Diskon 12% + Bonus Private Business Coaching senilai Rp. 15 juta🎉
Logo Bee Web

Tantiem Adalah: Pengertian, Regulasi dan Contoh Perhitungannya

Tantiem adalah bonus atau penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atau manajemen, berikut regulasi dan cara menghitungnya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Monday, 29 July 2024

Tantiem adalah imbalan hasil kerja, istilah ini berkaitan erat dengan remunerasi bagi karyawan atau pengurus perusahaan. Selain itu, tantiem juga berkaitan erat dengan pajak tidak langsung.

Dalam prakteknya, tantiem diatur dalam undang-undang dan memiliki dampak yang cukup luas bagi konsumen maupun pemerintah. Agar terhindar dari kesalahan, mari kita bahas selengkapnya pada artikel berikut ini!

Pengertian Tantiem Adalah ...

Pengertian Tantiem Adalah

Pengertian tantiem adalah bentuk imbalan kerja yang diberikan karena alasan tertentu (Credit: Freepik.com)

Menurut Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor: Per-02/MBU/2009 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, an Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

"Tantiem adalah penghasilan yang merupakan penghargaan yang diberikan kepada anggota direksi, dan komisaris, dewan pengawas BUMN setiap tahun apabila perusahaan memperoleh laba, atau diberikan kepada Direksi atau Dewan Komisaris Perseroan apabila terjadi peningkatan kinerja persero walaupun masih mengalami kerugian,"

Sedangkan secara umum, tantiem adalah bonus atau penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atau pengurus, seperti direksi dan komisaris, atas kinerja dan kontribusi mereka dalam mencapai laba perusahaan.

Pemberian tantiem umumnya didasarkan pada persentase tertentu dari laba bersih perusahaan setelah dipotong pajak. Ini berlaku untuk perusahaan terbatas, baik perseroan terbuka maupun perseroan tertutup.

Artinya pemberian tantiem ini bisa diberikan oleh perusahaan swasta maupun perusahaan dalam negeri, seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT).

Manfaat Tantiem

Berikut manfaat pemberian tantiem dari segi karyawan dan perusahaan:

#Bagi Karyawan

  • Prospek mendapatkan bonus yang menarik dapat meningkatkan semangat dan dedikasi karyawan.
  • Meningkatkan rasa dihargai dan dapat meningkatkan kepuasan kerja dan loyalitas karyawan.
  • Menjadi faktor penentu bagi karyawan untuk bertahan di perusahaan.
  • Meningkatkan keadilan dan kesetaraan karyawan.
  • Memberikan penghasilan tambahan bagi karyawan, yang dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka dan keluarga mereka.

#Bagi Perusahaan

  • Dengan meningkatnya motivasi kerja perusahaan maka kinerja perusahaan juga akan meningkat.
  • Dapat menjadi daya tarik bagi talenta terbaik untuk bergabung dengan perusahaan, dan faktor penentu untuk mempertahankan karyawan berprestasi.
  • Kebijakan tantiem yang adil dan transparan dapat meningkatkan reputasi perusahaan sebagai tempat kerja yang baik dan menarik bagi karyawan.
  • Dapat menghemat biaya dan meningkatkan keuntungan perusahaan.
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan dan keuntungan perusahaan.

Peraturan Terkait Tantiem

Regulasi terkait tantiem di Indonesia diatur dalam:

  • Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, pasal 96.
  • Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (UU PT)
  • Peraturan Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia Nomor: Per-04/MBU/11/2020 tentang Perubahan Kelima atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor Per-04/Mbu/2014 tentang Pedoman Penetapan Penghasilan Direksi, Dewan Komisaris, dan Dewan Pengawas Badan Usaha Milik Negara.

Cara Menghitung Biaya Tantiem dan Contohnya

Biaya tantiem adalah

Pemberian tantiem biasanya diberikan berdasarkan 3 hal yakni, persentase laba bersih, target yang dicapai dan kontribusi (Credit: Freepik.com)

Pada dasarnya perhitungan tantiem setiap perusahaan berbeda, tergantung dari kebijakan perusahaan masing-masing sebab tidak ada standarisasi besaran tantiem yang diberikan.

Namun, ada beberapa metode perhitungan tantiem yang umum digunakan, berikut diantaranya:

1. Berdasarkan Persentase Laba Bersih

Metode perhitungan tantiem pertama adalah berdasarkan persentase laba bersih, metode ini paling umum digunakan dan menghitung tantiem.

Dalam cara ini, manajemen atau pemegang saham menentukan persentase tertentu dari laba bersih setelah pajak yang akan dibagikan sebagai tantiem kepada karyawan atau manajemen.

Contohnya:

Perusahaan A BEE CEE, mendapatkan laba bersih perusahaan setelah pajak sebesar Rp1.000.000.0000, dengan persentase tantiem yang ditentukan adalah 10%, maka jumlah tantiem yang akan dibagikan kepada karyawan/ manajemen adalah ..

Tantiem = Laba Bersih x Persentase
        = Rp.1.000.000.000 x 10%
        = Rp100.000.000

Maka, jumlah tantiem yang akan diberikan kepada karyawan/manajemen adalah sebesar Rp100.000.000.

2. Berdasarkan Target

Berikutnya berdasarkan pencapaian target yang telah ditetapkan perusahaan. Target ini dapat berupa target penjualan, produksi, atau indikator kinerja lainnya.

Contohnya:

Target penjualan yang harus dilampaui si A sebesar Rp5.000.000.000 dan selama satu bulan si A berhasil mencapai target tersebut, dan tantiem yang ditetapkan sebesar 2% dari penjualan, maka besaran tantiem yang diberikan adalah ...

Tantiem = Jumlah Target x Tantiem (%)
        = 5.000.000.000 x 5%
        = Rp250.000.000

Maka, jumlah besaran yang diberikan kepada si A dari target yang telah dicapai adalah sebesar Rp250.000.000.

3. Berdasarkan Kontribusi Perseorangan

Terakhir adalah berdasarkan kontribusi perseorangan, hal ini dilakukan untuk menghargai upaya dan kontribusi spesifik setiap karyawan terhadap pencapaian target perusahaan.

Biasanya, kontribusi ini dinilai melalui evaluasi kinerja, proyek yang berhasil diselesaikan, atau pencapaian target individu.

Contohnya:

Perusahaan BCD, memiliki total tantiem yang akan diberikan sebesar Rp10.000.000.000 yang akan dibagikan kepada 3 karyawan berdasarkan kontribusinya, maka:

  • Karyawan A, 20%: 20% x 10.000.000.000 = Rp2.000.000.000
  • Karyawan B, 35%: 35% dari 10.000.000.000 = Rp3.500.000.000
  • Karyawan C, 45%: 45% x 10.000.000.000 = Rp4.500.000.000

Hal yang Perlu Diperhatikan Tantiem Kepada Karyawan

Berdasarkan dari metode dan cara perhitungan metode perhitungan tantiem di atas, ada beberapa komponen dan hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memberikan tantiem kepada karyawan.

  • Punya Catatan Penjualan/Pembelian dan Laporan Laba Rugi: Data keuangan yang akurat dan terperinci diperlukan untuk menghitung laba bersih dan tantiem berdasarkan metode yang tepat.
  • Menetapkan Tujuan dan Target yang Jelas: Target yang terukur dan realistis akan memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras dan mencapai target yang telah ditetapkan.
  • Mempertimbangkan Kebijakan Perusahaan: Kebijakan tantiem yang jelas, transparan, dan adil harus dipatuhi.
  • Meninjau dan Memperbarui Kebijakan Secara Berkala: Kebijakan tantiem harus ditinjau dan diperbarui secara berkala untuk memastikan relevansi dan kesesuaiannya dengan kondisi perusahaan.

Catat & Bukukan Transaksi Bisnis Anda dengan Beecloud Sekarang Juga

Beecloud Untuk Mencatat Biaya Operasional, Gaji Dan Beban

Punya catatan transaksi dan laporan laba rugi menjadi hal pertama yang perlu diperhatikan dalam proses pemberian tantiem, sebab dua hal ini menjadi dasar perhitungan besaran tantiem yang akan diterima oleh karyawan.

Catatan transaksi yang akurat dan terperinci akan membantu perusahaan dalam menghitung pendapatan dan pengeluaran dengan benar, sehingga menghasilkan laporan laba rugi yang akurat pula.

Tanpa catatan transaksi dan laporan laba rugi yang akurat, proses perhitungan tantiem menjadi tidak valid dan tidak adil. Hal ini dapat menimbulkan masalah dan kekecewaan di antara karyawan, bahkan kerugian.

Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk menggunakan sistem akuntansi yang handal untuk mencatat dan membukukan semua transaksi bisnis dengan benar, seperti aplikasi pembukuan keuangan Beecloud. Klik di atas dan dapatkan uji coba gratis sekarang juga!

Artikel Terkait

BOP (Biaya Overhead Pabrik): Arti, Fungsi dan Caranya, Lengkap
BOP adalah singkatan dari biaya overhead pabrik, jenis biaya yang tidak bisa dikaitkan dengan biaya produksi sebuah produk atau jasa.
Baca Juga
Perhitungan Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Perusahaan
Dаlаm menjalankan usaha аtаu bіѕnіѕ, diperlukan perhitungan laba rugi dalam laporan keuangan perusahaan untuk mеngеlоlа uѕаhа. Inі tеrmаѕuk kеgіаtаn perusahaan
Baca Juga
Kompensasi: Jenis, Bentuk & Tujuannya dalam Bisnis
Bagi para pelaku bisnis asti tidak asing lagi dengan istilah imbalan bahkan ganti rugi yang kerap disebut dengan kompensasi,  arti
Baca Juga
Cara Membuat Nota Kosong Manual dan Jenis-Jenisnya
Nota kosong bukanlah hal yang asing kita dengar bahkan mungkin beberapa orang dari kita sudah sangat familiar dengan benda ini.
Baca Juga
Apa itu Biaya Marginal? Ini Penjelasan Lengkapnya
Dalam istilah ekonomi, biaya marginal (mariginal cost) berhubungan dengan biaya produksi. Kalau Anda belum tahu biaya produksi itu apa, biaya
Baca Juga
Biaya Operasional: Pengertian, Jenis dan Tips Mengelola
Biaya operasional adalah salah satu aspek penting dalam menjalankan bisnis. Biaya operasional adalah biaya yang dikeluarkan untuk menjalankan operasional bisnis,
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Lingkungan Bisnis: Pengertian, Ciri, Faktor & Contohnya
Apa itu lingkungan bisnis? Lingkungan bisnis adalah seluruh faktor yang mempengaruhi operasi dan keberhasilan usaha, baik faktor internal maupun eksternal.
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu