Manajemen adalah salah satu elemen penting dalam keberhasilan suatu perusahaan. Adapun fungsi fungsi manajemen terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian.
Setiap fungsi memiliki peran yang sangat vital dalam keberhasilan suatu organisasi. Dalam melakukan fungsi manajemen, seorang manajer harus mampu memanfaatkan sumber daya perusahaan secara efektif dan efisien guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Pada artikel ini kami akan menyajikan informasi lengkap di bawah ini. Jika Anda penasaran, mari baca penjelasan berikut untuk mengetahuinya!
Manajemen merupakan bidang yang sangat luas dan kompleks sehingga sudah banyak dibahas oleh para ahli dari berbagai disiplin ilmu. Berikut ini adalah penjelasan tentang beberapa ahli tentang apa saja fungsi manajemen, antara lain:
Henry Fayol adalah seorang tokoh manajemen yang terkenal dengan kontribusinya dalam mengembangkan teori manajemen klasik.
Adapun menurut Henry Fayol adalah terdiri dari 5 fungsi paling utama, yaitu perencanaan, organisasi, pengarahan, koordinasi, dan pengendalian.
GR Terry atau George R Terry menyatakan dalam bukunya yang berjudul Principle of Management, Manajemen ini terdiri dari 4 elemen sama dengan fungsi secara umum, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian.
Salah satu tokoh manajemen ini mengemukakan fungsinya terdiri dari perencanaan, mengatur, motivasi, dan pengendalian.
Sementara itu, Louis A. Allen menyatakan empat fungsi, yaitu kepemimpinan, perencanaan, pengaturan, dan pengendalian.
Adapun fungsi yang disampaikan oleh Luther Gullick, yaitu perencanaan, pengaturan, personil, pengarahan, koordinat, pelaporan, dan budgeting .
Dalam dunia bisnis, manajemen sangatlah penting untuk mencapai kesuksesan dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Setiap bisnis membutuhkan manajemen yang efektif dan efisien untuk mengelola sumber daya dengan baik.
Agar bisa mencapai tujuan tersebut, ada empat fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian. Berikut ini adalah informasi lebih lebih lanjut bagi bisnis, yaitu:
Manajemen perlu membuat rencana dan strategi jangka pendek maupun jangka panjang untuk mencapai tujuan bisnis. Ini melibatkan proses menentukan tujuan, mengevaluasi sumber daya yang tersedia dan merumuskan rencana untuk mencapai tujuan tersebut.
Perencanaan dilakukan pada berbagai tingkatan dalam organisasi, mulai dari perencanaan strategis hingga perencanaan operasional. Arti dari perencanaan strategis adalah rencana jangka panjang yang melibatkan tujuan besar dan strategi untuk mencapainya.
Sementara itu, perencanaan operasional adalah rencana jangka pendek berupa tindakan-tindakan spesifik yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan dalam periode waktu cukup singkat. Termasuk anggarannya.
Baca Juga: Anggaran Adalah: Pengertian, Klasifikasi, Jenis dan Manfaat
Manajemen keuangan harus mengorganisasi sumber daya organisasi, baik manusia maupun non-manusia agar bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Fungsi pengorganisasian meliputi proses membangun struktur organisasi yang tepat, menentukan tugas dan tanggung jawab karyawan, membuat sistem kerja yang efektif dan efisien, serta mengembangkan budaya kerja yang positif.
Secara keseluruhan, pengorganisasian dalam manajemen adalah proses yang cukup kompleks dan terus berkembang.
Manajemen keuangan yang penting dalam mengelola sebuah organisasi atau perusahaan. Hal ini terdiri dari memberikan arahan, motivasi, dukungan, memfasilitasi komunikasi, mengambil keputusan, dan menyelesaikan konflik dalam organisasi.
Selain itu, manajemen juga menentukan visi misi perusahaan, membuat rencana kerja, hingga memantau dan mengevaluasi kinerja karyawan secara teratur guna memastikan bahwa mereka bekerja sesuai dengan rencana untuk mencapai tujuan perusahaan.
Pihak manajemen harus memonitor dan mengevaluasi kinerja organisasi secara terus-menerus untuk memastikan bahwa tujuan dan sasaran organisasi bisa dicapai.
Adapun beberapa pekerjaan yang dilakukan, yaitu pengukuran kinerja, analisis data, membuat perbaikan atau tindakan korektif jika ada masalah maupun ketidaksesuaian dengan tujuan perusahaan, mengevaluasi kinerja, dan memberikan umpan balik yang jelas.
Menerapkan empat fungsi yang sudah dijelaskan di atas bisa menjadikan bisnis mencapai efektivitas dalam pengelolaan sumber daya serta mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif dan efisien.
Selain itu, untuk memudahkan Anda dalam melakukan manajemen dan menerapkan fungsi manajemen dengan tepat bisa menggunakan bantuan dari software akuntansi online Beecloud dalam melakukan pengelolaan keuangan.
Sebab, dalam prakteknya penerapan manajemen keuangan tidak luput dari keuangan sebuah bisnis. Yang mana dimulai dari keuangan dulu baru kemudian dilakukan penyusunan perencanaan dan praktek manajemen lainnya.
Dengan perhitungan yang salah, maka potensi kegagalan yang terjadi juga besar. So, sudah saatnya Anda menjadi pebisnis profesional dengan manajemen dan keuangan yang matang.