🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Ruang Lingkup Perdagangan antar Negara, Faktor & Contohnya

Perdagangan internasional disebut juga perdagangan antar negara, ada 3 ruang lingkup menurut Prawoto (2019). Apa saja? Berikut diantaranya
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Sunday, 5 May 2024

Istilah perdagangan internasional disebut juga dengan perdagangan antar negara. Adapun pengertian perdagangan antar negara adalah kegiatan transaksi dagang barang atau jasa antar subjek ekonomi dua negara atau lebih sekaligus.

Subjek ekonomi ini merujuk pada penduduk warga negara biasa, perusahaan ekspor, impor, perusahaan industri atau perusahaan negara. Apa saja ruang lingkup perdagangan internasional ini? Mari kita bahas lebih detail pada artikel di bawah ini!

Sejarah Sekilas Perdagangan Antar Negara

Bisnis Internasional

Globalisasi menjadi salah satu faktor pendorong perdagangan internasional (Credit: Freepik.com)

Sebelum membahas lebih dalam mengenai ruang lingkup perdagangan antar negara ini, mari kita pahami dulu kapan aktivitas perdagangan internasional ini dipopulerkan.

Mengutip dari Aam Slamet Rusydiana dalam jurnalnya Perdagangan Internasional: Komparasi Teori Ekonomi Modern dengan Perspektif Islam, dari laman jidh.kemenag.go.id.

Aktivitas perdagangan internasional ini mulai dipopulerkan pada tahun 1995 oleh organisasi perdagangan dunia World Trade Organization (WTO), sebagai proses globalisasi.

Dengan tujuan untuk mendorong dan mengebangkan liberasi perdagangan dengan menyediakan sistem perdagangan dunia yang aman.

Baca Juga: Perdagangan Internasional: Pengertian, Dampak dan Manfaatnya

Ruang Lingkup Perdagangan Antar Negara

Lantas apa saja ruang lingkup perdagangan internasional ini? Ruang lingkup perdagangan internasional ini mencakup berbagai aspek kegiatan ekonomi yang melibatkan pertukaran barang dan jasa antar negara.

Menurut Prawoto (2019), ada 5 ruang lingkup perdagangan antar negara, yakni:

  • Transfer of Goods and Service, yakni perpindahan barang dan jasa dari satu negara ke negara yang lainnya.
  • Transfer of Capital, merujuk pada perpindahan modal melalui investasi asing dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya.
  • Transfer of Labour, yakni perpindahan tenaga kerja yang dapat mempengaruhi pendapatan negara melalui devisa.
  • Transfer of Technology, yakni perpindahan teknologi, seperti dengan mendirikan perusahaan produksi di negara lain.
  • Transfer of Data, yakni penyampaian informasi tentang kepastian adanya bahan baku dan pangsa pasar.

Peraturan Perdagangan Antar Negara di Indonesia

Adapun peraturan perdagangan antar negara di Indonesia, diantaranya sebagai berikut:

  • Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.
  • Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Hak Cipta, Desain Industri, Paten, dan Rahasia Dagang.
  • Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Perindustrian.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 43 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pengeluaran dan Penggunaan Surat Izin Usaha Perdagangan.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 2019 tentang Barang Kena Pajak dan Tarif Bea Masuk atas Impor.
  • Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2019 tentang Fasilitas Perdagangan
  • Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 7 Tahun 2021 tentang Tahapan dan Tata Cara Pembuatan Perjanjian Perdagangan.
  • Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 33 Tahun 2021 tentang Ketentuan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko Sektor Perdagangan

Faktor Perdagangan Antar Negara

ruang lingkup perdagangan antar negara

3 faktor dasar yang dapat mempengaruhi perdagangan internasional, yakni globalisasi, SDM dan SDA (Credit: Freepik.com)

Berikut adalah 3 faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional:

1. Globalisasi dan Pasar Bebas

Faktor adanya perdagangan antar negara adalah globalisasi dan pasar bebas. Dimana imbas dari globalisasi sendiri membawa dunia lebih dekat bersama.

Sehingga membuka peluang bagi negara-negara untuk saling bertukar barang dan jasa dengan lebih mudah dan efisien.

Sebab, globalisasi ini dapat mendorong adanya perdagangan internasional karena mudahnya akses pasar bebas karena terhapusnya hambatan perdagangan, adanya peningkatan akses pasar, hingga peningkatan investasi.

2. Perbedaan Sumber Daya Alam

Faktor selanjutnya adalah sumber daya alam, seperti yang sudah kita ketahui jika setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda, terkadang memiliki kebutuhan yang sama.

Hal inilah yang menjadikan kenapa sumber daya alam bisa menjadi salah satu faktor pendorong aktivitas perdagangan internasional.

Contohnya, negara-negara di Timur Tengah memiliki cadangan minyak yang kaya, sementara negara-negara di Amerika Selatan memiliki ladang pertanian gandum yang subur.

Kedua negara tersebut bisa saling memenuhi kebutuhan dengan mengimpor barang yang sulit ditemukan di negaranya. Amerika serikat mengimpor minyak dari negara timur tengah, dan sebaliknya timur tengah mengimpor gandum dari Amerika.

3. Perbedaan Sumber Daya Manusia

Selanjutnya, selain sumber daya alam. Sumber daya manusia juga bisa menjadi faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.

Sama halnya dengan sumber daya alam, setiap negara memiliki sumber daya manusia dengan tingkat keahlian dan keterampilan yang berbeda-beda.

Perbedaan dalam keterampilan, pendidikan, dan ketersediaan tenaga kerja antar negara juga mendorong perdagangan. Contohnya, Jepang mengekspor mobil dan elektronik ke negara lain karena memiliki tenaga kerja yang terampil di bidang manufaktur.

Manfaat Perdagangan Antar Negara

Adapun manfaat perdagangan antar negara adalah sebagai berikut:

1. Memperoleh Barang/ Jasa yang Tidak Tersedia

Manfaat perdagangan internasional yang pertama adalah dapat memperoleh barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi sendiri. Dimana setiap negara memiliki keterbatasan dalam memproduksi barang dan jasa.

Perdagangan internasional ini memungkinkan negara untuk mendapatkan barang dan jasa yang tidak dapat diproduksi sendiri, sehingga meningkatkan standar hidup masyarakat.

2. Memperluas Pangsa Pasar

Selanjutnya adalah dapat memperluas pasar yang berujung pada peningkatan keuntungan. Dimana perdagangan internasional membuka pasar yang lebih luas bagi perusahaan.

Sehingga mereka dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan. Hal ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja baru.

3. Meningkatkan Efisiensi dan Spesialisasi Produksi

Selanjutnya, perdagangan internasional juga memungkinkan negara untuk fokus pada produksi barang dan jasa yang paling efisien, dan mengimpor barang dan jasa yang lebih murah dari negara lain. Hal ini dapat meningkatkan efisiensi ekonomi secara keseluruhan.

4. Mendorong Perkembangan Teknologi dan Pengetahuan

Dengan adanya perdagangan internasional, akan sangat memungkinkan negara untuk mengembangkan teknologi dan pengetahuan antar negara.

Khususnya, negara yang kurang dalam perkembangan teknologi. Hal ini juga dapat membantu negara-negara berkembang untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.

5. Menciptakan Hubungan Persahabatan antar Negara

Manfaat selanjutnya adalah negara dapat mendorong hubungan dan kolaborasi yang positif, yang berpotensi mengarah pada lingkungan global yang lebih stabil dan sejahtera. Baik hubungan bilateral dan multilateral.

Hubungan bilateral melibatkan kerja sama antara dua negara, sedangkan hubungan multilateral melibatkan kerja sama antara tiga negara atau lebih. Jenis kerja sama ini menawarkan manfaat bagi semua pihak yang terlibat.

Beecloud Terintegrasi Laporan Akuntansi Langsung Jadi

Contoh Perdagangan Antar Negara

Berikut beberapa contoh perdagangan antar negara Indonesia dengan negara lain:

Baca Juga: 10 Contoh Perdagangan Internasional dan Dampaknya

# Indonesia Ekspor Minyak Sawit ke China

Dimana Indonesia merupakan salah satu penghasil minyak sawit terbesar di dunia. China merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor minyak sawit Indonesia. Pada tahun 2023, nilai ekspor minyak sawit Indonesia ke China mencapai USD 3,2 miliar.

# Impor Gandum dari Australia

Seperti yang kita pahami, Indonesia tidak memproduksi gandum dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Oleh karena itu, Indonesia mengimpor gandum dari Australia. Pada tahun 2023, nilai impor gandum Indonesia dari Australia mencapai USD 1,3 miliar.

# Ekspor Nikel ke Jepang

Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki cadangan nikel yang melimpah. Jepang merupakan salah satu negara tujuan utama ekspor nikel Indonesia. Pada tahun 2023, nilai ekspor nikel Indonesia ke Jepang mencapai USD 2,5 miliar.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai perdagangan antar negara, sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Artikel Terkait

Mengenal Istilah Inden dan Implementasinya dalam Bisnis
Secara sederhana, inden dapat diartikan sebagai proses pemesanan produk kepada pemasok atau produsen dengan spesifikasi yang telah ditentukan sebelum stok
Baca Juga
10 Contoh Perusahaan Perseorangan atau Usaha Kecil
Tanpa Anda sadari, perusahaan perseorangan sebenarnya sudah sering Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari. Biasa disebut usaha kecil atau disingkat UKM.
Baca Juga
11 Rekomendasi Aplikasi Gudang dan Manfaatnya Bagi Bisnis
Peran teknologi dalam mengelola dan mengoptimalkan operasi bisnis semakin tinggi. Salah satu aspek yang sangat penting dalam rantai pasokan adalah
Baca Juga
Apa Saja Konsep Kewirausahaan yang Harus Dimiliki Pengusaha?
Konsep kewirausahaan bukan hanya tentang uang dan keuntungan, tetapi juga tentang menciptakan nilai, memecahkan masalah, dan memberikan dampak positif bagi
Baca Juga
BUMS Adalah: Jenis, Tujuan, Kelebihan dan Kekurangan
BUMS adalah singkatan dari badan usaha milik swasta, salah satu jenis perusahaan yang ada di Indonesia dan menjadi bagian salah
Baca Juga
11 Komponen, Fungsi dan Contoh Perencanaan Bisnis
Perencanaan sebuah usaha merupakan langkah yang penting sebelum Anda menjalankan bisnis apapun dan mencari contoh perencanaan bisnis menjadi solusi jika
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu