Logo Bee Web

Perdagangan Internasional: Pengertian, Dampak dan Manfaatnya

Perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang dilakukan oleh antar negara dengan tujuan mendapatkan keuntungan.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori: ,
Dipublish Tgl: Wednesday, 26 April 2023

Apa itu perdagangan internasional? Aktivitas transaksi jual beli yang dilakukan dalam skala internasional, dengan tujuan mendapatkan keuntungan atau laba. Transaksi ini bisa juga disebut dengan aktivitas impor dan ekspor.

Kegiatan ini tentu saja sangat menguntungkan karena pemasaran juga semakin luas dan tidak terbatas. Dalam kegiatan ini banyak yang terlibat didalamnya. Mari mengenal lebih dalam apa itu international trade atau perdagangan internasional pada artikel di bawah ini:

Apa yang Dimaksud Perdagangan Internasional?

International trade atau perdagangan internasional adalah kegiatan transaksi jual beli barang atau jasa antar negara untuk mendapatkan keuntungan. Istilah peradangan ini dibedakan menjadi dua kelompok yakni ekspor dan impor.

Ekspor sendiri adalah kegiatan perdagangan barang atau jasa dari satu negara ke negara luar, contohnya produk Indonesia dikirimkan ke negara lainnya. Sedangkan impor adalah kebalikan dari ekspor, yakni kegiatan perdagangan barang atau jasa dari luar negeri ke dalam negeri, contohnya Indonesia membeli produk dari negara lain.

Apa Itu Perdagangan Internasional

Dari perdagangan internasional tersebut, terbentuklah hubungan ekonomi antar negara (Credit: Freepik)

Adapun beberapa pengertian dari para ahli adalah sebagai berikut:

Menurut Febrianti dkk (2020), perdagangan internasional adalah bentuk dari perpanjangan produksi, pertukaran serta konsumsi, yang merupakan elemen dasar kehidupan. Produsen dan konsumen yang terlibat dalam perdagangan ini berasal dari negara-negara yang berbeda.

Pendapat hampir saja juga dijelaskan oleh Edi Supardi (2021) yang menjelaskan bahwa perdagangan internasional adalah kegiatan ekonomi dan perdagangan antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain dengan persetujuan bersama.

Dan terakhir ada pendapat Eddie Rinaldy dkk. (2020), perdagangan internasional adalah hubungan perdagangan antara dua negara yang berbeda, banyak dilakukan dalam bentuk ekspor dan impor.

Ciri – Ciri Perdagangan Internasional

Transaksi perdagangan internasional trade memiliki beberapa karakteristik khusus yang membedakan dengan jenis perdagangan lainnya, yakni:

  • Pihak penjual dan pembeli tidak saling bertemu
  • Dikenalkan melalui media promosi dari negara masing-masing
  • Harga barang atau komoditas yang akan dijual sudah ditentukan oleh kesepakatan internasional atau bargain position dari masing-masing pihak.
  • Pelaku usaha harus memenuhi syarat dan ketentuan tertentu, khususnya pengusaha di Indonesia.
  • Negara berperan cukup banyak dalam perdagangan ini, baik dalam urusan pajak atau perlindungan pengusaha.
  • Memiliki hukum yang telah mengatur setiap transaksi perdagangan internasional.
  • Transaksi menggunakan bahasa internasional
  • Mata uang menggunakan mata uang terkuat, seperti Dolar AS atau Dolar Singapura. Dst.

Bentuk - Bentuk Perdagangan Internasional

Selain memiliki karakteristik khusus, perdagangan ini juga dibedakan menjadi beberapa bentuk berdasarkan negara partisipannya, yakni’

1. Perdagangan Internasional Bilateral

Bentuk perdagangan internasional bilateral adalah sebuah kerja sama perdagangan yang dilakukan oleh dua negara yang berbeda, dengan harapan dan tujuan mendapatkan keuntungan ekonomi masing-masing. Hal ini bisa dicontohkan dengan hubungan ekonomi antara negara Indonesia dengan negara Jepang.

2. Perdagangan Internasional Regional

Kemudian, perdagangan internasional regional adalah kegiatan transaksi jual beli yang dilakukan oleh negara yang berbeda namun masih dalam satu kawasan tertentu, seperti ASEAN. Tujuannya pun hampir sama dengan bentuk perdagangan lainnya yakni mendapatkan keuntungan ekonomi negara masing-masing.

3. Perdagangan Internasional Multilateral

Terakhir ada perdagangan internasional multilateral yakni sebuah bentuk kerja sama perdagangan yang dilakukan oleh negara yang berbeda tanpa adanya batasan tertentu. Cakupan memasarkan bentuk perdagangan multilateral jauh lebih luas dibandingkan dengan bentuk perdagangan lainnya.

Contoh dari perdagangan multilateral yang ada adalah AFTA atau ASEAN Free Trade Area yang dilakukan oleh negara-negara di kawasan Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Faktor Pendorong Adanya Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional timbul karena adanya beberapa faktor pendorong, diantaranya sebagai berikut:

1. Pasar Bebas

Faktor pertama yang menyebabkan timbulnya perdagangan ini adalah adanya pasar bebas. Dimana liberalisme sudah ditanamkan dalam sistem perdagangan ini. Siapa saja berhak memperluas pasar dan penjualan produk barang dan jasa lintas negara.

Pengertian Pasar Monopoli

Pedagang dan pembeli yang mengatur penuh segala sesuatu terkait transaksi mereka

Adanya pasar bebas ini juga dibutuhkan kerja sama antar negara untuk menambah peluang meningkatnya keuntungan negara. Dari sinilah para individu atau kelompok saling berlomba untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan mereka.

2. Perbedaan Geografis

Faktor pendorong kedua adalah adanya perbedaan kondisi geografis, sudah menjadi pengetahuan umum jika setiap negara memiliki kondisi geografis yang beda yang juga menjadikan adanya perbedaan sumber daya alam.

Contohnya Indonesia negara beriklim tropis memiliki tumbuhan rempah yang melimpah berbeda dengan negara Eropa yang kondisi geografisnya tidak memungkinkan untuk budidaya rempah. Sehingga, Indonesia menjadi negara yang menjual belikan komoditas rempah pada negara di kawasan Eropa tersebut.

Berikutnya adalah perkembangan teknologi, yang memudahkan setiap individu dalam melakukan komunikasi tanpa batasan wilayah dan waktu, siapa saja dan dimana saja mereka yang ingin melakukan komunikasi bisa melakukan seketika itu saja asalkan memiliki kontak yang akan dihubungi.

Informasi yang disampaikan juga mudah tersebar dalam waktu sepersekian detik saja, menjadikan para pengusaha memanfaatkan peluang ini dan berlomba-lomba meningkatkan produksi dan penjualan melalui perdagangan internasional.

3. Perbedaan Pertumbuhan Teknologi dan Perkembangannya

Berikutnya masih tentang perbedaan, jika sebelumnya adalah perbedaan tentang kondisi geografis kali ini adalah perbedaan dalam pertumbuhan dan perkembangan teknologi. Meskipun sebagian besar negara di Dunia ini sudah mengalami perkembangan namun dalam segi pertumbuhan bisa dikatakan berbeda.

Perbedaan teknologi ini akan menjadikan negara penghasil barang mentah melakukan kegiatan ekspor pada negara yang bisa mengolahnya menjadi teknologi dan sebaliknya.

Manfaat Perdagangan Internasional

Adanya perdagangan ini menimbulkan banyak sekali manfaat bagi pebisnis maupun negara, berikut diantaranya:

  • Perdagangan skala internasional bisa memperluas pasar perdagangan
  • Dengan pasar yang semakin luas maka potensi penjualan meningkat semakin kuat.
  • Meningkatkan keuntungan penjualan baik bagi bisnis maupun negara.
  • Membuka peluang transfer teknologi yang akan memudahkan operasional bisnis.
  • Membuka lapangan pekerjaan dan lain sebagainya.

Kekurangan Perdagangan Internasional

Selain menimbulkan banyak manfaat, perdagangan ini juga memiliki beberapa kekurangan, yakni:

  • Persaingan bisnis semakin ketat
  • Industri kecil berpotensi kalah bersaing
  • Produk lokal berpotensi mengalami penurunan penjualan
  • Bergantung pada negara maju yang memberikan fasilitas teknologi dan sejenisnya.
  • Memunculkan eksploitasi sumber daya alam juga sumber daya manusia
  • Menimbulkan adanya penjajahan ekonomi dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Perdagangan internasional adalah transaksi jual beli yang dilakukan oleh antar negara dengan tujuan mendapatkan keuntungan. Dalam aktivitas perdagangan ini ada beberapa manfaat juga kekurangannya.

Manfaat dari perdagangan ini meliputi memperluas pasar yang berpotensi meningkatkan penjualan dan keuntungan juga pendapatan negara. Namun sayangnya perdagangan internasional ini juga berpotensi untuk menjadikan bisnis kecil kalah bersaing karena persaingan pasar yang semakin ketat.

Oleh sebab itu, setiap pebisnis perlu melakukan inovasi dan scale up secara berkala agar bisnisnya terus berkembang dan tidak kalah saing dengan persidangan kompetitor yang tidak ada kini sudah tidak ada batasnya. Buat bisnis seunik mungkin dan perkuat manajemennya agar pengelolaan dan penyusunan rencana bisa dilakukan dengan lebih matang.

Dalam perdagangan, software akuntansi Beecloud dapat membantu pebisnis mengatur pengeluaran, memantau pembayaran tagihan, dan mempercepat proses pembayaran. Jadi secara keseluruhan, software akuntansi memberikan manfaat yang sangat penting bagi berbagai jenis kegiatan perdagangan

Oleh karena itu, penggunaan software akuntansi online ini sangat dianjurkan agar dapat meminimalisir kerugian finansial dan meningkatkan keuntungan secara efektif.

Beecloud Untuk Pantau Cash Flow Dan Pengambilan Keputusan

 

 

Coba gratis Beecloud, klik gambar di atas

Artikel Terkait

Pengertian Penjualan, Jenis dan Strategi Optimasinya
Kegiatan penjualan mencakup semua aktivitas yang terlibat dalam jualan produk atau layanan kepada konsumen atau bisnis. Pada dasarnya penjualan itu
Baca Juga
Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui
Situasi ekonomi pada zaman sekarang menentukan target pasar menjadi hal yang sangat penting. Tak ada bisnis yang bisa menargetkan produknya
Baca Juga
Memahami Reorder Point dalam Manajemen Persediaan
Manajemen persediaan merupakan salah satu aspek penting dalam bisnis. Sebagai pemilik usaha atau manajer persediaan, Anda harus memastikan stok barang
Baca Juga
Toko Penjualan Ritel, Bisnis Praktis di Masa Pandemi
Toko penjualan ritel menjadi peminat banyak orang untuk dijadikan sebagai sumber pendapatan. Alasannya, barang yang dijual di toko ritel umumnya
Baca Juga
Sales Funnel: Pengertian, Tahapan dan Strategi Penerapannya
Sales funnel adalah konsep yang krusial dalam strategi pemasaran dan penjualan modern. Dalam dunia yang terus berubah ini, pemahaman yang
Baca Juga
Hard Selling Adalah: Kelebihan, Kekurangan dan Strateginya
Dalam dunia pemasaran, hard selling atau penjualan langsung adalah teknik yang digunakan untuk mempengaruhi calon konsumen agar segera membeli produk
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu