🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Pengertian Serta Cara Membuat Penawaran

Pernahkah Anda mendengar istilah tentang surat penawaran? Disini kami akan membahas secara rinci tentang surat penawaran dan cara membuat penawaran.
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Dipublish Tgl: Wednesday, 27 November 2019

Pernahkah Anda mendengar istilah tentang surat penawaran? Namun Anda tak perlu khawatir jika sama sekali belum pernah mendengar tentang surat penawaran tersebut. Sebab kami akan membahas secara rinci tentang surat penawaran dan cara membuat penawaran. Yuk, simak uraiannya di bawah ini.

Baca Juga: Pentingnya Membuat Laporan Keuangan Perusahaan dengan Tepat

Pengertian Surat Penawaran

membuat penawaran

Penawaran (Sumber: Freepik.com)

Surat penawaran merupakan salah satu surat yang sengaja dibuat untuk bisa menjalin suatu kerjasama atau dibuat untuk menawarkan suatu barang atau jasa dari perusahaan satu ke perusahaan yang lainnya. Surat penawaran ini pada umumnya akan dibuat oleh Para investor yang bekerja dalam segi ekonomi berupa negosiasi terkait dengan penjualan maupun pembelian suatu barang beserta melampirkan harga yang akan ditawarkannya.

Bentuk dari surat penawaran ini pada umumnya yaitu resmi serta saat di dalamnya terdapat rincian, maka rencana tersebut harus dituliskan dengan sangat detail sebagaimana penulisan pada rincian harga atau juga barang. Mampu membuat sebuah surat penawaran baik itu jasa atau barang, tentunya bagi suatu perusahaan tertentu hal tersebut merupakan salah satu hal yang cukup penting untuk perusahaan tersebut. Dengan demikian jika dalam suatu perusahaan maka surat penawaran tersebut tidak boleh dibuat dengan asal-asalan dan harus resmi serta baku.

Nah, di bawah ini ada beberapa hal yang perlu untuk Anda perhatikan Ketika Anda ingin membuat surat penawaran baik itu jasa ataupun barang. Ini bertujuan supaya nantinya para investor maupun pihak yang lainnya punya minat terhadap barang atau jasa yang Anda tawarkan tersebut. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Nama suatu perusahaan yang akan memberikan suatu penawaran
  • Jumlah stok barang atau jasa yang mampu disediakan untuk konsumen
  • Merek dari suatu produk yang akan ditawarkan pada konsumen
  • Penjelasan terkait dengan harga khusus bagi pembeli dalam jumlah tertentu
  • Cara pembayaran produk beserta syaratnya misalnya harus dibayar lunas di awal, COD atau bayar di tempat, sistem DP dan lain sebagainya
  • Harus menjelaskan secara detail kualitas barang dan jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen
  • Cara melakukan pengiriman barang kepada konsumen
  • Sertakan dokumen administrasi untuk pendukung misalnya daftar rekam jejak, katalog produk, NPWP dan SIUP

Software Penawaran 1x Klik

Cara yang Baik untuk Membuat Penawaran

Di bawah ini ada 5 cara untuk membuat penawaran yang benar dan baik:

1. Kop Surat

Kop surat yang terdapat di penawaran tersebut harus berisikan terkait dengan informasi suatu perusahaan yang akan memberikan penawaran. Misalnya seperti di bawah ini:

  1. Nama perusahaan
  2. Alamat perusahaan
  3. Nomor telepon perusahaan
  4. Kontak email perusahaan
  5. Fax perusahaan

2. Kepala surat

Bagian kepala surat yang terdapat pada penawaran pada umumnya harus berisikan terkait dengan keterangan tentang hal-hal berikut ini:

  1. Nomor surat
  2. Tanggal membuat surat
  3. Alamat tujuan surat
  4. Perihal
  5. Lampiran

3. Kata pembuka

kata pembuka yang terdapat pada surat penawaran biasanya akan berisikan “Dengan hormat” serta memberikan penjelasan yang singkat apa tujuan dari pengiriman penawaran tersebut.

4. Isi Surat

Di bagian isi pada surat penawaran harus menguraikan dengan sangat detail dan lengkap terkait dengan harga barang maupun jasa yang akan ditawarkan kepada konsumen. Isi surat penawaran tersebut akan semakin detail dengan adanya keterangan tambahan yang terdapat di bagian lampiran.

5. Penutup Surat

Di bagian terakhir pada surat penawaran yaitu penutup surat, maka Anda harus mencantumkan tentang harapan dan juga himbauan. Dua hal tersebut ditujukan untuk calon konsumen agar bisa saling menjalin kerjasama yang baik dengan memberikan penawaran.

Nah, surat penawaran sebenarnya sangat mudah untuk dibuat asalkan memperhatikan hal-hal seperti di atas. Jadi artikel di atas semoga bisa bermanfaat untuk Anda terutama yang akan membuat surat penawaran.

Artikel Terkait

8 Cara Menentukan Harga Jual Produk Anda
Bagaimana cara menentukan harga jual produk? Faktor-faktor apa saja yang Anda perhitungkan? Menetapkan harga jual untuk produk bisa menjadi tugas
Baca Juga
Mengapa Aplikasi Cafe Penting untuk Bisnis Cafe Anda?
Aplikasi cafe hadir karena perkembangan teknologi di dunia sangatlah pesat. Kini banyak sebuah aplikasi yang dapat memudahkan pengelolaan bisnis di
Baca Juga
Pengertian Digital Marketing Agency, Peran dan Rekomendasinya
Saat ini banyak perusahaan yang menggunakan pihak ketiga, yaitu digital marketing agency untuk membantu mereka dalam berbagai rancangan atau proyek
Baca Juga
Pentingnya Menggunakan Software Perusahaan Dagang
Setiap usaha selalu memiliki beberapa kegiatan operasional untuk menjulang berjalannya usaha. Terutama perusahaan dagang. Banyak sekali bisnis yang saat ini
Baca Juga
Contoh Bill of Lading, Pengertian, Jenis dan Fungsinya
Dalam dunia transportasi, bill of lading adalah kunci kepemilikan barang. Dokumen ini menjadi kunci dalam mengkonfirmasi kepemilikan barang yang dikirim
Baca Juga
Mengenal Buyer Persona, Elemen, Manfaat dan Cara Membuatnya
Dalam dunia pemasaran, pemahaman yang mendalam tentang target audiens atau konsumen potensial sangat penting. Salah satu alat yang efektif untuk
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu