🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Rahasia Posting di Marketplace Facebook Agar Laris Manis

Dengan kualitas yang terjamin dan proses yang cepat, salah satunya menjadikan marketplace facebook sebagai primadona tren berbelanja. 
Penulis: Dhea Forekha
Dipublish Tgl: Friday, 17 June 2022

Siapa yang tidak tergiur dengan online shop dijaman serba digital ini. Kemudahan berbelanja dapat dilakukan dari rumah. Dengan kualitas yang terjamin dan proses yang cepat, salah satunyamenjadikan marketplace facebook sebagai primadona tren berbelanja. 

Bagaimana jika Anda seorang penjual di marketplace facebook? Bagaimana cara agar jualan Anda laris manis dengan omset mencapai ratusan juta?

Cara Jitu Posting di Marketplace Agar Laris

apa itu marketplace

Ilustrasi Marketplace

  • Lengkapi Profil Toko
  • Deskripsi & Foto Produk
  • Beri Pilihan Jasa Pengiriman yang Beragam
  • Harga Terjangkau
  • Berikan Promo Secara Rutin
  • Promosikan Lapak dan Produkmu
  • Manfaatkan Fitur-Fitur Marketplace
  • Layani Pelanggan dengan Baik

Apa itu Marketplace Facebook?

Facebook Marketplace adalah fitur yang bekerja seperti marketplace pada umumnya. Anda hanya perlu mengunggah foto produk dan Anda sudah bisa melakukan penjualan. Selain itu, penjual dan pembeli juga bisa menghubungi satu sama lain secara instan melalui Facebook Messenger. Kemudahan untuk berinteraksi dengan penjual dapat meningkatkan kepercayaan calon pembeli.

Cara Bergabung dengan Facebook Marketplace

Jualan Online Di Facebook

Cara bergabung dengan marketplace Facebook untuk jualan online (Sumber: Freepik.com)

Jika Anda merupakan pengguna Facebook sejak lama dan tertarik berjualan melalui Facebook. Kini Facebook memiliki fitur Facebook Marketplace. Berikut cara membuat marketplace di Facebook Marketplace.

  1. Login akun Facebook menggunakan aplikasi atau website
  2. Pada halaman Beranda, klik ikon Marketplace di menu bagian atas
  3. Klik Menu kemudian Jual Barang
  4. Pilih jenis tawaran untuk jenis barang yang akan dijual. Jika jenis barang bukan kendaraan atau property, pilih Barang Dijual
  5. Klik Tambahkan Foto untuk mengunggah foto barang
  6. Masukkan informasi terkait barang yang dijual termasuk harga barang
  7. Pengguna bisa menyembunyikan marketplace miliknya dari teman Facebook dengan mengaktifkan opsi Sembunyikan dari Teman
  8. Klik Selanjutnya
  9. Klik Terbitkan untuk mengunggah tawaran di Facebook Marketplace

Baca Juga: Perbedaan E-commerce dan Marketplace, Mana yang Tepat untuk Anda?

Cara Jualan Online Laris di Facebook

  1. Memanfaatkan Grup Jual Beli di Facebook
  2. Memasang Gambar Produk yang Menarik
  3. Berikan Deskripsi Produk dengan Rinci
  4. Mempelajari FB Ads dan Copywriting
  5. Mengatur Teman Tertarget
  6. Konsisten Menjaga Kualitas Produk
  7. Melakukan Riset Kompetitor

Peraturan Jualan di Marketplace Facebook

Peraturan Jualan Di Marketplace Facebook

Ilustrasi Facebook Photo by Timothy Hales Bennett on Unsplash 

Produk yang dijual di Facebook harus mematuhi Kebijakan Perdagangan Facebook. Produk yang dijual di Facebook juga harus mematuhi Standar Komunitas Facebook. Kebijakan perdagangan Facebook memberikan aturan mengenai jenis produk dan layanan yang bisa ditawarkan untuk dijual di Facebook. 

Pembeli dan penjual juga bertanggung jawab untuk mematuhi semua hukum dan peraturan yang berlaku. Bagi yang lalai dan melanggarnya akan mendapatkan konsekuensi, penolakan label produk, penghapusan tawaran, penangguhan atau penghentian akses ke salah satu atau semua tampilan atau fitur perdagangan Facebook.

Keuntungan Jualan di Marketplace Facebook

Masing-masing platform marketplace pasti menawarkan berbagai keuntungan. Tentu juga tidak luput dari kekurangan dan kelebihan. Berikut keuntungan berjualan di marketplace Facebook.

  • Dapat Menjangkau Konsumen Secara Luas

Facebook termasuk sosial media yang paling lama digunakan dengan jutaan pengguna. Usianya yang terbilang cukup lama sejak berdirinya, menjadikan Facebook merajai platform sosial media. Banyaknya pengguna menandakan bahwa Facebook mampu mencapai seluruh negeri hingga mancanegara.

  • Memudahkan Penjual Mendapat Atensi dari Pelanggan

Kemudahaan penggunaannya, pembeli dapat memberikan penilaian terhadap barang yang dijual. Adanya fitur balas berupa emoticon atau stiker, mampu meningkatkan perhatian pembeli.

  • Caranya Mudah

Dengan sekali klik, Anda telah memiliki akun marketplace di Facebook. Langkah-langkahnya pun mudah diikuti.

  • Memiliki Fitur Ulasan Produk

Tidak ketinggalan, Facebook juga memiliki fitur ulasan produk untuk memuaskan pembeli/pelanggan memberikan feedback barang yang dibeli.

Kekurangan Berjualan di Facebook

Kekurangan Berjualan Di Marketplace Facebook

Ilustrasi Kekurangan Berjualan di Facebook (Sumber: Pexels.com)

  • Audien Iklan Hanya Terbatas di Platform Milik Facebook

Seringkali penjual merasa sedikit kecewa ketika mengiklankan produk atau toko melalui Facebook karena tampilan iklan hanya terbatas pada platform milik Facebook. Hal ini menjangkau target pasar hanya terbatas pada pengguna Facebook saja. 

Misalnya Anda melakukan promosi menggunakan Facebook, maka konsumen yang mengakses Facebook saja yang akan mengetahui iklan produk Anda. Contohnya Anda memiliki 1000 teman di Facebook, maka kemungkinan hanya 1000 saja yang melihat iklan Anda. Dari sekian banyak pengguna pasti hanya 10-20% saja yang akan membeli. Belum lagi banyak akun yang sudah tidak aktif kembali.

  • Postingan Lebih Cepat Tenggelam

Banyaknya orang yang tertarik berjualan, seringkali melakukan aksi gegabah dengan upload produk sekaligus dalam jumlah banyak tanpa memperhatikan strategi maupun kaidah. Dapat dikatakan ini merupakan salah satu bentuk spam yang merugikan penjual karena postingan akan lebih mudah tenggelam.

Selain itu banyaknya pengguna Facebook dan teman yang mencapai hingga ribuan, kemungkinan postingan iklan produk Anda akan tenggelam. Tentu karena Facebook juga merupakan platform untuk kegiatan pribadi menulis status. Untuk mengatasi agar postingan Anda tetap berada diatas haruslah diakali dengan adanya komentar di postingan Anda.

  • Tidak Memiliki Fitur Pencarian Konten

Berbeda dengan platform marketplace lainnya, marketplace Facebook memiliki kelemahan tidak adanya fitur pencarian konten sehingga calon pembeli akan mengalami kesulitan mencari produk yang diinginkan. Facebook hanya menyediakan fitur pencarian akun, grup, pengguna lain dan halaman fanpage sehingga untuk mencari produk yang diinginkan, pengguna harus mengetahui betul nama fanpage kemudian masuk pada halaman profil.  

Tips dan Cara Jualan di Marketplace Facebook Biar Laris

Ilustrasi Marketing Strategy Photo by Campaign Creators on Unsplash 

  1. Buat Deskripsi Produk yang Jelas
  2. Tambahkan Foto Produk Spesifik yang Menarik
  3. Pilih Variasi Produk yang Sesuai
  4. Cantumkan Nomor yang Dapat Dihubungi
  5. Posting Minimal 10 Kali Sehari
  6. Gunakan Facebook Ads
  7. Berikan CTA Pada Postingan
  8. Konsisten dan Persisten

Cara Jualan Online di Marketplac Facebook

Facebook menawarkan metode penjualan melalui dua cara yaitu menggunakan halaman Facebook atau melalui grup jualan Facebook. Setiap metodenya pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

  • Menggunakan Halaman Facebook

Fitur halaman Facebook dapat Anda manfaatkan untuk halaman khusus bisnis. Tidak hanya menampilkan produk jualan Anda, halaman bisnis juga akan membuat pelanggan mengetahui secara lengkap tentang profil bisnis yang Anda jalankan.

  • Melalui Grup Facebook

Seperti yang kita tahu, Facebook memiliki fitur grup yang juga dapat dimanfaatkan berjualan selain berbagi informasi. Anda hanya dapat melakukan penjualan di grup Facebook hanya jika grup yang akan ikuti mengaktifkan fitur jual beli. Anda dapat mengajukan permohonan pengaktifkan dengan menghubungi admin grup.

Dalam penggunaannya dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda. Anda dapat melakukan analisa terlebih dulu sebelum memutuskan metode mana yang akan Anda gunakan untuk berjualan.

Baca Juga: Aplikasi Manajemen Marketplace, Mudah Rekap Transaksi ke Pembukuan

Kesimpulan

Maraknya platform marketplace dapat menjadi pilihan bagi Anda untuk menjalankan usaha. Pemanfaatan dengan bijak akan menghasilkan keuntungan yang tak ternilai. Perpaduan sosial media dengan marketplace jualan, Facebook dapat menjadi opsi untuk memulai bisnis Anda. Dilihat dari sisi positifnya, Anda dapat memanfaatkan berbagi informasi, status, dan lain-lain sambil mendapat pemasukan keuangan dari produk yang dijual. Selain itu, Anda tidak perlu berganti platform untuk bejualan dan mencari hiburan.

Untuk memudahkan Anda dalam memanajemen pembukuan hingga laporan keuangan usaha marketplace, gunakan aplikasi pembukuan online shop. Aplikasi pembukuan online shop Beecloud membantu Anda mengatur stock opname produk, mengatur margin laba, hingga promosi di berbagai marketplace melalui satu dashboard saja.

Kini, proses rekap transaksi penjualan di marketplace menjadi laporan pembukuan menjadi makin mudah karena telah tersedia aplikasi Beecloud yang memiliki fitur integrasi marketplace dengan plugin e-commerce. Ucapkan selamat tinggal kepada proses ribet input data manual yang dapat mengakibatkan kekeliruan jumlah stok atau pengelolaan pesanan yang tidak akurat!

Coba gratis Beecloud sekarang! Klik gambar di bawah ini untuk info selegkapnya.

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online web

Beecloud Ecommerce untuk Toko Online

Artikel Terkait

Cara Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dan Faktornya
Menjaga loyalitas pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan adalah hal penting dalam bisnis. Pelanggan yang loyal akan menjadi aset berharga bagi
Baca Juga
Ramai Social Distancing, Banyak Usaha Pakai Aplikasi Order Online
Mungkin masih saat ini masih ada yang menganggap bahwa menjalankan bisnis ditengah pandemi seperti akan sangat sulit, kita diharuskan survive
Baca Juga
Contoh Surat Pengajuan Barang, Format dan Cara Membuatnya
Secara umum contoh surat pengajuan barang adalah dokumen tertulis yang digunakan untuk mengajukan permintaan atau permohonan terkait dengan penerimaan atau
Baca Juga
Mau Punya POS Kasir Alfamart untuk Usaha Anda?
Pos kasir alfamart adalah sebuah sistem yang banyak orang lihat untuk melakukan penghitungan transaksi di alfamart. Ketika kita berkunjung dan
Baca Juga
5 Kriteria Konsep Diferensiasi Produk dan Contohnya
Konsep diferensiasi produk merupakan sebuah strategi yang digunakan perusahaan atau bisnis dalam bertahan dan bersaing dengan berinovasi dalam produknya. Sedangkan
Baca Juga
Mengenal Analisis Peluang Usaha dan Cara Menganalisanya
Apabila saat ini Anda tertarik untuk terjun ke dunia usaha, mengetahui, memahami, dan melakukan analisis peluang usaha merupakan hal yang
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu