🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Contoh Invoice Tagihan dan Cara Mudah Membuatnya

Penulis: Farhan Anggara
Dipublish Tgl: Monday, 27 June 2022

Contoh invoice tagihan adalah dokumen yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Karena, dokumen ini memiliki fungsi bisnis yang sangat signifikan.

Setidaknya, faktur berguna sebagai bukti transaksi dan fasilitas komunikasi dengan pembeli. Dan juga, faktur digunakan untuk mendorong pembeli membayar tagihan mereka tepat waktu.

Namun, masih ada banyak bisnis yang bingung dan merasa sulit untuk membuat faktur ini. Untuk alasan ini, artikel ini akan membahas tentang invoice tagihan dan cara mudah untuk membuatnya.

Apa itu Invoice Tagihan?

Tanggal Penerbitan Invoice

Ilustrasi Invoice Tagihan

Faktur berfungsi sebagai dokumentasi produk dan/atau layanan yang disediakan oleh bisnis Anda kepada pelanggan.

Faktur atau invoice tagihan adalah jenis tagihan yang mencakup daftar produk atau layanan terperinci yang menunjukkan berapa banyak barang atau layanan yang harus dibayar segera.

Faktur juga mencakup jumlah total yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo, dan persyaratan pembayaran tambahan, seperti opsi untuk membayar bulanan versus satu pembayaran.

Perusahaan biasanya mengirim tagihan faktur untuk mengumpulkan pembayaran untuk produk atau layanan yang telah mereka berikan kepada pelanggan mereka.

Dalam hal ini, pelanggan menerima pinjaman jangka pendek dari perusahaan tempat mereka melakukan bisnis dan harus membayar faktur sesuai dengan persyaratan pembayaran yang dijelaskan dalam faktur, seperti dalam 45 hari atau net 45.

Baca Juga: Invoice Online: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Pentingnya Menggunakan Invoice Tagihan yang Tepat

Ilustrasi Wanita Melihat Tagihan (Sumber: Freepik.com)

Invoice tagihan yang terlihat profesional melakukan pembayaran senyaman mungkin.

Tetapi ini juga memungkinkan Anda untuk menyimpan catatan kerja yang dilakukan, periksa perkiraan jam aktual yang Anda habiskan untuk klien atau proyek, serta memahami jam Anda yang dapat dikumpulkan dan tidak dapat ditagih.

Pada dasarnya, faktur berfungsi sebagai entitas antara dua pihak - satu menjadi vendor, pedagang atau pekerja lepas, dan klien atau pelanggan lainnya.

Faktur yang diterima dari pemasok atau vendor dicatat di bawah utang, sementara vendor mencatat jumlah yang sama di bawah piutang perusahaan mereka sendiri, yang sangat penting untuk mengelola pajak.

Namun secara keseluruhan, faktur yang tepat membantu kedua belah pihak melacak pekerjaan, jadi penting bagi Anda untuk mengetahui cara melakukannya dengan benar.

Sehingga faktur penagihan Anda terlihat lebih profesional, Anda dapat menggunakan fitur Invoud dari Beecloud yang menyediakan templat faktur yang dapat Anda pilih sesuai dengan karakteristik bisnis Anda.

Otomatiskan Pembuatan Invoice Tagihan

Ilustrasi Otomatis Membuat Invoice Tagihan dengan Beecloud (Sumber: Bee.id)

Bagi mereka yang bosan dengan ketidakakuratan dan ketidakefisienan membuat faktur secara manual, otomatisasi adalah pilihan yang jelas dan sangat tepat.

Alih-alih harus mengelola spreadsheet dan menyimpan log dari semua pekerjaan Anda, pelacak waktu otomatis dan aplikasi faktur pintar sekarang dapat mengelola semuanya untuk Anda.

Mereka menawarkan tingkat akurasi faktur tertinggi dengan usaha terendah Anda akan benar-benar dibayar untuk semua pekerjaan Anda, bukan hanya bagian yang Anda ingat.

Untuk itu, Anda perlu menggunakan generator faktur dari Beecloud untuk membuat faktur secara otomatis dan memastikan bahwa Anda mengirim faktur tepat waktu.

Perlu diingat bahwa pengiriman tagihan faktur tepat waktu, adalah upaya untuk membuat pelanggan segera membayar pelanggan sehingga memiliki dampak positif pada arus kas bisnis Anda.

Dengan Beecloud, Anda tidak perlu repot-repot membuat faktur secara manual. Karena, hanya dengan satu klik, Anda dapat membuat faktur dan mengirimkannya ke pelanggan. Sangat mudah, bukan?

Cara Membuat Contoh Invoice Tagihan

contoh invoice tagihan

Ilustrasi Daftar Tagihan di Software Akuntansi Online Beecloud (Sumber: Bee.id)

Ikuti step by step berikut ini untuk membuat invoice tagihan:

  • Pilih Template Profesional

Membuat desain untuk invoice saat ini terbilang relatif mudah dengan berbagai alat dan program yang tersedia melalui internet. Menyesuaikan faktur sekarang menjadi mudah karena template siap digunakan yang dapat dengan mudah diedit.

Idenya adalah untuk memilih templat faktur tetapi lebih unik untuk bisnis. Ini karena faktur dapat memberi kesan kepada pelanggan tentang jenis perusahaan yang mereka hadapi.

  • Isi Detail Perusahaan

Rincian penting perusahaan, seperti nama, alamat, dan detail kontak, harus dipertimbangkan. Penjual dan pembeli informasi kontak juga harus ditambahkan.

Selain itu, ide yang bagus untuk memasukkan logo perusahaan dalam faktur sehingga mudah diidentifikasi dan menciptakan kesan abadi di benak pelanggan.

  • Masukkan Rincian Barang atau Jasa yang Disediakan

Penjelasan terperinci tentang barang atau jasa yang disediakan dan tarif per unit, dan jumlahnya harus dijelaskan dalam faktur. Hal ini dapat dipastikan bahwa invoice diproses lebih cepat dan pembayaran untuk invoice diterima tepat waktu.

Jika klien tahu apa yang mereka bayar, pembayaran cenderung dilakukan lebih cepat. Disisi lain, ini dapat membantu klien dan penjual dalam mengidentifikasi invoice lebih cepat dari biasanya.

  • Isi Tanggal yang Diperlukan

Tanggal memainkan peran yang sangat penting adalah memproses faktur dan memungkinkan penjual dan pelanggan melacak faktur yang jatuh tempo untuk pembayaran yang terlambat.

Tanggal secara otomatis menciptakan rasa tanggung jawab pada klien untuk memastikan bahwa pembayaran segera dilakukan. Pada saat yang sama, itu menciptakan tanggung jawab di pihak penjual untuk menindaklanjuti jika tidak membayar biaya.

Dimasukkannya tanggal berikut sangat penting untuk invoice yang efektif, yaitu:

  • Tanggal faktur
  • Tanggal penawaran barang atau jasa
  • Tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Isi Nomor Invoice Tagihan

Setiap faktur tagihan harus memiliki nomor seri yang unik untuk memfasilitasi pelacakan faktur. Nomor unik ini merupakan persyaratan penting untuk dokumentasi faktur yang sesuai, terutama untuk tujuan akuntansi dan pajak.

Hal ini akan lebih membantu pelanggan dan penjualn mengidentifikasi dan melacak faktur tertentu dengan lebih mudah.

  • Hitung Nilai Invoice Tagihan

Sejalan dengan deskripsi barang, jumlah, tarif per unit dan nilai setiap jenis barang yang disediakan harus dicapai, jumlah total barang juga harus dijelaskan dengan jelas, setelah itu pemisahan pajak yang berlaku juga ditunjukkan untuk menyediakan kejelasan.

  • Tetapkan Ketentuan Pembayaran

Ketentuan pembayaran barang atau jasa yang disediakan dapat disepakati oleh kedua belah pihak. Namun, lebih disarankan untuk memasukkannya ke dalam invoice dengan tujuan dokumentasi karena faktur itu sendiri bertindak sebagai bukti untuk transaksi penjualan yang terjadi.

Metode pembayaran dapat disebutkan, baik itu tunai, cek, transfer bank atau metode pembayaran lainnya yang dapat diterima. Untuk transfer bank, perincian seperti nomor rekening, nama bank, dan nama penerima pembayaran adalah wajib hukumnya.

Ketentuan pembayaran, seperti diskon untuk pembayaran atau hukuman sebelumnya untuk rincian pembayaran, juga dapat ditambahkan, dalam hal apa pun.

  • Sertakan Catatan di Kolom Catatan

Tidak diharuskan memiliki kolom catatan. Namun, karena faktur penagihan adalah sarana komunikasi antara klien dan perusahaan, selalu membantu menambahkan informasi apa pun yang mungkin berguna.

Berikut adalah beberapa kalimat yang dapat ditambahkan ke bagian kolom catatan:

  • Terima kasih telah memilih layanan kami. Kami berharap dapat segera mendapat tanggapan dari Anda.
  • Untuk potongan harga dan penawaran menarik lainnya, silakan hubungi kami.
  • Pembayaran awal akan mendapatkan diskon diskon.
  • Tanda Tangan

Tanda tangan pada dokumen faktur semakin memperkuat posisi hukumnya sebagai bukti transaksi penjualan tertentu. Pada dasarnya, faktur yang dikeluarkan harus menyertakan tanda tangan yang valid, sehingga meningkatkan keaslian dokumen.

Tanda tangan pembeli dan penjual membuktikan bahwa kondisi untuk membeli dan menjual telah disepakati dan diterima oleh kedua belah pihak.

Contoh Invoice Tagihan

Setelah Anda memahami mengenai isi dan juga cara membuat faktur atau invoice tagihan, selanjutnya Anda bisa melihat secara langsung contoh invoice tagihan seperti berikut ini.

Contoh Invoice Tagihan

Contoh invoice tagihan

Baca Juga: 4 Aplikasi untuk Membuat Invoice dengan Mudah

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai contoh invoice tagihan yang selanjutnya bisa Anda praktekkan secara langsung. Namun jika Anda membutuhkan kemudahan dalam membuat invoice tagihan, Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud.

Dalam membuat invoice tagihan untuk bisnis Anda, sangat penting untuk diperhatikan secara khusus agar dapat membantu pembiayaan operasional bisnis, dan utamanya agar tercapai kemajuan pada bisnis Anda.

Anda memerlukan software akuntansi yang memiliki fitur kirim invoice via email yaitu Beecloud. Beecloud dapat membantu dalam aktivitas keuangan dan kemudahan dari bisnis yang lebih besar. Jika Anda tertarik untuk mencoba menggunakan software akuntansi online dalam mencatat keuangan dan membuat invoice online, silakan klik di sini.

Selamat mencoba!

Customer Minta Invoice Online Dikirim Via Email Beecloud

Artikel Terkait

Tips Memilih Software Toko Program Kasir Terbaik
Berkembangnya teknologi telah memiliki dampak ke hampir seluruh aspek kehidupan, termasuk dalam urusan bisnis. Salah satu inovasi teknologi yang bermanfaat
Baca Juga
10 Aplikasi Dompet Digital Terbaik di Indonesia 2024
Aplikasi dompet digital terbaik atau e-wallet menyediakan berbagai transaksi keuangan yang menawarkan fleksibilitas, kepraktisan, dan kecepatan. Oleh karena itu, tidak
Baca Juga
Mesin Kasir Digital yang Punya Banyak Manfaat Untuk Toko Anda
Mesin kasir digital merupakan barang yang wajib dimiliki oleh pemilik toko atau minimarket sebagai alat bantu transaksi penjualan. Mesin kasir
Baca Juga
Contoh Pembukuan Sparepart dan Cara Membuat Pembukuan Sederhana
Contoh pembukuan sparepart adalah hal yang penting bagi pemilik usaha bengkel. Karena, pembukuan untuk jual beli sparepart sangat penting untuk
Baca Juga
Program Minimarket Gratis yang Patut Dicoba
Program minimarket dіреrlukаn di toko tеrtеntu аtаu ѕuреrmаrkеt kесіl. Bukаn hаnуа alat уаng bisa mеmbаntu operasional usaha kесіl. Kita mеmbutuhkаn
Baca Juga
9 Contoh Promosi Produk Lengkap dengan Tips Penerapannya
Ada banyak sekali contoh promosi yang bisa dilakukan pebisnis agar produknya bisa laku dipasaran. Selain laku, dengan menggunakan system promo
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu