Logo Bee Web

Tips Akuntansi untuk Anda Pengusaha Bisnis Minimarket

Mengelola bisnis minimaret memang terbilang tricky, ada banyak hal yang dilakukan, kunci suksesnya bisa ikuti tips akuntansi minimarket ini
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Thursday, 22 August 2019

Tips Akuntansi Minimarket - Dalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara tepat. Dengan adanya akuntansi, Anda sebagai pemilik bisnis minimarket bisa melacak semua pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Pada akhirnya, data yang Anda peroleh dari kegiatan jual-beli sehari-hari bisa digunakan untuk perencanaan keuangan di masa depan.

Jika Anda belum mempunyai dasar ilmu akuntansi, Anda bisa mempelajarinya di bawah ini. Kenali beberapa istilah umum dalam akuntansi, lalu terapkan ilmunya. Gunakan berbagai tips di bawah ini untuk membawa bisnis minimarket Anda menuju kesuksesan.

Baca Juga: Bagaimana Memulai Membangun Usaha Digital Printing?

1. Catat Semua Perubahan dalam Inventaris

Tips Akuntansi Minimarket

Mencatat Semua Perubahan Akuntansi (Sumber: Freepik.com)

Dalam menjalankan bisnis, terlebih jual-beli seperti minimarket, tentunya dibutuhkan sistem akuntansi untuk mencatat semua transaksi yang terjadi secara tepat. Dengan adanya akuntansi, Anda sebagai pemilik bisnis minimarket bisa melacak semua pendapatan dan pengeluaran yang terjadi. Pada akhirnya, data yang Anda peroleh dari kegiatan jual-beli sehari-hari bisa digunakan untuk perencanaan keuangan di masa depan.

Jika Anda belum mempunyai dasar ilmu akuntansi, Anda bisa mempelajarinya di bawah ini. Kenali beberapa istilah umum dalam akuntansi, lalu terapkan ilmunya. Gunakan berbagai tips di bawah ini untuk membawa bisnis minimarket Anda menuju kesuksesan.

2. Catat Pendapatan dari Semua Sumber dengan Rinci

Catatlah semua pendapatan yang masuk secara tepat, lalu bandingkan dengan dana yang tersedia dalam rekening bank untuk memastikan jumlahnya sudah sesuai. Keuntungan dari penjualan berbagai barang memang merupakan sumber penghasilan dari minimarket, namun mungkin saja ada sumber pendapatan lain seperti biaya pasca-penjualan, garansi (jika ada), bahkan komisi dari hasil penjualan barang konsinyasi.

Jika Anda memiliki sistem pencatatan penjualan online, pastikan juga jumlahnya sesuai sehingga tidak terjadi kesalahan yang berlanjut. Kuncinya, catat semua penjualan sedini mungkin untuk mengurangi risiko kerugian.

3. Pastikan Jumlah Pengeluaran Tercatat dengan Benar

Selain pendapatan, pengeluaran yang terjadi juga harus dicatat secara rinci serta dicocokkan dengan dana dalam rekening Anda. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa pencatatan pengeluaran dilakukan dengan tepat adalah:

  • Usahakan semuanya dilakukan secara otomatis atau secepat mungkin
  • Jangan lupa memperhitungkan biaya sewa dan operasional
  • Catat segala hal serinci mungkin: Harga barang yang terjual, gaji karyawan, pajak, serta pembelian dari supplier barang
  • Catat pengeluaran yang hanya satu kali dilakukan, misalnya biaya rak pajangan dan furniture lainnya.

4. Perhitungan Hutang dan Piutang

Hal yang tidak boleh dilupakan dalam sistem akuntansi mana pun adalah keberadaan utang dan piutang. Manfaatkan sistem akuntansi untuk membantu Anda mengingat jatuh tempo pembayaran pinjaman, nota, serta pembelian kredit.

Piutang pun juga harus dicatat dengan tepat, contohnya konsumen yang belum melunasi pembayaran walaupun sangat kecil kemungkinan hal ini terjadi dalam bisnis minimarket. Mengatur utang dan piutang bisa menjamin bisnis Anda akan berjalan dengan lancar serta mendapatkan keuntungan maksimal

5. Antisipasi Pengeluaran Besar

Pembaruan perangkat komputer, penggantian peralatan, dan tanggal jatuh tempo pajak sebaiknya tidak lagi menjadi suatu hal yang mengejutkan. Dalam menjalankan bisnis minimarket, Anda pasti akan menghadapi pengeluaran yang besar pada waktu tertentu. Persiapkan dana cadangan yang cukup agar Anda tidak kewalahan menghadapinya.

6. Buat Rencana Keuangan

Dari jalannya keuangan dalam bisnis minimarket selama ini, Anda bisa melakukan perubahan kecil maupun besar untuk membuat bisnis ini semakin menguntungkan. Untuk hasil yang maksimal, gunakan software akuntansi untuk membantu membuat prediksi yang akurat.

Menerapkan suatu sistem akuntansi dalam bisnis minimarket Anda akan sangat membantu dalam mengembangkan bisnis serta menghindari masalah keuangan. Ditunjang dengan sistem akuntansi online yang semakin mutakhir, menjalankan bisnis minimarket akan semakin menguntungkan dan mudah dijalankan.

Aplikasi Kasir Minimarket Untuk Customer Yang Nuntut Serba Instan Dan Cepat

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki akuntansi dalam usaha minimarket Anda.

Semoga Bermanfaat

Artikel Terkait

Balance Adalah Keseimbangan, Apa Kaitannya dengan Akuntansi?
Balance dalam akuntansi adalah hal menunjukkan keseimbangan yang diperlukan antara pendapatan dan pengeluaran, antara aktiva dan pasiva, dan antara jumlah
Baca Juga
Paham Baca Income Statement Adalah Kunci Sukses Berbisnis
Siapa yang tidak ingin memiliki pandangan jelas tentang kondisi finansial suatu perusahaan? Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana perusahaan mengukur kesehatan keuangannya?
Baca Juga
Contoh Laporan Arus Kas, Komponen dan Cara Buatnya
Bagi sebuah bisnis cash flow statement atau arus kas digunakan untuk menyampaikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas dari sebuah
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa
Karakteristik perusahaan jasa adalah menjual jasa kepada pelanggannya. Perusahaan jasa memperoleh laba berasal dari pendapatan jasa yang diterima dikurangi dengan
Baca Juga
Apa itu Retail dan Sejarah Perkembangan Industri Retail di Indonesia
Salah satu bentuk usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini adalah usaha retail. Ada dua bentuk usaha retail yang
Baca Juga
Enumerator Adalah: Apa Tugas dan Tanggung Jawabnya?
Enumerator adalah sosok yang memiliki peran vital dalam mengumpulkan data yang akurat dan relevan. Dalam artikel ini, kami akan membahas
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu