Logo Bee Web

Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran

7 konsep marketing mix sangat dibutuhkan setiap pengusaha untuk memajukan bisnisnya. Berikut ini pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran;
Penulis: Feni Purwantini
Dipublish Tgl: Saturday, 19 September 2020

Istilah marketing mix banyak digunakan oleh pebisnis. Banyak sekali artikel yang membahas mengenai strategi pemasaran satu ini. Artikel-artikel yang membahas mengenai bahasan yang satu ini pun banyak sekali bertebaran di internet.

Atau mungkin sebagian dari Anda, ada yang belum tahu apa itu marketing mix atau yang disebut juga Bauran Pemasaran. Artikel ini akan memuat penjelasan marketing mix dengan padat dan jelas, dan setelah membaca artikel tentang bauran pemasaran ini semoga bisnis Anda semakin ramai.

Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran

Marketing Mix (Sumber: Freepik.com)

Pengertian Lengkap Marketing Mix atau Bauran Pemasaran

Lantas apa yang dimaksud Marketing Mix? definisi marketing mix adalah sebuah startegi pemasaran yang memiliki tujuan menjual produk atau jasa semaksimal dan sefektif mungkin dengan cara menganalisa data-data pemasaran yang ada. Sehingga dapat menentukan kiranya bauran pemasaran yang cocok untuk suatu perusahaan.

Sedangkan menurut kotler dan amstrong marketing mix adalah sekumpulan variable-variabel marketing, yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan.

7P Konsep Marketing Mix yang Perlu Anda Ketahui!

Istilah marketing mix dalam manajemen pemasaran meliputi 7P. Dahulu cuma ada 4P yaitu product, place, price dan promotion. Namun dengan berkembangnya jaman maka 4P ini sekarang berkembang menjadi 7P.

Apa saja itu 7P ? baca artikel ini sampai selesai karena akan saya jabarkan secara lengkap dan detail. Inilah 7P konsep marketing mix yang perlu Anda ketahui ;

Mareketing mix

7P Marketing Mix (Sumber: Freepik.com)

1. Products / Produk

Produk adalah komponen dasar penyusun Bauran Pemasaran. Produk ini bisa berupa jasa maupun barang, baik produksi sendiri maupun membeli dari supplier.

Namun harus diingat saat menciptakan sebuah produk Anda harus melalui riset pasar terlebih dahulu. Apakah produk tersebut dibutuhkan oleh orang banyak atau tidak. Kalau era bisnis dewasa ini bukan hanya sebuah produk yang dijual namun solusi.

Contohnya perusahaan gojek maupun grab yang menawarkan solusi bagi orang-orang yang malas untuk menyetir sendiri karena jalanan macet. Males antri berjam-jam hanya untuk sekedar membeli makanan dll.

2. Price / Harga

Dalam menentukan harga sendiri harus pintar. Jangan terlalu murah karena itu bisa membahayakan bisnis, atau sebaliknya jangan terlalu mahal agar customer tetap bisa membeli. Jika perlu Anda bisa cek harga pasaran dan harga kompetitor.

Jika memang terpaksa harus menjual mahal karena biaya produksi tinggi. Maka pastikan pelayanan yang Anda tawarkan berbeda dari kompetitor. Baik dari segi pelayanan kepada customer ataupun after salesnya jika barang tersebut bukan barang sekali pakai dll.

Intinya harus pintar-pintar dalam menunjukkan keunggulan produk atau perusahaan Anda dibandingkan kompetitor.

3. Place / Tempat

Memilih Tempat Berjualan

Memilih Tempat Berjualan (Sumber: Pexels.com)

Pemilihan tempat usaha menjadi faktor penting dalam kesuksesan sebuah bisnis. Lagi-lagi harus riset dulu apakah kiranya tempat tersebut cocok untuk bisnis yang akan Anda buka.

Jika bisnis Anda bergerak dibidang kuliner seperti restoran atau café. Maka carilah tempat-tempat yang mudah dijangkau perhatikan juga kemudahan customer dalam parkir.

Nah jika bisnisnya bergerak dibidang distributor maka perhatikan segi keamanan dan juga kemudahan dalam pendistribusian barangnya. Agar barang tersebut lebih cepat sampai ketangan customer.

4. Promotion / Promosi

Ketika ketiga konsep diatas sudah ada. Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalah promosi. Dengan promosi inilah customer bisa tahu akan produk yang Anda jual. Manfaatkanlah semua media promosi yang ada saat ini. Baik yang berbayar maupun yang gratis seperti sosial media.

5. Physical Evidence / Bukti Fisik

Bukti fisik ini biasa berupa, logo perusahaan, visi. Ini juga bisa juga tampilan dari produk kita, packingnya harus menarik. Kalau bisnis kuliner membutuhkan tempat dengan tampilan menarik, unik dan nyaman tentunya.

6. People / Orang

Maju dan tidaknya suatu bisnis juga tergantung pada SDM yang dimilki. Apakah orang-orang yang bekerja dengan Anda berkompeten atau tidak. Mulai dari marketing, front office, admin dll.

Oleh karena itu Anda harus melakukan test untuk menguji kemampuan calon karyawan. Agar karyawan yang bekerja di tempat Anda benar-benar orang yang kompeten.

7. Process / Proses

Proses ini dimulai dari produksi sampai kepada pendistribusiannya harus terencana dengan baik. Karena itu sangat penting untuk suatu perusahaan membuat panduan kerja (SOP) sistem operasional perusahaan.

Kesimpulan

Penerapan marketing mix ini harus memiliki 7 konsep yaitu Product, Price, Place, Promotion, Physical Evidence, People, dan Process. Dan 7 konsep di atas akan suskses jika saling bersinambungan.

Dan ini satu lagi yang tidak boleh terlupakan yaitu data. Setelah Anda menetukan tempat, produk, harga dan promosi maka Anda harus tahu bagaimana data penjualan. Apakah mengalami kenaikan atau masih sama saja.

Banner Beecloud Bikin Laporan Neraca 1x Klik

Data penjulan haruslah akurat dan UpToDate agar lebih cepat dalam Anda menganalisanya, kemudian mengambil keputusan langkah apa saja yang harus dilakukan jika penjualan tidak naik, Anda bisa langsung ubah strategi. Dan sebaliknya jika penjualan naik maka harus dipastikan stock tersedia dengan baik.

Untuk itu Anda membutuhkan software penjualan yang bisa menyajikan laporan stock sekaligus. Dan Beecloud merupakan salah satu software penjualan yang sangat lengkap plus hargnya terjangkau jadi sangat cocok bagi Anda.

Anda bisa coba dulu software Beecloud untuk melihat bagaimana cara kerjanya secara gratis. Langsung saja klik disini untuk mendaftar. Oh ya sampai kelupaan selain itu Beecloud sistemnya juga sudah online. Jadi Anda bisa mengecek semua aktivitas di perusahaan dengan sekali klik dari mana saja dan kapan saja. Selamat mencoba!

Artikel Terkait

5 Kriteria Konsep Diferensiasi Produk dan Contohnya
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), diferensiasi adalah proses pembagian atau pembedaan hak dan kewajiban warga negara berdasarkan perbedaan usia,
Baca Juga
Clickbait: Jenis, Alasan Pro dan Kontra serta Tips Penggunaannya
Clickbait adalah teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik perhatian pembaca dengan judul yang menarik dan kontroversial, namun seringkali tidak sesuai
Baca Juga
Preloved Artinya: Pengertian, Cara Jual dan Keunggulannya
Preloved artinya menjual barang yang telah digunakan namun masih dalam kondisi layak pakai dan masih terjamin kualitasnya, baik dari kondisi
Baca Juga
Sales Funnel: Pengertian, Tahapan dan Strategi Penerapannya
Sales funnel adalah konsep yang krusial dalam strategi pemasaran dan penjualan modern. Dalam dunia yang terus berubah ini, pemahaman yang
Baca Juga
5+ Ide Jualan Makanan beserta Tips Strategi Jitunya
Ide jualan pada saat ini ada banyak variasi dan salah satu ide jualan yang menguntungkan saat ini adalah ide jualan
Baca Juga
Apa itu Negosiasi? Ini Jenis dan Strateginya dalam Bisnis
Negosiasi adalah proses perundingan antara dua pihak atau lebih untuk mencapai kesepakatan yang saling menguntungkan. Dalam proses ini, setiap pihak
Baca Juga

Artikel Populer

Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Bagaimana Cara Agar Jualan Laris Manis? Ini Dia Tipsnya
Punya bisnis apa saja pastinya ingin jualannya laris manis, hingga tidak dipungkiri lagi jika setiap pelaku usaha mencari cara terbaik
Baca Juga
13 Contoh Analisis SWOT Makanan dan Cara Menyusunnya
Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) telah menjadi alat yang sangat penting dalam merinci strategi bisnis, salah satunya adalah analisis
Baca Juga
Mengenal Sejarah Akuntansi Secara Singkat
Sejarah awal akuntansi ini ada dengan seiring manusia mengenal hitungan uang serta cara pencatatanya. Oleh karena itu akuntansi juga dikenal
Baca Juga
10 Contoh Makanan Khas Daerah yang Dimodifikasi
Mengulik kekayaan kuliner nusantara tidak pernah ada habisnya. Setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang mencerminkan budaya dan tradisi
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu