🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

8 Fitur Toko Online Wajib Ada dalam Situs Web

Situs Toko Online hadir dalam beragam bentuk dan variasi. Dalam membangun sebuah situs toko online, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan fitur yang bisa
Penulis: Rizal Arisona
Kategori:
Terbit: Tuesday, 27 August 2019
Diperbarui: Friday, 7 July 2023
Daftar Isi

Situs Toko Online hadir dalam beragam bentuk dan variasi. Dalam membangun sebuah situs toko online, Anda akan dihadapkan pada banyak pilihan fitur yang bisa ditambahkan. Walau semakin banyak fitur menarik yang ditawarkan, jangan sampai Anda lupa menambahkan beberapa yang disebutkan dalam artikel ini. Karena, keberadaannya sangat berpengaruh terhadap kesuksesan situs toko online Anda.

Fitur-Fitur Toko Online yang Harus Ada dalam Situs

situs toko online

Sediakan Gratis Ongkir (Sumber: Freepik.com)

Berikut ini beberapa informasi dan fitur yang harus Anda cantumkan pada toko online Anda:

1. Nomor Telepon

Hal yang harus ada dalam bisnis toko online adalah memudahkan pelanggan berkomunikasi tanpa menggunakan internet. Memang e-mail sangat umum digunakan pada saat ini, namun bisa saja terjadi beberapa masalah seperti tertundanya pesan, bersifat kurang pribadi, serta mungkin saja ada pelanggan yang memerlukan kontak dengan bisnis Anda namun tidak memiliki koneksi internet. Memiliki nomor telepon yang bisa dihubungi juga memberikan kesan profesional pada bisnis yang Anda jalankan.

2. Pelacakan Pengiriman

Pelanggan yang sudah percaya pada produk Anda tentunya berhak mendapatkan kemudahan melacak pesanan mereka. Berikan pemberitahuan pada setiap tahap pengiriman barang, dan jangan lupa berikan nomor resi. Kebanyakan penyedia jasa kurir sudah menyediakan layanan melacak pengiriman barang yang bisa dimanfaatkan konsumen Anda.

3. Pengiriman Gratis

Meskipun banyak pelanggan yang lebih memperhatikan kualitas dan tak keberatan membayar berapa pun, ada juga yang ingin mendapatkan harga terendah untuk suatu produk. Untuk menekan biaya, tentunya pilihan pengiriman gratis sangat menguntungkan.

Agar tidak berujung pada kerugian, tetapkan jumlah pembelian minimum untuk mendapatkan pengiriman gratis. Pastikan juga Anda yang menentukan kurir sehingga bisa memilih mana yang menawarkan biaya pengiriman paling rendah.

4. Gambar Produk Berkualitas Tinggi

Salah satu hal yang menghambat orang saat berbelanja online adalah tidak bisa melihat serta menyentuh barang yang dipesan. Agar pelanggan lebih percaya pada produk yang Anda tawarkan, berikan foto produk yang jelas, bisa diperbesar, dan diambil dari berbagai sudut pandang.

Jika memungkinkan, sediakan foto 360 derajat atau video yang menunjukkan detail. Pastikan semua gambar bisa di-zoom sehingga pelanggan bisa melihat detail yang mereka inginkan.

Baca Juga: Perbedaan E-commerce dan Marketplace, Mana yang Tepat

5. Fitur Pencarian

Meskpun Anda merasa navigasi dan pengaturan halaman dalam situs sudah sangat baik dan tertata rapi, fitur pencarian tetap harus ada. Terlebih jika Anda menawarkan beragam produk, pelanggan akan dimudahkan dengan pencarian berdasarkan kata kunci.

6. Ulasan Produk

Memasukkan ulasan produk oleh pelanggan sebelumnya sangat penting bagi situs toko online karena beberapa alasan. Pertama, adanya ulasan akan meningkatkan kepercayaan pelanggan pada toko Anda dan produknya karena adanya pendapat dari orang lain. Hal ini juga membuktikan bahwa toko Anda memiliki pelanggan yang nyata. Alasan berikutnya adalah situs Anda bisa tampil lebih dulu di hasil pencarian online sehingga lebih banyak calon pelanggan yang berkunjung.

7. Checkout Tamu

Keharusan untuk membuat akun sebelum membuat pesanan seringkali membuat orang malas melanjutkan pembelanjaan mereka, sehingga merugikan bagi bisnis. Untuk menghindari terjadinya hal ini, tambahkan fitur bagi pembeli untuk menyelesaikan pembelian atau checkout tanpa harus memiliki akun. Selain proses belanja akan berlangsung lebih cepat, pelanggan tidak akan kapok berbelanja di toko online Anda.

8. E-mail Berlangganan

E-mail bisa menjadi sarana yang baik bagi Anda untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan. Di halaman checkout, berikan pilihan pada pelanggan untuk berlangganan e-mail dari toko online Anda yang nantinya akan berisi berbagai penawaran dan berita terkini. Untuk hasil terbaik, kirimkan e-mail berlangganan ini setidaknya satu bulan sekali.

Pantau Perkembangan Bisnis Online Kamu dengan Beecloud

Thumbnailvid Aplikasi Pembukuan Online Shop

Selain memasang fitur yang akan memudahkan Anda dalam melayani pelanggan, Anda juga perlu memantau bisnis secara berkala agar mengetahui bagaimana perkembangannya. Mulai dari memantau berapa barang yang terjual, mana produk yang paling laris hingga laporan keuangannya.

Untuk hal ini Anda bisa menggunakan aplikasi pembukuan online shop dari Beecloud, Anda hanya permu menginputkan data penjualan dan laporan keuangan langsung jadi. Tidak perlu repot-repot dengan akuntansi manual. Beecloud sudah menyediakan solusi digital yang lengkap dan efisien untuk bisnis Anda. Dapatkan keuntungan lebih dengan langganan sekarang juga!

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu