🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Pengertian Perusahaan Unicorn Adalah, Ciri, dan Perbedaannya

Unicorn adalah gelar yang ditujukkan untuk perusahaan rintisan (startup) yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dolar, ini penjelasannya!
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Tuesday, 14 May 2024

Perusahaan startup tidak jarang dikaitkan dengan istilah unicorn, dimana secara pengertian perusahaan unicorn adalah perusahaan rintisan (startup) yang memiliki nilai valuasi mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun lebih.

Istilah ini pertama kali dicetuskan oleh Aileen Lee, seorang investor venture capital, untuk menggambarkan kelangkaan dan keistimewaan perusahaan-perusahaan tersebut, layaknya seekor unicorn dalam istilah mitologis.

Mari kita kenali lebih dalam apa yang dimaksud dengan perusahaan unicorn, bagaimana cirinya, perbedaannya, dan beberapa contohnya di Indonesia pada artikel berikut ini!

Perusahaan Unicorn Adalah ...

Perusahaan unicorn adalah perusahaan start up yang memiliki nilai valuta minimal 1 Miliar Dollar (Credit: Freepik.com)

Unicorn adalah gelar yang ditujukkan untuk perusahaan rintisan (startup) yang memiliki valuasi lebih dari 1 miliar dolar, yang pertama kali dikenalkan oleh Aileen Lee dalam artikelnya  “Welcome to The Unicorn Club” yang terbit pada 2013 di Techcrunch.

Istilah ini merujuk pada hewan mitologi unicorn, spesies kuda bertanduk tunggal di kepala yang langka dan mustahil, cocok untuk menggambarkan perusahaan unicorn itu sendiri.

Selain itu, dalam artikelnya Aileen Lee juga menjelaskan istilah unicorn ini dianggap mampu menggambarkan impian magis pada perusahaan perustis dalam berburu valuasi milyaran dollar.

Bisa disimpulkan jika, istilah unicorn adalah  perusahaan rintisan (startup) yang memiliki nilai valuasi mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun lebih. Biasanya perusahaan ini bergerak di bidang seperti transportasi online, e-commerce, fintech dan sejenisnya.

Baca Juga: Apa itu Startup dan Ciri-Cirinya?

Ciri-Ciri Perusahaan Unicorn

Ada 3 ciri utama perusahaan unicorn, berikut diantaranya:

1. Nilai Valuasi Tinggi

Ciri utama yang paling terlihat dari perusahaan unicorn adalah valuasinya yang tinggi, yaitu mencapai US$ 1 miliar atau setara dengan Rp 14 triliun lebih. Hal ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap potensi dan prospek perusahaan tersebut untuk meraih keuntungan besar di masa depan.

2. Pertumbuhan Cepat

Selanjutnya, pertumbuhan bisnis yang cepat dalam waktu yang singkat. Hal ini ditandai dengan peningkatan pengguna, pendapatan, dan pangsa pasar secara signifikan.

Adapun pertumbuhan ini didorong oleh model bisnis yang inovatif dan mampu memenuhi kebutuhan pasar dengan tepat.

3. Fokus Menciptakan Inovasi

Selanjutnya fokus untuk menciptakan inovasi. Inovasi ini dapat berupa produk, layanan, atau model bisnis baru yang mampu memecahkan masalah lama dengan cara yang lebih baik dan efisien.

Selain itu, biasanya perusahaan unicorn juga optimal dalam memanfaatkan teknologi untuk menjalankan bisnis mereka. Melalui teknologi ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan efisiensi, menjangkau konsumen yang lebih luas, dan memberikan pengalaman yang lebih personal kepada penggunanya.

Perbedaan Startup Unicorn, Decacorn dan Hectocorn

Berikut beberapa perbedaan Startup Unicorn, Decacorn dan Hectocorn:

1. Nilai Valuasi

Perbedaan pertama Startup Unicorn, Decacorn dan Hectocorn adalah nilai valuasi. Dimana, perusahaan unicorn senilai $1 Miliar, perusahaan Decarorn bernilai minimal minimal $10 miliar (telah melampaui unicorn), sedangkan Hectocorn adalah Startup bernilai minimal $100 miliar (level tertinggi, sangat langka).

2. Kelangkaan

Berikutnya adalah dari tingkat kelangkaannya, perusahaan unicorn relatif banyak dibandingkan decacorn dan hectorcorn, kemudian hectacorn satu tingkat lebih lengkap dibanding decacorn, sedangkan hectacorn sangat langka.

Baca Juga: Kelangkaan adalah Keterbatasan, Ini Artinya dalam Ilmu Ekonomi

3. Usia dan Tahap Perkembangannya

Pada perusahaan unicorn, biasanya bersifat mudah dan berada pada tahap perkembangan, berbeda dengan hectacorn yang sudah melewati tahap awal dan menunjukkan pertumbuhan pasarnya. Sedangkan hectacorn, sudah menjadi perusahaan mapan dan mendominasi pasar.

4. Dampak dan Pengaruh

Perbedaan terakhir adalah dari dampak dan pengaruhnya, perusahaan unicorn memberikan dampak signifikan pada industri dan ekonomi tertentu. Disisi lain perusahaan decacorn lebih luas lagi dan perusahaan hectoron dapat mempengaruhi industri global dan ekonomi secara keseluruhan.

Dapat disimpulkan jika perbedaan startup Unicorn, Decacorn dan Hectocorn adalah nilai valuasi, kelangkaan, usia dan dampaknya.

Semakin tinggi valuasi, semakin langka pula startup tersebut, menunjukkan pertumbuhan pesat, dominasi pasar, dan dampak signifikan pada industri dan ekonomi.

Contoh Perusahaan Unicorn di Indonesia

Iklan Pemasaran Digital Gojek Lucu

Gojek merupakan salah satu contoh perusahaan starup di Indonesia (Credit: Freepik.com)

Berikut beberapa contoh perusahaan unicorn di Indonesia:

1. Gojek

Salah satu perusahaan unicorn indonesia yang bergerak di bidang transportasi online adalah Go-Jek. Didirikan pada tahun 2010 dan menjadi perusahaan unicorn pertama di Indonesia sejak Agustus 2016.

Gojek sendiri menjadi pionir dalam layanan ojek online di Indonesia dan berkembang menjadi superapp yang menawarkan berbagai layanan seperti GoRide, GoFood, GoSend, GoPay, GoTix, dan lainnya.

2. Tokopedia

Kemudian ada Tokopedia, marketplace online yang didirikan pada tahun 2009. Menjadi salah satu marketplace online terbesar di Indonesia dan dinobatkan menjadi perusahaan unicorn sejak tahun 2017.

Tokopedia sendiri menyediakan berbagai produk mulai dari elektronik, fashion, kebutuhan rumah tangga, hingga produk-produk lokal

3. Traveloka

Selanjutnya ada traveloka adalah, perusahaan teknologi yang bergerak di bidang layanan perjalanan online. Menyediakan platform untuk memesan tiket pesawat, hotel, kereta api, dan berbagai aktivitas wisata.

Didirikan pada tahun 2012 dan ditetapkan menjadi perusahaan unicorn di Asia tenggara sejak tahun 2017 dengan nilai valuasi yang signifikan.

5. Kopi Kenangan

Berikutnya ada kopi kenangan brand kopi dan minuman kekinian yang sudah memiliki ratusan gerai di Indonesia. Brand ini didirikan pada tahun 2017 oleh Edward Tirtanata dan James Prananto dan ditetapkan sebagai perusahaan unicorn sejak Desember 2021.

4. Tiket.com

Contoh perusahaan unicorn terakhir adalah tiket.com, sebuah platform daring yang menyediakan layanan pemesanan tiket perjalanan secara online, seperti tiket pesawat, kereta api, hotel, acara, dan berbagai atraksi wisata.

Didirikan pada tahun 2011 oleh Natali Ardianto dan Wenas Agusetiawan, Tiket.com telah menjadi salah perusahaan unicorn di Indonesia sejak Mei 2022.

Kesimpulan

Dari seluruh penjelasan di atas dapat disimpulkan jika unicorn adalah perusahaan dengan valuasi fantastis dengan angka minimal US$ 1 miliar, melambangkan kesuksesan luar biasa dan inovasi dalam bisnis. Namun, dibalik pencapaian tersebut ada pondasi penting yang tidak mereka lewatkan.

Yakni pembukuan keuangan yang rapi dan akurat, dimana dengan catatan keuangan yang rapi dapat membantu Anda memantau kesehatan keuangan, menarik investor, dan memastikan kelancaran operasional perusahaan.

Pembukuan rapi dan akurat ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan aplikasi pembukuan keuangan online Beecloud. Belum yakin? Uji coba gratis sekarang juga dengan klik banner di bawah ini!

Beecloud Bisnis Lebih Profesional, Pembukuan Rapi

Artikel Terkait

OEM adalah Original Equipment Manufacturer, Ini Penjelasannya!
OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer, istilah yang menggambarkan perusahaan yang memproduksi komponen atau produk yang kemudian dijual dan
Baca Juga
Contoh Usaha Ekstraktif, Pengertian, Karakteristik dan Dampaknya
Contoh usaha ekstraktif mencakup berbagai sektor, mulai dari perikanan, pertambangan, kehutanan, hingga pertanian. Usaha ini juga menjadi salah satu sektor
Baca Juga
Karakteristik Perusahaan Dagang Berdasarkan Jenisnya
Sebagai pengusaha atau yang sedang memasuki dunia bisnis, memahami karakteristik perusahaan dagang adalah langkah awal yang penting. Perusahaan dagang memiliki
Baca Juga
Pengertian Sustainable Business, Contoh dan Konsepnya
Bisnis berkelanjutan atau sustainable business bukan hanya sekadar tren, melainkan sebuah pendekatan holistik yang menekankan pada pertanggungjawaban sosial dan lingkungan,
Baca Juga
Customer Satisfaction Adalah: Fungsi, Faktor dan Caranya
Secara bahasa, pengertian customer satisfaction adalah kepuasan pelanggan. Apa maksudnya? Konsumen dalam memenuhi kebutuhannya melalui produk berupa barang ataupun jasa,
Baca Juga
7+ Tips Memberi Nama Toko yang Bagus dan Mudah Diingat
Anda sedang bingung mencari nama toko yang bagus buat bisnis? Nama apa yang cocok digunakan, bagaimana tips memilih nama, semuanya
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu