Dalam dunia bisnis, banyak sekali strategi pemasaran yang digunakan untuk meningkatkan penjualan produk mereka, salah satunya dengan menggunakan jasa SPG. Yang mana pengertian SPG adalah singkatan dari sales promotion girls.
Seperti namanya, pekerja SPG adalah seorang wanita yang ditugaskan untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen. Apa sebenarnya fungsi spg bagi bisnis dan seberapa besar pengaruh mereka? Simak selengkapnya di bawah ini:
SPG adalah singkatan dari sales promotion girl, seorang perempuan dengan kriteria tertentu yang bekerja untuk mempromosikan produk secara langsung dan biasanya ada di lokasi ramai seperti pusat perbelanjaan, pasar sampai lokasi wisata yang berpotensi dikerumuni orang banyak.
Dengan tujuan agar produk yang merek bawa bisa dikenal sekaligus dibeli oleh konsumen. Sehingga mampu meningkatkan jumlah penjualan perusahaan. Oleh sebab itu, seorang SPG harus memiliki sifat percaya diri dan juga memiliki kemampuan public speaking yang mumpuni agar konsumen tertarik untuk membeli.
Menggunakan jasa profesi SPG ini juga menjadi upaya sebuah perusahaan menerapkan strategi marketing personal selling dengan bertatap muka secara langsung dengan calon pembeli, lalu membuat presentasi dan menjawab pertanyaan konsumen secara langsung dan mengadakan transaksi pemesanan.
Cara pemasaran ini masih sering digunakan oleh beberapa brand ternama dalam melakukan pemasaran produk. Seperti mudah dikenal, lebih dekat dengan konsumen juga masih terbilang efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan.
Dari penjelasan singkat di atas mungkin beberapa diantara Anda para pembaca merasa jika Sales Promotion Gir dan Sales adalah hal yang sama. Nyatanya keduanya adalah hal yang berbeda meskipun tugas dan fungsinya adalah mempromosikan produk sekaligus menjualnya.
Hal yang membedakan SPG dan Sales secara umum hanyalah definisi dan karakteristiknya. Jika SPG khusus dikerjakan oleh perempuan maka sales lebih bebas dan tidak ada Batasan jenis kelamin. Selain itu, persyaratan bekerja menjadi SPG juga lebih spesifik dibandingkan dengan sales.
Pahami beberapa jenis SPG berikut ini, sebelum menerapkannya pada bisnis Anda. Dengan harapan mendapatkan hasil yang optimal. Berikut diantaranya:
Jenis pertama adalah SPG Event, dimana pekerja SPG tidak bekerja secara permanen dan hanya dilakukan ketika ada sebuah event tertentu dan orang ini akan bekerja selama acara berlangsung saja.
Sales Promotion Girl jenis ini cocok untuk pebisnis yang sedang menghadiri sebuah pameran atau sebagai sponsor dari event tertentu untuk memanfaatkan jasa mereka untuk melakukan promosi dan penjualan.
Berikutnya adalah SPG Reguler, dimana pekerja SPG ini merupakan seorang pekerja tetap yang dikontak oleh sebuah perusahaan. Mereka harus benar-benar paham mengenai produk secara mendetail agar memudahkan proses promosi dan penjualan mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.
Untuk melihat perbedaan lebih lengkap, bisa baca artikel SPG Event dan SPG Reguler, Kenali Perbedaannya dari Highlight.id
Berikut beberapa fungsi dan tugas dari SPG bagi perusahaan/ bisnis :
Tugas pertama seorang SPG adalah untuk mempromosikan produk, promosi yang dilakukan SPg bersifat persuasif, artinya harus dilakukan langsung di panagan sesuai dengan target siapa konsumennya.
Sehingga skill komunikasi sangat penting dikuasai oleh seorang SPG. Selain menggunakan komunikasi langsung SOG juga biasanya bertugas untuk membagikan brosur, memberikan tester produk dan sejenisnya.
Dengan menggunakan jasa SPG pebisnis bisa menggunakan beragam media promosi sekaligus. Sehingga, produk yang dipasarkan mudah diingat dan dikenal calon konsumen.
Baca Juga: 9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Seperti yang sudah disinggung di atas, jika SPG bertugas untuk mempromosikan produk secara langsung kepada konsumen dan wujud dari promosi SPG ini adalah dengan memperkenalkan produk dengan mendeskripsikannya secara jelas dan detail.
Agar calon konsumen mengetahui apa sebenarnya produk yang Anda jual dan bisa tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan tadi.
Selanjutnya adalah melakukan penjualan, setelah mereka melakukan promosi maka tujuan akhirnya adalah penjualan. Selain sales SPG juga bisa menjadi alternatif cara untuk meningkatkan penjualan bagi pebisnis.
Jika ada penjualan yang terjadi di SPG, mereka wajib mencatat penjualan tersebut. Dari catatan penjualan inilah nantinya pebisnis akan tahu bagaimana performa seorang SPG dilihat dari seberapa banyak produk yang berhasil terjual.
Selain itu, catatan ini juga berfungsi sebagai kontroling dan informasi keuangan penting bagi perusahaan yang nantinya akan dianalisis dalam laporan keuangan pada setiap akhir periode akuntansi.
Berikutnya adalah merchandising yang mana SPG bertanggung jawab untuk menata display produk agar selalu terlihat rapi dan menarik dimata konsumen dan menjadikan mereka nyaman jika ingin memulai transaksi dan sejenisnya.
Sangking pentingnya merchandising, beberapa perusahaan secara khusus memberikan standar tentang bagaimana penataan produk yang tepat dan SPG harus mengikuti standar tersebut.
Berikutnya adalah menjaga kepercayaan konsumen. Selain melakukan promosi dan penjualan seorang SPG juga bertugas dalam membangun kepercayaan konsumen kepada produk yang ditawarkan. Dengan terbangunnya rasa kepercayaan ini maka peluang konsumen akan melakukan repeat order juga semakin tinggi.
Selanjutnya adalah memastikan stok dan rotasi stok. Selain berkaitan dengan konsumen tugas SPG ternyata juga melakukan pemantauan terhadap stok. Hal ini khususnya untuk SPG yang bertugas di toko-toko agar proses operasional mereka bisa berjalan lancar.
Setelah mengenal apa itu SPG, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda benar-benar menggunakan jas SPG sebagai media promosi dan penjualan produk, yakni:
Pertama yang harus diperhatikan adalah memahami korelasi produk yang Anda jual dengan sistem promosi SPG. Sebab, hal ini akan mempengaruhi bagaimana konsumen Anda akan merespon tawaran dari Anda nantinya.
Selanjutnya adalah, seorang pebisnis sudah seharusnya memahami siapa target pasar yang dituju baik akan ataupun tidak menggunakan jasa SPG nantinya. Jika menggunakan jasa SPG hal ini menjadi satu tingkat lebih penting.
Dimana PSG akan turun langsung dilapangan dan bertemu banyak orang, jika tidak di area target pasarnya maka kemungkinan besar operasional SPG tidak akan menghasilkan hasil yang optimal.
Dan Pebisnis dan SPG hanya akan membuat anggaran dan waktu mereka untuk melakukan promosi yang sia-sia. Contohnya saja, SPG bertugas untuk mempromosikan kaos tebal namun ditempatkan didaerah gurun pasir yang panas dan sejenisnya.
Baca Juga: 13 Contoh & Cara Promosi Produk Paling Efektif Dijamin Laris
Terakhir adalah pebisnis sudah memiliki manajemen bisnis yang matang. Hal ini karena menggunakan jasa Sales Promotion Girl termasuk memakan anggaran besar. Sehingga manajemen bisnis ini perlu dikelola lebih matang terlebih dahulu, baik urusan produk, strategi sampai laporan keuangan.
Sebab dari manajemen yang matang dan laporan keuangan yang jelas seorang pebisnis akan lebih mudah menentukan langkah yang akan diambil di masa depan untuk kepentingan bisnis berdasarkan dengan angka bukan hanya rekaan saja.
Untuk itu dibutuhkan sebuah software akuntansi seperti Beecloud. Software ini dirancang khusus untuk membantu perusahaan dalam memanajemen keuangan dan anggaran secara efektif. Penggunaan software akuntansi dalam mengontrol anggaran sangat penting bagi perusahaan, karena dengan software tersebut perusahaan dapat melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penggunaan anggaran secara real time dan akurat.
Dengan begitu, perusahaan dapat menghindari pemborosan anggaran, mengambil keputusan bisnis yang tepat, serta memaksimalkan keuntungan yang dapat diperoleh.