Contoh invoice tagihan adalah dokumen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Karena, dokumen ini memiliki fungsi bisnis yang sangat signifikan.
Setidaknya, faktur berguna sebagai bukti transaksi dan fasilitas komunikasi dengan pembeli. Dan juga, faktur digunakan untuk mendorong pembeli membayar tagihan mereka tepat waktu.
Namun, masih ada banyak bisnis yang bingung dan merasa sulit untuk membuat faktur ini. Untuk alasan ini, artikel ini akan membahas tentang invoice tagihan dan cara mudah untuk membuatnya.
Faktur berfungsi sebagai dokumentasi produk dan/atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda kepada pelanggan.
Faktur atau invoice tagihan adalah jenis tagihan yang mencakup daftar produk atau layanan terperinci yang menunjukkan berapa banyak barang atau layanan yang harus dibayar segera.
Faktur juga mencakup jumlah total yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo, dan persyaratan pembayaran tambahan, seperti opsi untuk membayar bulanan versus satu pembayaran.
Perusahaan biasanya mengirim tagihan faktur untuk mengumpulkan pembayaran untuk produk atau layanan yang telah mereka berikan kepada pelanggan mereka.
Dalam hal ini, pelanggan menerima pinjaman jangka pendek dari perusahaan tempat mereka melakukan bisnis dan harus membayar faktur sesuai dengan persyaratan pembayaran yang dijelaskan dalam faktur, seperti dalam 45 hari atau net 45.
Baca Juga: Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya
Invoice tagihan yang terlihat profesional melakukan pembayaran senyaman mungkin.
Tetapi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan kerja yang dilakukan, periksa perkiraan jam aktual yang Anda habiskan untuk klien atau proyek, serta memahami jam Anda yang dapat dikumpulkan dan tidak dapat ditagih.
Pada dasarnya, faktur berfungsi sebagai entitas antara dua pihak - satu menjadi vendor, pedagang atau pekerja lepas, dan klien atau pelanggan lainnya.
Faktur yang diterima dari pemasok atau vendor dicatat di bawah utang, sementara vendor mencatat jumlah yang sama di bawah piutang perusahaan mereka sendiri, yang sangat penting untuk mengelola pajak.
Namun secara keseluruhan, faktur yang tepat membantu kedua belah pihak melacak pekerjaan, jadi penting bagi Anda untuk mengetahui cara melakukannya dengan benar.
Sehingga faktur penagihan Anda terlihat lebih profesional, Anda dapat menggunakan fitur Invoud dari Beecloud yang menyediakan templat faktur yang dapat Anda pilih sesuai dengan karakteristik bisnis Anda.
Bagi mereka yang bosan dengan ketidakakuratan dan ketidakefisienan membuat faktur secara manual, otomatisasi adalah pilihan yang jelas dan sangat tepat.
Alih-alih harus mengelola spreadsheet dan menyimpan log dari semua pekerjaan Anda, pelacak waktu otomatis dan aplikasi faktur pintar sekarang dapat mengelola semuanya untuk Anda.
Mereka menawarkan tingkat akurasi faktur tertinggi dengan usaha terendah Anda akan benar-benar dibayar untuk semua pekerjaan Anda, bukan hanya bagian yang Anda ingat.
Untuk itu, Anda perlu menggunakan generator faktur dari Beecloud untuk membuat faktur secara otomatis dan memastikan bahwa Anda mengirim faktur tepat waktu.
Perlu diingat bahwa pengiriman tagihan faktur tepat waktu, adalah upaya untuk membuat pelanggan segera membayar pelanggan sehingga memiliki dampak positif pada arus kas bisnis Anda.
Dengan Beecloud, Anda tidak perlu repot-repot membuat faktur secara manual. Karena, hanya dengan satu klik, Anda dapat membuat faktur dan mengirimkannya ke pelanggan. Sangat mudah, bukan?
Ikuti step by step berikut ini untuk membuat invoice tagihan:
Membuat desain untuk invoice saat ini terbilang relatif mudah dengan berbagai alat dan program yang tersedia melalui internet. Menyesuaikan faktur sekarang menjadi mudah karena template siap digunakan yang dapat dengan mudah diedit.
Idenya adalah untuk memilih templat faktur tetapi lebih unik untuk bisnis. Ini karena faktur dapat memberi kesan kepada pelanggan tentang jenis perusahaan yang mereka hadapi.
Rincian penting perusahaan, seperti nama, alamat, dan detail kontak, harus dipertimbangkan. Penjual dan pembeli informasi kontak juga harus ditambahkan.
Selain itu, ide yang bagus untuk memasukkan logo perusahaan dalam faktur sehingga mudah diidentifikasi dan menciptakan kesan abadi di benak pelanggan.
Penjelasan terperinci tentang barang atau jasa yang disediakan dan tarif per unit, dan jumlahnya harus dijelaskan dalam faktur. Hal ini dapat dipastikan bahwa invoice diproses lebih cepat dan pembayaran untuk invoice diterima tepat waktu.
Jika klien tahu apa yang mereka bayar, pembayaran cenderung dilakukan lebih cepat. Disisi lain, ini dapat membantu klien dan penjual dalam mengidentifikasi invoice lebih cepat dari biasanya.
Tanggal memainkan peran yang sangat penting adalah memproses faktur dan memungkinkan penjual dan pelanggan melacak faktur yang jatuh tempo untuk pembayaran yang terlambat.
Tanggal secara otomatis menciptakan rasa tanggung jawab pada klien untuk memastikan bahwa pembayaran segera dilakukan. Pada saat yang sama, itu menciptakan tanggung jawab di pihak penjual untuk menindaklanjuti jika tidak membayar biaya.
Dimasukkannya tanggal berikut sangat penting untuk invoice yang efektif, yaitu:
Setiap faktur tagihan harus memiliki nomor seri yang unik untuk memfasilitasi pelacakan faktur. Nomor unik ini merupakan persyaratan penting untuk dokumentasi faktur yang sesuai, terutama untuk tujuan akuntansi dan pajak.
Hal ini akan lebih membantu pelanggan dan penjualn mengidentifikasi dan melacak faktur tertentu dengan lebih mudah.
Sejalan dengan deskripsi barang, jumlah, tarif per unit dan nilai setiap jenis barang yang disediakan harus dicapai, jumlah total barang juga harus dijelaskan dengan jelas, setelah itu pemisahan pajak yang berlaku juga ditunjukkan untuk menyediakan kejelasan.
Ketentuan pembayaran barang atau jasa yang disediakan dapat disepakati oleh kedua belah pihak. Namun, lebih disarankan untuk memasukkannya ke dalam invoice dengan tujuan dokumentasi karena faktur itu sendiri bertindak sebagai bukti untuk transaksi penjualan yang terjadi.
Metode pembayaran dapat disebutkan, baik itu tunai, cek, transfer bank atau metode pembayaran lainnya yang dapat diterima. Untuk transfer bank, perincian seperti nomor rekening, nama bank, dan nama penerima pembayaran adalah wajib hukumnya.
Ketentuan pembayaran, seperti diskon untuk pembayaran atau hukuman sebelumnya untuk rincian pembayaran, juga dapat ditambahkan, dalam hal apa pun.
Tidak diharuskan memiliki kolom catatan. Namun, karena faktur penagihan adalah sarana komunikasi antara klien dan perusahaan, selalu membantu menambahkan informasi apa pun yang mungkin berguna.
Berikut adalah beberapa kalimat yang dapat ditambahkan ke bagian kolom catatan:
Tanda tangan pada dokumen faktur semakin memperkuat posisi hukumnya sebagai bukti transaksi penjualan tertentu. Pada dasarnya, faktur yang dikeluarkan harus menyertakan tanda tangan yang valid, sehingga meningkatkan keaslian dokumen.
Tanda tangan pembeli dan penjual membuktikan bahwa kondisi untuk membeli dan menjual telah disepakati dan diterima oleh kedua belah pihak.
Setelah Anda memahami mengenai isi dan juga cara membuat faktur atau invoice tagihan, selanjutnya Anda bisa melihat secara langsung contoh invoice tagihan seperti berikut ini.
Baca Juga: 4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah
Itulah pembahasan mengenai contoh invoice tagihan yang selanjutnya bisa Anda praktekkan secara langsung. Namun jika Anda membutuhkan kemudahan dalam membuat invoice tagihan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.
Dalam membuat invoice tagihan untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu pembiayaan operasional bisnis, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda.
Anda memerlukan software akuntansi yang memiliki fitur kirim invoice via email yaitu Beecloud. Beecloud dapat membantu dalam aktivitas keuangan dan kemudahan dari bisnis yang lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi online dalam mencatat keuangan dan membuat invoice online, silakan klik di sini.
Selamat mencoba!