Banyak pelaku UMKM mengharapkan bantuan UMKM dari pemerintah, khususnya setelah pandemi menghantam perekonomian Indonesia dan membuat banyak usaha mengalami kerugian. Perusahaan bisa jadi tetap bertahan di tengah pandemi, tapi usaha kecil harus bersusah payah untuk bangkit. Bagaimana syarat dan cara mendapatkan bantuan UMKM?
Daya beli masyarakat Indonesia yang terjun bebas serta kebijakan yang membatasi pelaksanaan kegiatan usaha justru membuat kondisi UMKM semakin parah. Untungnya, pemerintah menyediakan program khusus untuk membantu para pelaku usaha bertahan dan meraih keuntungannya kembali.
Jika Anda termasuk salah seorang pelaku usaha, pastikan untuk mencari tahu persyaratan dan cara mendaftar bantuan UMKM. Beberapa prosedur harus dilewati agar bisa memperoleh bantuan dari pemerintah. Apa saja syarat untuk memperoleh bantuan tersebut?
Setiap program yang disediakan oleh pemerintah Indonesia mengharuskan para pesertanya untuk memenuhi beberapa persyaratan tertentu. Sama halnya dengan pendaftaran bantuan khusus untuk pelaku usaha, setiap pelaku usaha wajib memenuhi persyaratan di bawah ini.
Pelaku UMKM harus merupakan seorang WNI (Warga Negara Indonesia) dan bisa membuktikannya dengan menunjukkan e-KTP saat melakukan pendaftaran bantuan untuk pelaku usaha.
Setiap orang yang akan daftar bantuan UMKM online harus mempunyai usaha, baik berskala menengah, kecil, maupun mikro. Pelaku usaha wajib melampirkan surat BPUM yang bisa diperoleh melalui kantor kelurahan maupun kantor desa.
Pelaku usaha yang akan mengajukan permohonan bantuan tidak boleh merupakan anggota Aparatur Sipil Negara, anggota Polri atau TNI, maupun anggota BUMD atau BUMN.
Pelaku usaha yang mendaftarkan diri sebagai penerima bantuan tidak boleh merupakan penerima bantuan apapun dari koperasi maupun bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR).
Ada dua metode pendaftaran bantuan yang bisa ditempuh oleh setiap pelaku usaha, yaitu secara online dan secara offline. Cara yang lebih praktis adalah secara online tapi tidak semua pelaku usaha memahaminya. Pendaftaran offline bisa dilakukan melalui Dinas Koperasi di kota masing-masing.
Baca juga: Cara Daftar UMKM Online 2023 Gratis Lengkap Serta Syaratnya
Metode pendaftaran yang pertama adalah secara online, melalui situs web resmi Kementerian Investasi di oss.go.id. Pelajari dan ikuti metode pendaftaran lengkapnya di bawah ini.
Proses pendaftaran offline lebih mudah dilakukan. Pelaku usaha perlu menyiapkan dokumen seperti NIB, SKU, KK, dan KTP kemudian membawa semuanya ke Dinas Koperasi terdekat. Serahkan seluruh berkas untuk diperiksa oleh Dinas Koperasi. Selanjutnya hanya tinggal menunggu dan mengecek saja.
mSetelah daftar online bantuan UMKM, pastikan untuk mengecek penerimaan secara berkala. Ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk melakukan pengecekan, yaitu:
Metode pengecekan yang pertama adalah melalui situs web E-form BRI. Untuk melakukan pengecekan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan.
Bagi yang lolos sebagai penerima BPUM, proses pencairan bisa dilakukan di kantor cabang BRI dengan lokasi dan waktu yang sudah ditentukan di situs web tersebut.
Situs web lain yang bisa digunakan untuk memeriksa apakah proses pendaftaran bantuan berhasil dilakukan adalah banpresbpum.id.
Bantuan UMKM akan sangat bermanfaat bagi setiap pelaku usaha di Indonesia. Pastikan untuk memahami proses pendaftaran secara offline maupun online kemudian periksa secara berkala penerimaan bantuan dari pemerintah untuk pelaku usaha melalui situs web resmi.
Adanya UMKM adalah upaya pemerintah dalam mendukung perekonomian masyarakat. Dengan adanya UMKM, akan banyak perorangan yang bisa mengatasi masalah perekonomian. Umumnya tergolong salah satu usaha yang tidak terlalu memakan banyak modal. Terdapat beberapa jenis UMKM yang bisa disesuaikan dengan modal yang dimiliki.
Sebagai pelaku usaha UMKM yang ingin memajukan UMKM, maka dengan memiliki pembukuan UMKM yang baik dan tertata bisa menjadi poin penting. Sebab, dari pembukuan UMKM tersebut dapat mengevaluasi dan meninjau sudah sejauh mana UMKM tersebut akan mendapatkan untung.
Namun, apabila pembukuan UMKM secara sederhana tersebut tidak dapat Anda lakukan karena kekurangan tenaga atau karyawan. Maka, tidak ada salahnya untuk menggunakan software akuntansi online Beecloud untuk membantu pembukuan Anda.
Beecloud, Software Akuntansi Online yang bisa mengontrol 48 cabang dari 1 tempat. Satu-satunya software akuntansi online yang didesain untuk kontrol banyak cabang. Dilengkapi ratusan variasi laporan yang tersaji cepat & akurat. Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang. Memudahkan manajemen mengambil keputusan bisnis.
Coba gratis Beecloud untuk pembukuan UMKM Anda! Kliki gambar di bawah ini untuk info selengkapnya!