Logo Bee Web

Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui

Menentukan target pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan untuk menemukan target konsumen dan pasar yang paling relevan dengan bisnis.
Penulis: Rizal Arisona
Terbit: Monday, 26 August 2019
Diperbarui: Thursday, 6 July 2023
Daftar Isi

Situasi ekonomi pada zaman sekarang menentukan target pasar menjadi hal yang sangat penting. Tak ada bisnis yang bisa menargetkan produknya ke semua orang, dan kesempatan berkompetisi bagi bisnis kecil hanyalah dengan memiliki target pasar yang spesifik.

Memiliki target pasar bukan berarti Anda tidak menganggap orang lain yang tidak sesuai kriteria. Namun, hal ini bisa membuat anggaran untuk pemasaran lebih efektif karena yang Anda targetkan memiliki lebih banyak kesempatan membeli produk atau layanan yang ditawarkan.

Dengan adanya target pasar, menentukan kapan dan di mana pemasaran dilakukan akan semakin mudah. Di bawah ini, Anda bisa menemukan berbagai strategi menentukan target pasar yang wajib Anda ketahui untuk menjalankan sebuah bisnis yang sukses.

6 Langkah Sederhana Menentukan Target Pasar

Pasar Monopolistik

Menentukan target pasar adalah langkah awal sukseskan bisnis Anda (Credit: Freepik.com/ @user7520741)

Berikut beberapa tahapan dan cara dalam menentukan target pasar

1. Mulai dari Memahami Perilaku Konsumen

Siapa saja konsumen Anda, dan apa alasan mereka memilih produk atau layanan Anda? Carilah karakteristik dan ketertarikan yang sama, lalu cari orang lain yang sekiranya memiliki ciri-ciri tersebut karena kemungkinan besar mereka juga bisa mendapatkan manfaat dari produk atau layanan Anda.

Dengan memahami perilaku konsumen Anda akan lebih mudah dalam menentukn langkah selanjtnya, sebab konsumenlah yang menjadi kunci bagaimana hasil dari penerapan strategi yang akan lakukan nantinya. Perhatikan juga bagaimana relevansi produk dengan kebutuhan konsumen.

Baca Juga: Begini Teori Perilaku Konsumen, Pebisnis Wajib Tahu!

2. Melakukan Analisa Kompetitor

Siapa yang menjadi target pasar dari para pesaing dan siapa saja konsumen mereka saat ini? Jika Anda sudah menemukannya, usahakan mencari pasar yang berbeda karena Anda bisa saja menemukan target yang lebih baik.

Pastinya, ini bukan merupakah hal mudah karena tidak mungkin pesaing Anda buka-bukaan tentang strategi pemasaran. Namun, tetap terbuka kemungkinan bagi Anda untuk mencari tahu bagaimana cara mereka memposisikan diri di tengah pesaing lainnya, alasan orang menyukai produk mereka, cara menentukan harga, serta media promosi apa saja yang digunakan.

3. Lakukan Analisa pada Produk atau Layanan Anda

Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah menuliskan fitur dari produk atau layanan, lalu menuliskan keuntungan yang diberikan. Setelah mengetahui manfaat dari setiap produk atau layanan secara rinci, buat daftar orang-orang yang mungkin bisa mendapatkan manfaat darinya.

4. Pilih Kondisi Demografis yang Spesifik

Tak hanya menentukan siapa saja yang membutuhkan produk atau layanan Anda, namun Anda juga harus memprediksi siapa yang paling mungkin tertarik. Beberapa faktor yang bisa Anda pertimbangkan adalah usia, lokasi, jenis kelamin, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan, dan pekerjaan.

5. Pertimbangkan Kondisi Psikografis dari Target Pasar

Kondisi psikografis adalah sifat-sifat yang menyangkut pribadi seseorang, seperti hobi, gaya hidup, dan latar belakang. Tentukan bagaimana produk atau layanan Anda akan sesuai dengan gaya hidup calon konsumen, lalu cari cara paling efektif untuk menarik minat mereka.

6. Lakukan Evaluasi pada Keputusan Anda

Setelah menentukan target pasar yang menurut Anda sesuai, lakukan evaluasi secara mendalam untuk mengetahui apakah keputusan itu sudah tepat. Pastikan ada cukup banyak orang yang memenuhi kriteria, harga yang ditawarkan terjangkau oleh target pasar Anda, serta tidak terlalu sulit untuk menarik target pasar.

Mungkin Anda masih bingung memikirkan cara untuk menemukan semua informasi ini, namun semuanya bisa didapatkan dari internet. Anda juga bisa membaca artikel tentang target pasar Anda di berbagai sumber, misalnya blog dan majalah. Selain itu, bukan tidak mungkin mencari hasil survey tertentu atau melakukan survey sendiri.

Baca Juga: 7+ Cara Menentukan Target Market untuk Bisnis UMKM

Faktor yang Mempengaruhi Target Pasar

Demografi Segmentasi Pasar

Ilustrasi pembagian demografi segmentasi pasar (Credit: Freepik.com)

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi target market. Berikut ini adalah beberapa faktor utama yang dapat memengaruhi target market dan penjelasannya:

1. Demografi

Faktor demografi meliputi karakteristik demografis seperti usia, jenis kelamin, pendapatan, pendidikan, pekerjaan, dan lokasi geografis. Misalnya, jika Anda menjual produk atau layanan yang ditujukan untuk generasi milenial, maka target market Anda akan cenderung berusia antara 18 hingga 34 tahun.

2. Psikografis

Berikutnya faktor psikografis, mencakup aspek-aspek seperti minat, nilai, sikap, gaya hidup, dan kepribadian target market. Ini membantu dalam memahami motivasi, preferensi, dan perilaku konsumen. Misalnya, jika Anda memiliki produk yang ramah lingkungan, target market Anda mungkin terdiri dari individu yang peduli dengan lingkungan dan memiliki gaya hidup yang berkelanjutan.

3. Perilaku Konsumen

Selanjutnya adalah faktor perilaku konsumen, yang melibatkan kebiasaan, preferensi, keputusan pembelian, dan respons terhadap pemasaran. Ini mencakup faktor-faktor seperti kebiasaan belanja, kesetiaan merek, sikap terhadap iklan, dan faktor-faktor pengaruh lainnya.

Misalnya, jika target market Anda cenderung melakukan pembelian berdasarkan rekomendasi teman atau keluarga, Anda dapat menggunakan strategi pemasaran yang melibatkan referensi dan testimoni dari pelanggan yang puas.

4. Media Sosial

Kemajuan teknologi dan popularitas media sosial juga memengaruhi target market. Generasi yang lebih muda cenderung lebih terhubung dengan media sosial, sementara generasi yang lebih tua mungkin lebih cenderung menggunakan saluran tradisional seperti televisi dan surat kabar.

Mengetahui platform media sosial yang paling populer di antara target market Anda dapat membantu Anda mengarahkan upaya pemasaran Anda dengan lebih efektif.

5. Persaingan Pasar

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi target pasar adalah  persaingan pasar, dimana persaingan di pasar juga memengaruhi target market. Anda perlu memahami siapa pesaing Anda, produk atau layanan apa yang mereka tawarkan, dan siapa target market mereka.

Dengan mempelajari persaingan Anda, Anda dapat mengidentifikasi segmen pasar yang belum terpenuhi atau menemukan cara unik untuk menarik perhatian target market Anda.

Penutup

Menentukan target pasar memang merupakan salah satu bagian paling sulit dari membangun dan menjalankan bisnis. Setelah Anda tahu siapa yang menjadi target, akan lebih mudah untuk menentukan media apa yang bisa digunakan untuk menarik minat mereka. Keberadaan target pasar yang lebih spesifik akan membantu menghemat biaya dan usaha pemasaran karena semuanya bisa berlangsung dengan lebih efektif.

Beecloud Business Owner Fokus Scaleup

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu