Template laporan keuangan sederhana sangat dibutuhkan pengusaha yang baru memulai atau yang sudah berjalan lama. Karena memang ada beberapa pengusaha yang sudah atau belum memahami mengenai pentingnya laporan keuangan.
Laporan keuangan punya peran penting dalam bisnis manapun sehingga banyak orang memilih untuk mencari template laporan keuangan sederhana untuk digunakan pada bisnis yang mereka jalankan.
Berikut ini akan dibahas mengenai laporan keuangan secara detail mulai dari pengertian, siapa saja yang membutuhkan, komponen laporan keuangan, hingga template yang bisa Anda gunakan.
Definisi 'resmi' dari badan pengatur standar akuntansi menyatakan bahwa, laporan keuangan adalah presentasi terstruktur dari posisi keuangan dan kinerja keuangan suatu entitas atau perusahaan.
Tujuan persiapan laporan keuangan ini adalah untuk memberikan informasi tentang:
Informasi ini berguna bagi sebagian besar pengguna laporan dalam membuat keputusan ekonomi.
Laporan keuangan adalah hasil dari akuntabilitas manajemen untuk penggunaan sumber daya yang dipercayakan kepada mereka.
Ungkapan "rumput tetangga lebih hijau" tampaknya digunakan untuk menjelaskan tujuan kompilasi laporan keuangan. Ini berarti bahwa laporan keuangan disiapkan sehingga dapat dibandingkan dengan perusahaan lain atau bidang bisnis lainnya.
Baca Juga: 5 Laporan Keuangan Pengusaha Wajib Punya
Secara umum, pembuatan laporan keuangan ini terdiri dari 3 kegiatan utama, yaitu mengumpulkan, merekam, dan memproses. Jadi apa pun bukti transaksi yang telah dilakukan oleh perusahaan perlu disimpan dan direkam secara kronologis.
Jika Anda ingin mempelajari laporan keuangan maka Anda harus mengetahui tiga hal dalam laporan keuangan: laporan arus kas, laba rugi, dan neraca.
Laporan arus kas melaporkan penerimaan uang tunai entitas dan pencairan selama periode tertentu dari mana uang tunai datang dan bagaimana pengeluarannya. Arus kas menjelaskan penyebab perubahan nilai sisa uang tunai. Informasi ini tidak dapat dipelajari dengan sendirinya dari laporan keuangan lainnya.
Tujuan Arus Kas:
Tiga jenis kegiatan dalam arus kas, yaitu:
Setelah membuat catatan arus kas, langkah selanjutnya adalah membuat laporan laba rugi keuangan.
Laporan ini berisi catatan mengenai pendapatan yang telah diperoleh oleh perusahaan kemudian dikurangi oleh biaya yang dikeluarkan sehingga dengan ini dapat dilihat apakah bisnis Anda rugi atau tidak.
Harap dicatat bahwa untuk membuat laporan laba rugi, perusahaan harus mengeluarkan aset, modal, dan faktor utang. Masukkan elemen depresiasi dalam laporan laba rugi.
Jika Anda ingin menghitung pendapatan, caranya sangat mudah, yaitu dengan menggunakan rumus berikut.
Harga Biaya = Saldo Inventaris Awal + Pembelian - Inventaris Akhir
Laba Kotor = Penjualan - Biaya Pembelian
Laba bersih = laba kotor - biaya
Neraca penting dibuat setidaknya setahun sekali untuk mengetahui nilai perusahaan dari tahun ke tahun. Pada awal bisnis, neraca biasanya hanya terdiri dari modal awal, utang dan aset yang diperoleh dari hasil pembelian perusahaan.
Aset termasuk aset sementara modal dan utang memasuki pasifa. Tidak selalu aset perusahaan mengalami peningkatan tetapi juga dapat mengalami penyusutan atau dikurangi sebagai akibat dari laba rugi.
Manfaat yang akan diperoleh oleh perusahaan saat menyiapkan neraca adalah sebagai berikut:
Berikut ini adalah contoh format umum dalam laporan keuangan neraca Excel:
Baca Juga: Cara Gampang Menghitung Neraca untuk Laporan Keuangan
Memanfaatkan Excel untuk laporan keuangan tentu dapat menjadi solusi bagi Anda pemilik bisnis yang membuat laporan keuangan dari setiap periode.
Tidak hanya itu, ada beberapa manfaat lain menggunakan MS Excel, yaitu:
Ini akan lebih mudah karena semua data yang telah disiapkan akan secara otomatis dihitung dengan benar. Sementara rumus yang digunakan benar dan setiap info transaksi dimasukkan dengan benar, dan risiko jumlah yang salah akan lebih kecil.
Dengan fitur Insert Comment Anda tidak perlu melakukan perubahan data secara manual. Hanya dengan MS Excel tanpa harus repot mencari data yang salah.
Tentunya topik ramah lingkungan akan menjadi keuntungan bagi pemilik bisnis yang memutuskan untuk menggunakan Ms. Excel dalam menyiapkan laporan keuangan.
Karena dengan menggunakan Ms. Excel, Anda meminimalkan penggunaan kertas dan pengeluaran limbah kertas.
Ada banyak keuntungan menggunakan Excel dalam membuat laporan keuangan. Tentu saja untuk pemilik bisnis, membuat laporan keuangan Anda sendiri dengan Excel akan memberikan manfaat juga.
Tanpa laporan keuangan, perusahaan tidak dapat mengukur kinerja hingga perkembangan perusahaan selama periode yang diketahui. Sayangnya hal ini tidak disadari oleh beberapa perusahaan yang baru berkembang.
Dengan adanya template laporan keuangan sederhana diharapkan Anda dengan mudah mencontoh dan membuat laporan keuangan untuk usaha Anda. Jika Anda ingin membuat laporan keuangan secara otomatis dan cepat, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.
Membuat laporan keuangan bulanan dengan menggunakan excel memang suatu keharusan bagi setiap instansi, perusahaan, dinas, maupun lembaga organisasi lainnya dengan tujuan untuk menganalisa pengelolaan keuangan di instansi tersebut. Prosesnya yang ribet dan memakan waktu kini sudah ada solusinya. Cobalah gunakan software akuntasi Beecloud untuk merasakan kemudahan dalam mengelola laporan keuangan perusahaan Anda.
Beecloud, Software Akuntansi Online yang Bisa Mengontrol 48 Cabang dari 1 Tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis