Telemarketer yaitu orang yang melakukan pemasaran via telepon dan salah satu tugas telemarketing adalah menawarkan produk atau layanan. Umumnya teknik pemasaran ini dipakai hampir diseluruh industri.
Mulai dari perbankan, telekomunikasi, serta perusahaan jasa lainnya. Ada banyak ahli pemasaran yang beranggapan bila cara yang dilakukan telemarketer lebih bisa dterima karena sifatnya yang berbicara secara langsung kepada calon konsumen.
Jenis teknik pemasaran ini dipercaya menjadi salah satu ujung tombak dari pemasaran produk atau layanan perusahaan. Penjelasan lengkap mengenai teknik pemasaran ini secara umum ada di bawah ini.
Ada 2 kemampuan utama yang diperlukan dalam melakukan teknik pemasaran ini. Pertama yaitu kemampuan marketing. Anda wajib mengenal siapa saja target pasar. Mulai dari usia, jenis kelamin, hingga demografinya.
Dengan melakukan pemahaman ini, Anda jadi dapat memahami bagaimana melakukan pendekatan yang baik kepada mereka saat menelpon. Kemampuan kedua yang diperlukan, yaitu komunikasi yang bagus.
Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan proses komunikasi. diantaranya adalah pertama, bisa berbicara dengan intonasi yang tepat serta cepat. Hal ini supaya konsumen tidak merasa membuang waktunya.
Tidak hanya itu, intonasi dalam penyampaian juga wajib diperhatikan. Hindari menggunakan intonasi yang kurang bersemangat serta terkesan kaku. Anda bisa mencoba menyampaikan penjelasan dengan memakai intonasi yang santai tetapi tetap formal.
Kedua, bisa membangun pembicaraan yang menyenangkan dengan konsumen. Proses di dalam telemarketing adalah tidak bisa secara langsung bertemu dengan konsumen. Oleh karenanya, sikap ketika melakukan proses panggilan telepon menjadi sangat penting. Ketiga, kemampuan memanajemen waktu yang bagus.
Tidak hanya melakukan panggilan, telemarketer juga harus memeriksa email, mencatat data pelanggan, hingga mengetahui kapan waktu terbaik dalam menghubungi konsumen. Untuk bisa menyelesaikan semuanya, Anda dituntut memiliki manajemen waktu yang bagus.
Kelebihan yang dimiliki dalam melakukan teknik pemasaran ini yaitu lebih hemat biaya daripada penjualan langsung serta meningkatkan tingkat efiesienitas. Ini dikarenakan bisa menjangkau lebih banyak konsumen hanya dengan melalui telepon.
Kelebihan lain dari telemarketing adalah menyediakan tempat dimana produsen bisa mudah melakukan interaksi dengan calon konsumennya. Diantaranya seperti menjawab beberapa pertanyaan atau mendengar tentang keprihatinan konsumen terhadap produk atau layanan.
Selain kelebihan diatas, perusahaan Anda bisa lebih hemat biaya daripada penjualan secara langsung. Alat yang canggih bisa menjadi kelebihan dari teknik pemasaran ini karena bisa meningkatkan hubungan serta menjaga kontak konsumen yang telah ada.
Sedangkan kekurangan dari teknik pemasaran ini yaitu seorang telemarketer tidak mengetahui dengan benar apakah konsumen tersebut sedang memiliki kesibukan atau tidak. Saat konsumen ini sedang sibuk, panggilan Anda bisa berpotensi mengganggu waktu mereka.
Telemarketer sebagian besar memiliki tugas serta tanggung jawab yang berhubungan langsung dengan konsumen. Hal ini mulai dari memberikan penjelasan tentang layanan atau produk, menjawab pertanyaan, serta memberikan feedback yang tepat. Berikut tugas telemarketing.
Didalam melakukan proses teknik pemasaran ini, Anda tidak hanya menelpon saja. Namun, wajib dapat menjelaskan produk atau layanan dengan benar, detail, serta jelas. Hal ini supaya dapat membangun minat calon konsumen terhadapt layanan atau produk Anda.
Saat calon konsumen tertarik dengan penjelasan yang telah Anda lakukan, umumnya mereka akan menanyakan tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa berupa manfaat, kelebihan, serta harga.
Untuk menjalankan tugas telemarketing ini dengan baik, Anda perlu bersikap bijak dalam menjawab masalah harga. Jika harga produk Anda lebih mahal dibanding dengan kompetitor, utarakan kelebihan produk Anda.
Nantinya, harga jual produk Anda dianggap sepadan dengan kualitas yang dimiliki. Pelanggan dengan senang hati akan melakukan pesanan tanpa harus melakukan proses tawar menawar.
Bersikap jujur dengan kondisi dari produk. Anda harus mengatakan apa adanya untuk terhindar dari dugaan penipuan. Jika tidak jujur, Anda dan citra perusahaan dampaknya mengalami reputasi yang buruk.
Sebelum Anda memberikan feedback, pastikan jika Anda sudah menyiapkan beberapa contoh yang spesifik dari peristiwa yang telah diobservasi. Kemudian, berikan penjelasan tentang efek yang dialami dari kejadian tersebut kepada Anda atau orang lain.
Pemberian penjelasan yang spesifik serta tepat membuat konsumen lebih paham dengan jelas sasaran ekspekstasi yang diberikan. Dalam memberikan penjelasan, usahakan juga Anda memakai bahasa yang positif atau yang bersifat mendorong.
Jenis teknik pemasaran ini memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Anda bisa memabantu meningkatkan brand awareness hingga meningkatkan kualitas relasi dengan konsumen.
Tanpa disadari oleh beberapa orang, teknik pemasaran ini monolong brand menjadi lebih dikenal luas. Bahkan di dalam beberapa contoh pendekatan yang dilakukan oleh telemarketer bisa meningkatkan nilai dari perusahaan.
Ada banyak macam konsumen, salah satunya ialah lebih suka mendengarkan dibanding dengan membaca. Didalam keadaan ini dapat diatasi dengan memakai jenis teknik pemasaran ini. Anda bisa menjelaskan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan secara rinci.
Tidak bisa dipungkiri jika tidak semua konsumen yang menaruh minat terhadap produk atau layanan perusahaan Anda akan melakukan proses pembelian. Ada beberapa faktor, seperti sisi finansial mereka atau keraguan di dalam diri konsumen terhadap produk yang ditawarkan.
Disinilah peran dari seorang telemarketer. Anda bisa melakukan proses follow up dengan meyakinkan mereka untuk bisa membeli produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Pastikan di dalam proses follow up ini dilakukan dengan bahasa yang sopan dan formal.
Telemarketer bisa membantu melakukan riset pasar serta mengetahui permasalahan yang biasa calon konsumen hadapi. Selain itu, Anda juga melakukan identifikasi terhadap target pasar yang sesuai.
Anda bisa mengubah prospek menjadi seorang pelanggan dengan melakukan beberapa pendekatan seperti identifikasi masalah mereka serta membangun komunikasi yang lancar. Dengan melakukan pendekatan tersebut, penjualan usaha bisa meningkat signifikan.
Anda bisa menawarkan kupon khusus bagi calon pelanggan baru. Selain itu, Anda juga bisa melakukan komunikasi yang intensif serta memberikan beragam solusi untuk mempertahankan pelanggan lama.
Peningkatan kualitas relasi bisa dilakukan dengan melalui pengembangan pada database konsumen. Hal ini membuat perusahaan Anda bisa melakukan seleksi segmen pasar dengan lebih tepat hingga bisa menstimulasi pembeli produk secara berulang.
Peran telemarketing adalah menjadi ujung tombak perusahaan. Didalam tugas telemarketer ada market research yang dilakukan dan perlu adanya pelaporan yang baik untuk itu. Telemarketer berusaha keras untuk bisa menjalin keakraban dengan calon konsumen. Ini dikarenakan tugas dari telemarketing adalah memastikan konsumen bisa membeli produk sehingga penjualan meningkat.
Jika pemasarannya bagus, besar kemungkinan perusahaan meraih laba besar. Produk atau jasa yang diproduksinya akan masuk ke dalam jajaran top brand. Untuk itu Anda membutuhkan software penjualan yang bisa menyajikan laporan stok sekaligus.
Dan Beecloud merupakan salah satu software akuntansi online yang sangat lengkap plus harganya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda. Coba gratis klik gambar di atas