Logo Bee Web

Tips Merawat Bagian Depan & Meja Kasir Minimarket

Bagian-bagian dari minimarket yang harus di perhatikan kebersihannya ada banyak, salah satunya meja kasir minimarket.
Penulis: Farhan Anggara
Kategori: ,
Terbit: Thursday, 9 June 2022
Diperbarui: Thursday, 9 June 2022
Daftar Isi

Bagian-bagian dari minimarket yang harus di perhatikan kebersihannya ada banyak, salah satunya meja kasir minimarket. Bagian depan supermarket seperti tempat penitipan barang dan meja kasir merupakan satu-satunya lokasi di toko yang pasti dihampiri setiap pelanggan.

Pelanggan menghabiskan rata-rata lima hingga tujuh menit dalam antrean meja kasir minimarket, menurut sebuah studi oleh DHC Analysis for Front End Focus. Mereka menangani barang dagangan, membaca katalog dengan seksama dan dengan terburu-buru mengembalikannya lagi ke rak yang salah; dan rak yang awalnya tertata rapi menjadi acak-acakkan dan benar-benar berantakan.

Kerapihan berdampak langsung pada keuntungan supermarket ataupun minimarket, jadi menjaga kebersihan meja kasir minimarket penting dan harus ditekankan.

Apa itu Meja Kasir Minimarket?

Kasir Dan Mesin Scan Barcode

Ilustrasi Meja Mesin Kasir Minimarket

Umumnya seperti yang kita ketahui bahwa meja kasir minimarket adalah sebuah tempat dimana transaksi antar penjual (pihak kasir) dan pembeli berlangsung setiap harinya di sebuah minimarket.

Tak hanya melakukan transaksi penjualan saja, tetapi meja kasir dapat digunakan untuk menaruh display produk yang biasanya memiliki promo berjalan. Ini bertujuan untuk mengingatkan pembeli bahwa terdapat sebuah diskon dari produk yang mungkin sedang tidak mereka butuhkan, tetapi bisa saja mereka membelinya karena sedang promo.

Maka dari itu, meja kasir minimarket tidak boleh diremehkan meskipun banyak orang tahu bahwa fungsinya hanya untuk transaksi saja, tetapi tetap saja kebersihan harus tetap dijaga untuk memberikan rasa nyaman kepada pelanggan.

Baca Juga: 3+ Software Minimarket Seperti Indomaret & Alfamart

Mengapa Kebersihan Meja Kasir Minimarket itu Penting?

Sebagai pemilik minimarket, Anda tahu bahwa menarik dan mempertahankan pelanggan yang setia sangat penting bagi keberhasilan dan majunnya sebuah toko.

Banyak faktor yang mempengaruhi di mana pelanggan berbelanja dan apa dia akan kembali berbelanja di tempat Anda lagi esoknya? Sebuah survei yang dilakukan M/A/R/C Research menunjukkan bahwa 14% konsumen yang disurvei mengatakan mereka tidak akan kembali ke tokok jika tidak dibersihkan sesuai standar mereka.

Apa Saja Tugas dan Kewajiban Karyawan Minimarket di Depan?

Tugas Karyawan Minimarket

Ilustrasi Tugas Kasir Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Ungkapan “lorong kosmetik perlu dibersihkan” bukan guyonan di sebuah minimarket; hal ini adalah suatu keharusan jika tujuan Anda adalah menyediakan lingkungan yang bersih dan aman bagi pelanggan dan rekan kerja.

Semprotan disinfektan dan gulungan tisu harus disimpan di bawah mesin kasir untuk dengan cepat mengelap meja atau scanner. Lantai harus disapu dari puing-puing dan harus bersih berkilau. Bagian keranjang belanja harus tetap penuh dan tutup ujung diisi sesuai kebutuhan.

Membersihkan ujung depan membutuhkan bagian lorong untuk bersih dan bebas dari keranjang belanja tergeletak, penghalang atau secara tampilan acak-acakkan, begitupun dengan stok yang harus diatur dengan rapi.

Rak Berantakan

Bagian depan harus dikelola oleh departemen terpisah, menurut sebuah studi oleh Front End Focus. Dalam hal pendapatan, front end merupakan sumber yang signifikan dari penjualan impulsif; lokasinya merupakan titik krusial pembelanjaan bagi konsumen.

Dalam sebuah penelitian olehg M&M/Mars Inc.dan dilakukan oleh firma riset Dechert-Hampe yang berbasis di California, lebih dari dua pertiga konsumen setuju bahwa konter kasir menampilkan banyak barang yang tidak mereka butuhkan.

Hal itu berarti ruang yang terbuang dan keuntungan yang lebih sedikit. Untuk memaksimalkan potensi front end, minimarket harus membersihkan apapun yang tidak enak di pandang di front end dan meluangkan ruang untuk beberapa produk banyak peminat seperti permen, rokok, setidaknya dua barang paling populer bagi konsumen, menurut Front End Focus.

Barang Dagangan Rusak atau Tidak Jadi di Beli

Ketika pelanggan memutuskan bahwa mereka tidak ingin membeli suatu barang, mereka biasanya akan meninggalkannya di atas atau di bawah konter. Pengembalian menumpuk di sekitar meja kasir selama jam operasional toko, dan bisa jadi bertahan selama beberapa hari, terutama jika sebuah minimarket kekurangan pegawai atau mereka memiliki prioritas lain.

Jagalah Kebersihan Meja Kasir Minimarket!

Ilustrasi Meja Kasir Minimarket (Sumber: Freepik.com)

Sebuah minimarket selain harus memiliki persediaan barang dagang, rak dan keranjang belanja hal terpenting lainnya adalah meja dan mesin kasir. Meja kasir memiliki peran yang sangat penting bagi maju tidaknya sebuah minimarket. Meja kasir di buat untuk memudahkan pembeli melakukan transaksi pembayaran setelah berbelanja

Tentu saja semua usaha minimarket ataupun toko kelontong menginginkan yang terbaik untuk mesin dan meja kasir yang dapat menunjang bagaimana nantinya bisnis mereka berkembang. Tapi, dengan meja kasir yang bagus sekalipun kalian juga harus bisa memperhatikan dan merawat meja kasir yang kalian miliki.

Tujuan merawat meja kasir adalah untuk semakin menunjukkan bahwa minimarket Anda tidak hanya memperdulikan penjualan dan uang masuk saja, namun juga kebersihan dan kualitas dari minimarket sendiri. Hal ini juga dapat memberikan kesan yang baik kepada pelanggan.

Bukan hal gampang memang untuk merawat sebuah meja kasir. Tapi wajib bagi sebuah minimarket untuk memperhatikan hal ini. Alasan diatas sudah memnunjukkan bahwa menjaga kebersihan meja kasir sama halnya dengan menjaga kemajuan dan keberhasilan minimarket. Pembersihan ini harusnya di lakukan secara berkala, simak beberapa tips di bawah ini agar meja kasir kalian tetap bersih berkilau!

Bersihkan Menggunakan Kemoceng

Meja kasir pada umumnya tidak menggunakan kayu melainkan stainless steel yang ramah akan debu. Banyaknya pelanggan yang datang membuat kita sering lalai mengelap atau sekedar membersihkan permukaan. Cara termudah untuk membersihkan meja kasir saat minimarket sedang banyak pelanggan adalah kemoceng.

Bersihkan bagian permukaan meja yang tampak dan sering terlihat oleh pelanggan menggunakan kemoceng. Hanya membutuhkan waktu 1 sampai 2 menit meja kasir minimarket bersih akan debu. Lakukan pembersihan mendalam dengan lap atau micro-fiber cloth saat jam operasional minimarket tutup.

Baca Juga: 7 Strategi Cerdas Mengembangkan Bisnis Minimarket

Poles Meja Kasir Dengan Pengkilap Steel & Logam

Meja kasir tidak akan terlihat seperti baru jika hanya di bersihkan dengan kemoceng, karena salah satu bahan pembuat meja kasir adalah logam dan jika terpapar suhu ruangan terlalu lama akan berkarat dan kusam.

Mungkin saja saking banyaknya pengunjung mereka tidak sengaja meninggalkan kotoran yang bisa menempel di meja kasir. Untuk membersihkannya di butuhkan logam pemoles yang efektif.

Lap Meja Kasir Dengan Kain Kering atau Micro-fiber Cloth

Tip terakhir ini mungkin terlihat sangat simple. Ketika selesai melayani pelanggan, bertransaksi, mereka pasti meletakkan belanjaannya di meja kasir. Ketika suasana minimarket cukup longgar, pastikan karyawan yang bertugas saat itu mengelap meja kasir dengan kain kering yang bersih.

Atau bisa menggunakan micro-fiber cloth yang bahannya cukup rapat sehingga dapat mengangkat tidak hanya debu tapi kotoran-kotoran dari barang-barang para pembeli minimarket.

Kesimpulan

Usaha minimarket merupakan salah satu usaha yang paling sering orang kunjungi karena menjual berbagai kebutuhan sehari-hari. Setiap hari pasti selalu ada orang berkunjung di minimarket dan melakukan transaksi di meja kasir.

Selain untuk transaksi dan menaruh produk yang sedang promo, meja kasir juga harus dijaga kebersihannya. Karena itu akan memberikan rasa nyaman untuk pelanggan.

Selain itu, Anda bisa menggunakan software minimarket untuk bertransaksi di meja kasir minimarket. Software minimarket ini sangat membantu Anda dalam melakukan transaksi penjualan yang dilakukan kasir setiap harinya.

Software minimarket Beepos memberikan segala manfaat untuk usaha minimarket karena memiliki beragam fungsi dan fitur yang membantu. Selain menjadi jawaban dari masalah yang diharapi pengusaha minimarket, software minimarket juga memberikan manfaat lain sehingga usaha minimarket dapat mudah berkembang.

Beepos Desktop adalah software kasir minimarket untuk toko ritel (minimarket), bikin customer gak merasa tertipu, harga di label rak vs di nota dijamin cocok. POS dan Back-office terintegrasi dengan 1 database. Minimalisir perbedaan harga di label rak dan kasir dengan sistem kasir yang terintegrasi langsung dengan back-office. 1x ganti harga di back-office maka sistem POS otomatis mengikuti, single master data dan transaksi, POS kasir terintegrasi dengan akuntansi, aman karena semua by sistem

Coba gratis Beepos Desktop sekarang! Info lebih lanjut klik gambar di bawah ini!

Beepos Desktop Minimarket web

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu