Direct selling atau sistem penjualan langsung adalah strategi penjualan yang memanfaatkan tenaga penjual untuk memasarkan produk secara langsung kepada konsumen
Sebelum Anda memutuskan untuk melakukan strategi direct selling, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan salah satunya adalah kenali dulu apa itu sistem penjualan langsung dan bagaimana cara kerjanya.
Artikel ini akan membahas apa itu sistem penjualan langsung, apa saja jenisnya, tips hingga kekurangan dan kelebihan menerapkannya untuk bisnis Anda.
Sistem penjualan langsung adalah salah satu strategi penjualan untuk menghadapi persaingan bisnis. Strategi ini dibutuhkan untuk memberikan peningkatan pada nilai penjualan. Penjualan langsung tidak terbatas pada saluran langsung, penjualan ini dapat terjadi antara produsen dengan pelanggan, antara produsen dengan perantara, dan antara perantara dengan pelanggan.
Kegiatan penjualan produk melalui sistem penjualan langsung bertujuan untuk memperkenalkan produk dan mendorong pelanggan agar membeli produk yang ditawarkan perusahaan.
Saat bisnis menerapkan sistem penjualan langsung diharapkan dapat mengenalkan lebih banyak tentang produk atau jasa yang perusahaan tawarkan. Dengan sistem penjualan langsung juga perusahaan akan meningkatkan kualitas produk agar produk yang dijual memiliki keunggulan sehingga memiliki daya saing tinggi.
Baca Juga: Cara Membuat Laporan Penjualan Harian Sederhana dan Contohnya
Menurut Sutisna (2001) berikut adalah fungsi sistem penjualan langsung, di antaranya:
Apa saja yang termasuk jenis-jenis sistem penjualan langsung?
Metode pemasaran barang atau jasa melalui program pemasaran berbentuk satu tingkat, di mana mitra usaha mendapatkan komisi dan bonus penjualan dari hasil penjualan barang atau jasa yang dilakukannya sendiri.
Metode pemasaran barang atau jasa melalui program pemasaran berbentuk lebih dari satu tingkat, di mana mitra usaha mendapatkan komisi penjualan dan bonus dari hasil penjualan barang atau jasa yang dilakukannya sendiri dan anggota jaringan dalam kelompoknya.
Metode ini dilakukan saat terdapat banyak audiens, contohnya seperti mengadakan acara sosial untuk menawarkan produk atau jasa yang dijual. Pelanggan akan sangat menyukai metode ini karena ada suguhan acara yang menarik. Host/party plan sales atau bisa juga disebut event marketing menjadi trik jitu mensukseskan nilai jual dengan sistem penjualan langsung.
Menurut Kotler dan Rahmat Astri (2017) ada banyak saluran marketing yang bisa digunakan sebagai penjualan langsung, di antaranya adalah:
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penjualan langsung merupakan strategi penjualan yang langsung berhubungan dengan customer. Untuk itu, prioritas kita adalah membangun hubungan baik dengan customer maupun mitra usaha.
Jalin hubungan baik, catat kebutuhan dan keluhan mereka sehingga Anda dapat menawarkan solusi. Selalu tindak lanjuti prospek baru dengan cepat untuk membangun hubungan baru (customer-oriented). Jangan pernah mengutamakan penjualan, namun utamakan customer atau mitra bisnis.
Apakah usaha Anda belum memiliki database pelanggan? Jika belum Anda bisa mulai membuat database pelanggan sekarang. Database pelanggan penting untuk membangun, melacak dan berkomunikasi secara berkala dengan mereka. Anda juga bisa menggunakan database pelanggan untuk membagikan materi pemasaran seperti launching produk baru, promo, diskon dan update lainnya.
Penguasaan produk (product knowledge) yang baik dapat membantu mempercepat proses closing. Mengapa? Bila kita dapat menjelaskan produk dengan baik, mengetahui harga, spesifikasi, kelebihan hingga alasan produk dapat menjawab kebutuhan pelanggan maka otomatis akan meningkatkan rasa kepercayaan mereka.
Jangan sampai Anda menjelaskan produk kepada konsumen namun tidak mengenal produk yang ditawarkan.
Pendekatan yang baik juga berlaku saat Anda ingin mempresentasikan produk. Anda bisa mengatur area penjualan dengan merencanakan ruang presentasi dan tampilan produk secara baik.
Anda akan memperagakan cara pakai, kelebihan kekurangan, perawatan dan lain-lain yang dibutuhkan konsumen dari produk tersebut. Karena itu kita diwajibkan harus pintar dalam membawa diri.
Setiap perusahaan perlu mengembangkan sistem untuk tetap berhubungan dengan prospek dan klien. Meskipun mengalami penolakan, jangan sampai hal ini membuat hubungan perusahaan dengan klien tersebut berhenti.
Jika konsumen sudah menerima untuk membeli, maka bisa ditanyakan apakah ada teman atau anggota keluarga lain yang menurut konsumen membutuhkan informasi atau produk yang ditawarkan.
Anda harus mampu melihat dan membaca peluang besar. Bertemu konsumen dan mempersiapkan diri menghadapi prospek ke depannya, selain itu perlu didapat peluang lokasi untuk melakukan penjualan langsung.
Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh pembeli ketika melakukan penjualan secara langsung adalah sebagai berikut:
Penjualan langsung juga menghasilkan banyak manfaat bagi penjual, yaitu:
Penjual dapat langsung menyusun informasi dan data tentang pelanggan yang berpotensi menghasilkan penjualan berkelanjutan (reorder) dengan basis data yang diperoleh, sehingga dapat mengembangkan penjualan berkelanjutan.
Pemasaran langsung memberikan kemudahan bagi penjual untuk menyesuaikan penawaran sesuai konsumen yang mereka tuju. Sehingga penjualan semakin tepat sasaran.
Memudahkan penjual untuk mengetahui lebih cepat bagaimana respon konsumen terhadap barang yang mereka tawarkan.
Namun ada juga beberapa kelemahan dalam penggunaan penjualan langsung, yaitu:
Banyak konsumen yang merasa jengkel ketika harus mengangkat telepon yang ternyata tawaran dari sebuah perusahaan. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengimplementasikan sistem penjualan langsung Anda harus siap untuk menghadapi banyak penolakan. Apalagi, ada citra negatif dari penjual langsung di pasar.
Dengan seringnya menjalin hubungan secara langsung terkadang pemasar mengamati kehidupan konsumen mulai dari nama, alamat, bahkan hobi untuk dijadikan
database
Mendekati setiap pelanggan secara individual dengan pergi dari pintu ke pintu atau mengadakan party plan house. Oleh karena itu, sulit bagi seseorang untuk menjangkau khalayak yang luas.
Baca Juga: Pengertian Jurnal Pembelian & Jurnal Penjualan Beserta Contohnya
Sistem penjualan langsung adalah sebuah metode penjualan di mana pemasar atau produsen mendekati pelanggan potensial secara langsung dengan produk barang atau jasa yang ditawarkan contohnya adalah penawaran properti melalui telepon, katalog, dan iklan
outdoor.
Tujuan dari penjualan langsung adalah menginformasikan kepada pelanggan tentang produk atau jasa yang mungkin dibutuhkan tanpa menunggu pelanggan tersebut mencari informasi mengenai suatu produk atau layanan.
Beecloud merupakan software akuntansi yang bisa mengontrol 48 cabang. Artinya Anda hanya diperlukan 1 klik saja untuk semua cabang usaha Anda dengan menggunakan software ini. Ada beberapa kelebihan dari software ini. Pertama, dapat membantu analisa bisnis berdasarkan angka seperti cash flow atau analisa penyakit bisnis. Kedua, aman dari manipulasi dan kebocoran. Kebocoran disini artinya kebocoran stok, kas, dan piutang.
Dengan Beecloud keluar/masuk barang semua tercatat sehingga mencegah kebocoran/manipulasi stok. Ketiga, bisa diakses di hp, tablet, maupun laptop. Selain itu terdapat laporan yang bisa disajikan melalui software ini yaitu Laporan Laba/Rugi, Neraca, Kas/Bank, Stok, Piutang.