Sponsor dan Sponsorship telah menjadi bagian umum dalam kehidupan sehari-hari, dengan perannya yang kini telah melampaui aspek komersial.
Kegiatan sponsor bahkan turut masuk ke dalam lingkup sosial masyarakat, di mana beberapa perusahaan mengambilnya sebagai bagian dari kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR).
Untuk lebih memahaminya, berikut ini penjelasan tentang pengertian sponsor yang bisa Anda pelajari :
Sponsorship atau sponsor adalah sebuah bentuk dukungan yang diberikan oleh suatu pihak kepada peristiwa, kegiatan, atau pihak lainnya. Sponsorship biasanya diberikan dalam bentuk uang, namun juga bisa berupa hibah atau peminjaman aset.
Dalam dunia komersial, sponsor adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pengiklan yang membayar sebagian atau seluruh biaya kegiatan. Sponsorship bisa menjadi strategi pemasaran yang efektif bagi perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan brand awareness.
Baca Juga: Pengertian, Jenis, dan Manfaat dari Brand Awareness
Dalam dunia media, sponsorship juga bisa diartikan sebagai pengiklan di program TV atau radio selama siaran berlangsung. Sponsor dalam bentuk ini dapat menjadi sumber pendapatan bagi stasiun televisi atau radio, sementara perusahaan yang menjadi sponsor dapat memanfaatkan media tersebut untuk memperluas jangkauan pasar dan membangun citra merek mereka.
Sponsor di media ini biasanya ditampilkan dalam bentuk iklan atau penyelipan logo atau produk sponsor dalam siaran tersebut.
Sponsorship juga bisa ditemukan pada kegiatan atau acara tertentu, di mana pihak sponsor menyumbangkan uang untuk mengelola acara tersebut. Sebagai timbal balik, orang atau penonton dalam kegiatan tersebut dapat melihat logo atau mendapatkan merchandise dari si pemberi dukungan.
Berikut ini terdapat 3 jenis sponsorship yang dapat dipilih oleh perusahaan :
Event sponsorship merupakan strategi pemasaran dan dukungan yang diberikan pada acara yang dilakukan secara offline. Bentuk yang paling umum adalah dengan membuka stand dan menampilkan spanduk di sekitar area acara.
Contoh acara yang sering menggunakan event sponsorship adalah konser musik, jalan sehat, lomba sepak bola, dan berbagai jenis acara lainnya.
Brand sponsorship adalah salah satu teknik pemasaran yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau merek melalui dukungan pada acara besar, penyebaran flyer, atau penayangan iklan di televisi.
Berbeda dengan event sponsorship yang bertujuan untuk mendukung berlangsungnya acara dan melakukan promosi, brand sponsorship merupakan taktik pemasaran yang dilakukan dengan mengadakan acara khusus yang dirancang untuk mempromosikan sesuatu.
Online sponsorship adalah salah satu jenis sponsorship yang diberikan pada kegiatan yang dilakukan secara online. Contohnya adalah webinar dan kompetisi online yang semakin banyak diadakan.
Brand yang memberikan dukungan pada acara tersebut biasanya akan ditampilkan dalam acara tersebut, misalnya dengan menyebutkan produk, memperkenalkan merek, atau mengadakan giveaway dengan tetap memperkenalkan merek sponsor.
Sponsorship memberikan manfaat yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik penerima maupun pemberi dukungan.
Berikut merupakan 4 poin manfaat sponsorship yang dapat diterima oleh perusahaan, di antaranya adalah sebagai berikut :
Dalam kerja sama sponsorship, pihak penerima biasanya memberikan kesempatan bagi perusahaan pemberi dukungan untuk memasang logo pada poster, banner, atau spanduk acara, bahkan membuka stand di lokasi acara.
Hal ini dapat membantu meningkatkan value brand awareness pada peserta yang hadir serta memudahkan perusahaan dalam mengenalkan produk dan jasa kepada target pasar yang sesuai.
Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui
Dengan memberikan sponsorship pada kegiatan positif, citra dan reputasi perusahaan dapat meningkat di mata masyarakat karena cakupan pengenalan produk dan perusahaan semakin luas dan dianggap memberikan dampak positif bagi masyarakat.
Contoh kegiatan positif tersebut adalah kegiatan kemanusiaan yang dapat meningkatkan opini baik dari masyarakat terhadap perusahaan.
Dalam masyarakat, sponsorship merupakan salah satu bentuk dukungan perusahaan terhadap berbagai kegiatan yang diadakan. Contohnya, kegiatan bakti sosial, lomba anak-anak, dan pelatihan keahlian untuk umum dan mahasiswa.
Melalui dukungan tersebut, tujuan acara untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat dapat tercapai, dan perusahaan dapat berkontribusi dalam pencapaian tujuan kemanusiaan tersebut.
Dalam suatu acara, perusahaan dapat mendirikan stand untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka sediakan. Hal ini dapat menjadi peluang untuk meningkatkan penjualan, selain dari media penjualan reguler yang dilakukan setiap bulannya.
Untuk Anda yang bisnisnya sering mendirikan stand di suatu pameran, Anda bisa menggunakan aplikasi kasir ini sebagai sistem pencatatan pendapatan penjualan produk Anda selama pameran.
Aplikasi kasir Beepos Mobile yang ringkas ini sangat cocok untuk Anda yang bisnisnya mobile dan sering pindah tempat. Karena tidak butuh menyiapkan peralatan yang berat, cukup pakai HP kesayangan, Anda sudah bisa melakukan pencatatan jualan Anda.
Memilih sponsor yang tepat sangat penting untuk kesuksesan kampanye pemasaran. Ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan dalam memilih sponsor yang tepat, yaitu kesesuaian nilai dan visi, relevansi target pasar dan audiens, potensi dampak positif bagi bisnis, serta ketersediaan dana dan sumber daya.
Kesesuaian visi ini adalah kriteria utama yang harus dipertimbangkan. Pilihlah sponsor yang memiliki nilai dan visi yang sejalan dengan bisnis kamu agar lebih mudah untuk melakukan promosi dan menghasilkan dampak positif yang besar.
Yang kedua adalah relevansi target pasar dengan audienss sangat penting untuk memastikan bahwa sponsor yang dipilih dapat menjangkau audiens yang tepat dan relevan dengan bisnis kamu. Pastikan sponsor memiliki audiens yang sesuai dengan target pasar bisnis kamu agar kampanye pemasaran lebih efektif.
Selanjutnya adalah potensi dampak positif ke bisnis adalah kriteria yang tak kalah penting. Pilihlah sponsor yang memiliki potensi untuk meningkatkan visibilitas dan citra bisnis kamu.
Sponsor dengan brand yang sudah terkenal dan memiliki reputasi baik dapat membantu meningkatkan kredibilitas dan popularitas bisnis kamu.
Poin ini juga harus dipertimbangkan dalam memilih sponsor. Pastikan kamu memiliki dana dan sumber daya yang cukup untuk menunjang kerjasama dengan sponsor. Kerjasama yang baik akan membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, sehingga kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.
Dalam memilih sponsor yang tepat, ada baiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu untuk menemukan sponsor yang sesuai dengan kriteria-kriteria di atas. Dengan memilih sponsor yang tepat, bisnis kamu dapat mendapatkan keuntungan yang besar dari kerjasama pemasaran yang dilakukan.
Dapat disimpulkan bahwa sponsor merupakan salah satu faktor penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Sponsor dapat memberikan manfaat yang signifikan, mulai dari dukungan finansial hingga exposure yang lebih besar kepada target pasar.
Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, penting untuk memilih sponsor yang tepat seperti yang sudah dijelaskan di atas.
Di era digital saat ini, sponsor masih memiliki tantangan dan peluang tersendiri dalam memanfaatkan platform digital. Sebagai contoh, terdapat banyak pilihan platform digital seperti media sosial dan aplikasi mobile yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana promosi.