Perusahaan jasa adalah salah satu jenis perusahaan yang digolongkan berdasarkan kegiatan yang dilakukan. Berbeda dengan perusahaan manufaktur atau dagang, perusahaan jenis ini menjual pelayanan sebagai bagian dari produknya kepada pelanggan
Oleh karena itu, perusahaan jenis ini berusaha memberikan pelayanan yang terbaik supaya bisnisnya berjalan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk melancarkan bisnisnya, perusahaan memakai gedung, peralatan, serta mengeluarkan beban operasional.
Setiap perusahaan masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri. Hal ini juga berlaku pada perusahaan yang bergerak pada bidang jasa.
Perusahaan yang bergelut di bidang jasa umumnya tidak membuat sebuah produk pada perusahaannya. Namun, perusahaan yang menawarkan pelayanan yang dapat dibutuhkan serta dimanfaatkan pelanggannya.
Lalu, dalam menjual jasanya ada 3 jenis transaksi yang biasa dilaksanakan oleh perusahaan jasa adalah pembelian, pendapatan, serta pembayaran. Perusahaan akan berusaha menjual jasanya yang terbaik agar bisa mendapatkan pendapatan yang maksimal.
Pendapatakan bisa dipakai untuk kebutuhan operasional perusahaan. Sedangkan komponen transaksi pembayaran ini seperti untuk membayar internet, sewa tempat, telepon, serta listrik.
Perusahaan tidak menjual produk berbentuk fisik atau barang. Meskipun begitu, manfaat dapat dirasakan oleh penggunanya. Pelayanan yang memiliki kualitas tinggi adalah hal paling penting supaya pelanggan terus percaya serta menggunakan jasanya.
Produk barang memiliki bentuk serta hasil yang sama. Namun, hal ini berbeda dengan perusahaan yang bergerak di bidang ini. Hasil dari layanan yang diterima bisa berbeda antara 1 konsumen dengan konsumen lainnya karena berdasarkan perspektif individu.
Karakteristik jenis perusahaan ini tidak memiliki harga pokok penjualan. Perusahaan tidak melaksanakan kegiatan produksi barang dikarenakan tidak memerlukan bahan baku produksi sehingga laporan keuangannya tidak ada harga pokok produksi penjualan.
Kebutuhan pelanggan umumnya selalu berbeda, tergantung keinginannya. Harga jasa tidak dapat distandarkan secara umum. Oleh karena itu harus disesuaikan dengan kebutuhan dari pelanggannya.
Baca Juga: Karakteristik Perusahaan Jasa dan Siklus Akuntansi Jasa
Tidak ada kepemilikan barang menjadi salah satu karakteristik yang dapat membedakan antara perusahaan bidang jasa serta dagang. Pelanggan hanya memiliki akses penggunaan fasilitas serta melakukan pembayaran di perusahaan bidang jasa ini.
Perusahaan yang menjual jasa tidak bisa disimpan sebagai investasi untuk jangka panjang. Ini dikarenakan tidak ada produk yang berbentuk fisik. Penawaran serta permintaan pada layanan umumnya memiliki waktu yang dekat dengan lainnya.
Ada beberapa contoh perusahaan jasa dengan mengenakan tarif tergantung ketentuan tertentu. Mulai dari perusahaan yang bergerak dibidang jasa keuangan, transportasi, perjalanan, logistik, dan lainnya.
Contoh perusahaan jasa yang pertama adalah jasa transportasi. Perusahaan ini telah ada dari dulu. Namun, cara yang dilakukan masih tradisional seperti becak, ojek pangkalan, serta bajaj. Seiring perkembangan teknologi saat ini, perusahaan yang menjual jasa ini mengalami digitalisasi.
Muncul perusahaan-perusahaan baru yang berbasis pada aplikasi seperti ojek atau taxi online. Perjalanan udara serta laut juga dapat dipesan hanya dengan aplikasi. Secara umum, tarif yang dikenakan dihitung berdasarkan waktu tempuh, jenis transportasi, hingga jaraknya.
Jasa perjalanan seperti biro perjalanan wisata atau agen travel. Keduanya sama-sama menyediakan jasa di bidang pariwisata. Biasanya, agen perjalanan menyediakan 2 jenis produk wisata.
Pertama, berdasarkan paket wisata yang telah disusun sebelumnya oleh agen perjalanan. Kedua, menerima request khusus dari calon wisatawan. Paket wisata ini bisa menjadi alat perantara antara wisata dengan produk wisata lain seperti tiket masuk serta penginapan.
Agen perjalanan umumnya menyediakan jasa pemandu wisata beserta fotografer yang dapat dipilih oleh wisatawan. Tidak hanya perjalanan wisata, agen travel biasanya juga menawarkan perjalanan bisnis.
Contoh perusahaan jasa yang ketiga adalah jasa logistik. Saat Anda berbelanja secara online, barang pesanan akan dikirim memakai ekspedisi logistik. Begitu juga saat Anda ingin mengirim barang ke teman atau keluarga, Anda dapat memakai jasa ekspedisi ini.
Ada beberapa perusahaan yang menjual jasa ekspedisi atau logistik telah berdiri lama serta cukup terkenal. Umumnya, biaya pengiriman dihitung berdasarkan layanan yang Anda pilih serta dimensi paketnya.
Proses kegiatan belajar mengajar tidak hanya dilaksanakan di sekolah formal, melainkan bisa di lembaga pelatihan atau tempat kursus lainnya. Sekarang ini telah banyak penyedia bimbingan belajar secara online.
Anda dapat memilih paket belajar tertentu. Lalu, menonton video pelatihannya. Umumnya, paket belajar juga menyediakan ujian online serta sertifikat setelah Anda lulus.
Contoh perusahaan jasa yang kelima adalah jasa perbaikan dan kebersihan. Perusahaan yang menjual jasa perbaikan serta kebersihan umumnya telah terintegrasi dengan produk lain seperti perbaikan barang elektronik serta bengkel kendaraan. Tidak hanya itu, ada juga cleaning service yang biasanya berkaitan dengan pembersihan area tertentu.
Baca Juga: 9+ Rekomendasi Usaha Modal Kecil dan Tips Mengelolanya
Jasa medis merupakan salah satu jasa yang paling penting serta sering diperlukan oleh seluruh masyarakat. Layanan yang biasanya diberikan seperti terapi, konsultasi kesehatan, bidan, perawatan kesehatan yang umumnya juga difasilitasi oleh fasilitas kesehatan.
Jasa medis ini sudah dapat Anda akses secara mudah serta cepat dengan sistem online. Ada beberapa penyedia aplikasi kesehatan yang memungkinkan Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter sampai melakukan diagnosis penyakit yang diderita.
Jasa telekomunikasi merupakan layanan telekomunikasi untuk memenuhi kebutuhan bertelekomunikasi dengan memakai jaringan telekomunikasi. Layanan ini terdiri dari jasa layanan internet seluler, jasa layanan pesan singkat, jasa interkoneksi, dan sebagainya.
Jasa kecantikan melayani beberapa hal seperti kesehatan kulit serta wajah, perawatan rambut, perawatan kuku serta tangan, perawatan kuku serta kaki, meditasi, aroma terapi, hingga terapi oksigen. Layanan kecantikan bisa bisa untuk perempuan maupun laki-laki.
Ada beberapa tahapan dalam melakukan pengelolaan keuangan perusahaan yang menggeluti bidang jasa. Mulai dari melakukan analisa transaksi, laporan keuangan, hingga neraca awal atau akhir.
Anda wajib melakukan analisa transaksi sehingga bisa dicatat dengan benar. Tidak semua proses transaksi ini dapat Anda catat. Transaksi yang bisa dicatat ialah transaksi yang mengakibatkan perubahan posisi keuangan serta mempunyai bukti.
Saldo yang ada pada neraca saldo wajib memiliki jumlah yang sama antara jumlah kredit serta debit. Apabila jumlahnya tidak seimbang berarti ada kesalahan di dalam pencatatan data.
Apabila di akhir periode akuntansi perusahaan yang bergerak dibidang jasa ada transaksi yang belum dicatat atau perlu dilakukan penyesuaian maka perlu dicatat dalam jurnal penyesuaian. Pencatatan ini biasanya dilakukan secara periodik.
Pembuatan neraca lajur ini merujuk pada neraca saldo serta jurnal penyesuaian. Jika keduanya telah Anda buat maka penyusunan neraca lajur dapat dilakukan secara mudah dan cepat.
Tahapan pengelolaan keuangan perusahaan yang bergerak dibidang jasa selanjutnya ialah membuat laporan keuangan. Laporan ini disusun seperti laporan laba rugi, laporan arus kas, neraca, serta perubahan modal.
Jurnal penutup ini hanya dapat dibuat pada akhir periode akuntansi saja. Dalam proses pembuatannya ada dokumen yang dipakai sebagai dasar penyusunan jurnal penutup laporan laba ragi seperti laporan perubahan modal.
Jurnal pembalik merupakan sebuah tahapan pembalikan beberapa akun yang sudah ditutup untuk mengembalikan saldonya. Akun perkiraan yang dibalik umumnya ialah pembayaran yang dibaar sebelum jatuh tempo.
Neraca ini dibuat di akhir periode pelaporan pada suatu perusahaan. Tujuannya untuk memastikan apakah antara pengeluaran dengan pendapatan yang dimiliki perusahaan seimbang atau tidak setelah penutupan buku ini dilaksanakan.
Untuk mengelola keuangan di usaha jasa, cara yang paling mudah dan efisien yaitu menggunakan software akuntansi Beeaccounting. Dengan Beeaccounting, pengelolaan keuangan perusahaan jasa dapat dilakukan secara otomatis dan terstruktur.
Software ini memiliki fitur-fitur yang lengkap, seperti pencatatan transaksi, keuangan dan laporan pendapatan. Selain itu, penggunaan Beeaccounting juga dapat membantu menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan pencatatan keuangan. Dengan menggunakan software akuntansi Beeaccounting, perusahaan jasa dapat memantau keuangan dengan mudah, sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan mengoptimalkan kinerja perusahaan.
Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi Beeaccounting dapat menjadi solusi yang tepat dalam mengelola keuangan di usaha jasa.
Perusahaan yang bergerak dibidang jasa memiliki perbedaan yang besar dengan perusahaan dagang maupun perusahaan lainnya. Mulai dari karakteristik, contoh, hingga tahapan pengelolaan keuangan.
Jika Anda kesulitan melakukan pengelolaan keuangan bisa menggunakan software Beecloud. Hal ini membuat Anda bisa melakukan 8 tahapan pengelolaan perusahaan jasa secara cepat dan mudah.