Membahas mengenai akuntansi excel memang tidak bisa lepas dengan laporan keuangan. Apakah Anda sudah mengenali apa saja rumus yang bisa Anda gunakan dalam akuntansi excel? Serta apa saja manfaat akuntansi excel yang bisa Anda dapatkan untuk membuat laporan keuangan ? Artikel kali ini akan membahas mengenai ilmu tersebut.
Ada beberapa manfaat akuntansi excel dalam pembuatan laporan keuangan diantaraya :
Akuntansi excel dapat digunakan sebagai pembanding kumpulan data. Artinya membantu membandingkan kumpulan data keuangan meliputi total hutang dagang, dan perhitungan volume arus kas. Anda bisa melakukan pelacakan biaya untuk mendapatkan gambaran yang jelas keluar masuk uang Anda. Anda bisa membandingkan data dari berbeda lokasi dan bisa menentukan pendapatan yang paling besar dari mana.
Dengan menggunakan akuntansi excel ini maka hasil laporan keuangan Anda bisa disesuaikan juga. Disesuaikan disini artinya hasil laporan yang diinginkan seperti apa. Misalkan ingin informasi mengenai tingkat penjualan terbanyak dalam satu bulan.
Akuntansi excel dapat membantu Anda melakukan entri data secara otomatis. Selain memudahkan pekerjaan, otomatisasi entri data ini bisa menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas Anda.
Akuntansi Excel berbasis kas ini biasanya digunakan oleh pengusaha-pengusaha kecil. Langkah membuat nya juga sangat sederhana. Pertama, Anda bisa memulai membuka lembar kerja baru. Selanjutnya Anda masukkan tajuk kolom untuk tanggal, deskripsi, pemasukan, pengeluaran, serta akun total. Akuntasi berbasis kas ini sama dengan Anda membuat daftar catatan harian. Konsep sederhananya jika Anda ingin membeli sesuatu maka Anda memasukkan biaya untuk membeli barang tersebut.
Berbeda dengan yang berbasis kas, jika Anda menggunakan akuntansi berbasis akrual maka Anda harus menyiapkan akun yang berbeda. Dalam hal ini terdapat persamaan akuntansi yaitu kewajiban ditambah ekuitas. Persamaan akuntansi digunakan sebagai pedoman untuk semua jenis transaksi.
Aset = kewajiban + ekuitas
Dari persamaan di atas, menunjukkan bahwa total akun set harus sama dengan total akun kewajiban dan total ekuitas. Artinya jika asset Anda meningkat, maka kewajiban dan total ekuitas juga ikut meningkat. Langkah-langkah untuk membuatnya juga cukup mudah.
Tabel pivot yaitu salah satu fitur di excel yang memiliki format tabel canggih untuk meringkas kumpulan data berdasarkan rentang sel yang dipilih. Sehingga Anda bisa memfilter data yang dipilih di jendela terpisah atau dikenal dengn istilah separate window. Fitur ini terletak di menu Insert.
Analisa What If merupakan fitue excel yang terletak di menu Data yang mampu membantu Anda memperkiraan hasil dengan mengubah kumpulan data dalam rumus. Selain itu, fitur ini sangat bagus digunakan untuk manajemen arus kas dan keseluruhan anggaran.
Forecast Sheet merupakan fitur excel yang terletak di menu Data yang mampu membantu Anda untuk memperkirakan tren data berdasarkan nilai historis.
Ada beberapa tips mudah dalam membuat laporan akuntansi excel yang perlu Anda kenali untuk usaha UMKM diantaranya :
Tips pertama adalah memastikan program adalah excel. Jika tidak sesuai maka Anda bisa juga menggunakan opsi lain seperti software akuntansi.
Setiap software tentu memiliki template yang berbeda-beda maka dari itu Anda harus bisa membiasakan diri dengan setiap template yang ditawarkan oleh Microsoft. Ada beberapa kemudahan setelah Anda terbiasa dengan template yang ditawarkan Microsoft yaitu dapat menyesuaikan fitur dengan kebutuhan bisnis Anda. Contohnya Anda membuat anggaran bulanan dan triwulan, menambhakan anggaran tahunan, menambahkan tabel pivot.
Anda bisa memperlajari menggunakan template dari video daring atau artikel. Anda bisa mengikuti panduan yang ada di dalam video maupun artikel. Tentunya hal ini akan membantu dan memudahkan Anda dalam memahami fitur-fitur excel,serta Anda bisa praktek secara langsung.
Tips terakhir adalah fokus dengan pembelajaran yang berasal dari kumpulan data prefilled. Artinya Anda bisa berlatih menggunakan data prefilled sebelum memasukkan data asli Anda.
Pada dasarnya rumus IF digunakan untuk mengecek suatu kondisi, jika kondisi tersebut terpenuhi maka hasilnya TRUE sedangkan jika kondisinya tidak terpenuhi maka hasilnya FALSE. Rumus IF ini memiliki 2 jenis yaitu IF Tunggal dan IF bercabang.
IF Tunggal hanya terdapat 1 fungi IF dengan 1 logical test. Rumus IF tunggal ini memiliki 2 kondisi yaitu kondisi 1 (true) dan kondisi 2 (false). Biasanya IF tunggal bisa digunakan untuk menentukan kelulusan siswa.
Berbeda dengan IF tunggal, IF majemuk ini terdapat 2 fungsi IF atau lebih. IF bercabang bisa digunakan untuk mengecek kriteria nilai mutu misalnya hasilnya kurang memuaskan, memuaskan, dan cumlaudge.
Fungsi rumus SUM pada akuntansi excel digunakan untuk menambahkan nilai baik nilai individual, referensi sel, ataupu kombinasi ketiganya.
Fungi rumus SUM pada akuntansi excel digunakan untuk menjumlahkan nilai dengan kriteria tertentu. Untuk rumus SUMIF ini terdapat range, kriteria,
Fungsi rumus COUNTA untuk menghitung sel yang berisi setiap tipe informasi termasuk nilai kesalahan dan teks kosong. Fungsi counta ini tidak menghitung sel kosong.
SLN atau dikenal dengan straight line Method digunakan untuk menghitung nilai penyusutan dari suatu aktiva pada periode tertentu. SLN ini juga dikenal dengan metode garis lurus. Sedangkan DB dikenal dengan istilah double balance. Fungsi rumus DB ini digunakan untuk menghitung penyusutan dengan metode saldo menurun.
Fungsi rumus offset digunakan untuk membuat referensi sel menjadi sebuah range sel yang sudah diidentifikasi.
Langkah-langkah dalam membuat laporan keuangan dengan Beeaccounting yaitu Anda harus memiliki software Beeclod terlebih dahulu. Setelah itu, Anda bisa menggunakan fitur di software tersebut untuk membuat lapora keuangan. Kemudian Anda klik Filter dan Ekspor ke File Excel.
Manfaat menggunakan akuntansi excel yaitu sebagai pembanding data, otomatisasi entry data, dan dapat menyesuaikan hasil laporan sesuai kebutuhan. Terdapat 3 fitur penting yaitu tabel pivol, analisa what if dan Forecast sheets. Ada beberapa rumus akuntansi excel yang bisa Anda gunakan untuk membuat laporan keuangan mulai dari SUM, IF tunggal dan majemuk, counta, offset, dan sum if. Anda bisa mencari tutorial dalam menggunakan template software excel akuntansi untuk memandu Anda.