Untuk membuat konsep kedai kopi perlu kreatifitas. Baik itu cara penyajian maupun tampilan interior dan eksterior dari kedai kopi Anda. Dan yang paling utama adalah faktor kenyamanan harus Anda utamakan.

5. Lokasi Strategis

Lokasi tempat Anda mendirikan kedai kopi menjadi faktor penentu untuk membuat kedai kopi yang Anda buat ramai atau tidak. Semakin mudah untuk ditemukan, kedai kopi Anda akan ramai dengan pengunjung. Selain itu akses juga menjadi faktor penting. Tempat yang strategis tidak akan mendukung jika akses untuk kesana sulit untuk ditemukan.

6. Promosi

Promosi menjadi faktor yang tidak boleh Anda lupakan. Kedai kopi yang baru di buat pastinya tidak banyak orang yang mengetahuinya. Oleh sebab itulah promosi bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan kedai kopi yang Anda buat. Media promosi bisa dimana saja. Media sosial akan memudahkan Anda untuk membuat promosi. Selain itu, terapkan promo untuk menarik konsumen.

7. Loyalitas Pelanggan

Kedai kopi starbucks sering memberikan beberapa program loyalitas kepada para pelanggannya, mulai dari diskon potongan harga biasa hingga khusus mamber yang terdaftar dengan mereka. Dengan meningkatkan loyalitas pelanggan akan sangat berpotensi meningkatkan penjualan.

Dalam hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi kasir cafe dari Beepos, dimana Anda bisa melakukan setting promo, mambership, diskon dan lain sebagainya dengan mudah dan terpusat. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan akses software akuntansi untuk mengelola keuangan bisnis lebih efisien lagi. Cek informasi selengkapnya pada banner di bawah ini:

Thumbnailvid Aplikasi Kasir Cafe

Peluang yang besar, membuat kompetitor juga akan banyak. Oleh sebab itulah tips ini buat. Untuk membantu Anda saat akan membangun kedai kopi. Trend yang bisa merubah sewaktu-waktu tidak akan menjamin tips di atas menjadi kunci. Oleh karena itu, jika Anda mempunyai tips yang baru, akan sangat menguntungkan jika kita saling bertukar pendapat melalui kolom komentar di bawah.

Kesimpulan

Secara umum ada dua alasan mereka membuat kedai kopi. Ada yang mengejar keuntungan dan ada juga yang menyalurkan passion saja. orang yang mengejar keuntungan pastinya mengutamakan omset penjualan. Mereka berupaya bagaimana caranya untuk meningkatkan omset penjualan setiap harinya. Dengan grafik penjualan yang terus meningkat, kesuksesan akan di capai dengan mudah.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan orang yang membuat kedai kopi karena passion. Para pencinta kopi lebih menginginkan pelanggan yang setia. Mereka membuat kedai kopi dengan harapan menemukan teman baru yang mempunyai passion yang sama. Omset penjualan hanya di jadikan nilai tambah semata. Asalkan setiap hari ada yang datang, itu saja sudah cukup untuk mereka.

Walaupun proses dari kedua orang tersebut berbeda. Mereka mempunyai tujuan yang sama, yaitu membuat kedai kopi yang berhasil dan berkelanjutan. Membuat kedai kopi yang sukses memang tidak mudah. Di perlukan perencanaan yang matang, baik secara finansial maupun konsep. Oleh sebab itulah ada beberapa tips untuk Anda yang ingin membangun kedai kopi Anda sendiri.

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu