🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Pasar Oligopoli: Definisi, Ciri, Contoh, dan Jenisnya (Lengkap)

Pasar oligopoli adalah market yang dikuasai beberapa perusahaan dimana produsen dan konsumen tidak seimbang
Penulis: Lutfatul Malihah
Kategori:
Dipublish Tgl: Friday, 10 March 2023

Banyak jenis pasar yang dapat dipahami seperti contohnya pasar oligopoli. Jika pasar monopoli berarti market yang dikuasai satu produsen, bagaimana dengan oligopoli? Tentu saja hal ini menarik untuk dipahami.

Baca Juga: Pasar Monopoli: Mengenal Lebih Dekat yang Terjadi di Indonesia

Jenis pasar ini memiliki keunikan tersendiri dari segi perbandingan konsumen dan produsennya. Lebih lengkap tentang tipe market ini, berikut pembahasannya.

Apa itu Pasar Oligopoli?

Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Ilustrasi Proses Transaksi pada Pasar Oligopoli (Sumber: Freepik.com)

Pasar persaingan tidak sempurna disebut juga dengan oligopoli. Pasar oligopoli adalah market yang dikuasai beberapa perusahaan dimana produsen dan konsumen tidak seimbang.

Akan lebih banyak konsumen dibanding produsen di dalam tipe market ini yang bisa menyebabkan persaingan kurang sehat. Jumlah produsennya yang sedikit dibanding konsumennya memiliki gap tinggi terhadap penentuan harga.

Seperti namanya Pasar persaingan tidak sempurna, persaingan ketat para penjual akan sering terjadi, bahkan tidak jarang ada upaya banting harga. Pasar satu ini kehadirannya memang ada, dimana produsen bersaing ketat meraih sebanyak-banyaknya konsumen.

Hadirnya pasar satu ini membuat produsen yang jumlahnya sedikit menjadi penguasa pasar. Alhasil, produsen baru akan sulit masuk ke dalamnya dan membuat iklim dagang kurang sehat. Oleh karena itu, larangan praktek ini dilarang pemerintah dalam UU No.5 tahun 1999.

Jenis-jenis Pasar Oligopoli di Dalam Dunia Bisnis

Setelah memahami apa itu pasar oligopoli atau asar persaingan tidak sempurna, saatnya memahami apa saja jenis-jenisnya. Untuk jenis dari tipe market ini ada beberapa diantaranya:

1. Pasar Oligopoli Dibedakan/Terdiferensiasi

Produk yang dijual dalam jenis pasar ini bisa dibedakan secara mudah. Arti terdiferensiasi memang merujuk pada apa layanan atau produk yang dijualnya. Contoh produk semen dimana harganya bisa jauh berbeda dari produsen A dan B.

2. Pasar Oligopoli Non Kolusi

Tipe oligopoli non kolusi bisa dilihat dari bagaimana produsen memainkan harganya. Cara memainkan harganya adalah dengan melihat harga dari kompetitornya. Tujuan dari tindakan ini tidak lain agar kompetitor tidak bisa bersaing secara harga.

3. Pasar Oligopoli Pure/Homogen

Jenis market ini berisikan produsen yang menjual berbagai produk dengan sifat identik. Alhasil, sulit dibedakan produk dari beberapa produsen ini. contoh paling mudah adalah air mineral, semen, dan masih banyak lagi.

4. Pasar Oligopoli Kolusi

Jenis pasar oligopoli satu ini adalah tipe market dimana para produsennya saling bekerjasama. Tujuan kerjasama ini agar harga bisa diatur seperti dinaikkan misalnya. Bisnis akan berjalan statis, dimana persaingannya tidak begitu ketat.

Contoh Pasar Oligopoli yang Ada di Masyarakat

Contoh Bisnis Pasar Oligopoly

Contoh Pasar Tidak Sempurna/ Oligopoli Pada Bisnis Jasa Penerbangan (Sumber: garuda-indonesia.com)

Membahas tentang pengertian pasar oligopoli tentu belum lengkap tanpa adanya contoh. Contoh dari pasar oligopoli sebenarnya banyak sehingga memudahkan Anda dalam memahaminya, seperti:

1. Jasa Penerbangan

jasa penerbangan masuk ke dalam jenis oligopoli karena secara konsumen tergolong banyak. Selain itu, penyedia layanan ini jumlahnya masih sedikit sehingga menimbulkan iklim oligopoli. ada persaingan harga dan layanan yang ketat antar maskapai.

2. Layanan Telekomunikasi

Sama halnya dengan layanan penerbangan, untuk telekomunikasi juga demikian. Jasa satu ini masuk ke ranah oligopoli karena dari penyedianya masih terbatas. Akan tetapi, layanan komunikasi termasuk ke dalam kebutuhan pokok masyarakat.

3. Industri Kendaraan Bermotor

Kendaraan bermotor adalah salah satu kebutuhan penting masyarakat. Secara konsumen jumlahnya sangat banyak, tetapi produknya masih cukup sedikit. Bahkan, untuk produsen kendaraan asal Jepang saja jumlahnya masih sedikit dibanding konsumennya yang banyak.

4. Industri Semen

Sebagai bahan baku pembangunan, kebutuhan semen sangat meningkat. Sayangnya produsennya tergolong sedikit, bahkan hanya ada beberapa di Indonesia. Oleh karena itu, industri semen termasuk ke dalam contoh pasar oligopoli.

Kekurangan dan Kelebihan Pasar Oligopoli yang Harus Dipahami

Jenis pasar ini memang jika dilihat sekilas seolah kurang baik karena persaingannya tidak sehat. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa kelebihan di sisi kekurangannya. Simak pembahasan kelebihan dan kekurangannya di ulasan berikut.

Oligopoly

Potret Akibat Iklm Oligopoly yang Terjadi di Bandara (Sumber: pikiran-rakyat.com)

1. Kelebihan Oligopoli

Persaingan yang ketat dari para produsen memicu mereka untuk berlomba menarik konsumen. Alhasil, layanan dan produk terbaik akan diberikan sehingga konsumen bisa memperoleh yang terbaik

Persaingan ketat juga memicu inovasi yang berkelanjutan. Alhasil, perkembangan di tipe pasar ini akan cepat dari segi produk baru

Produknya memang homogen, akan tetapi berbagai macam merk akan dengan mudah dijumpai. Konsumen bisa memilih produk dari brand yang paling sesuai dengan kebutuhan atau kepribadiannya

Perusahaan juga akan terus berpacu dengan persaingan sehingga memunculkan aneka ide baru. Bagus untuk memicu perkembangan bisnis yang lebih optimal

2. Kelemahan Oligopoli

Bagi produsen, perlu biaya besar dengan strategi promosi yang sifatnya masif. Upaya ini berguna agar konsumen tertarik secara besar-besaran. Perang harga akan terus terjadi sehingga memunculkan persaingan kurang sehat

Produsen baru sulit sekali masuk ke ranah oligopoli, bahkan yang berhasil masuk akan kesulitan bertahan

Mengapa Ada Pasar Oligopoli? Apa Faktor Penciptanya?

Copyright

Adanya Batasan Hak Cipta Menjadi Salah Satu Faktor Munculnya Pasar Oligopoly (Sumber: Freepik.com)

Iklim pasar satu ini ternyata tidak terbentuk begitu saja. Ada beberapa faktor penyebab yang mesti Anda pahami untuk market oligopoli, yakni:

1. Produsen Sedikit

Ciri ciri pasar oligopoli adalah produsennya yang tergolong sedikit dibanding konsumennya. Jumlahnya yang sedikit ini dikarenakan kemampuannya dalam memasok. Misalnya untuk industri semen dimana pengolahannya tidak semua perusahaan bisa melakukannya.

2. Ada Hak Paten

Hak paten bisa menjadi sebab adanya pasar oligopoli. Hal ini disebabkan dalam hak paten ada eksklusifitas di dalamnya sehingga kompetitor sulit untuk menduplikasinya secara legal. Oleh karena itu, produsen yang ada di pasar jenis ini jumlahnya relatif sedikit.

3. Kebutuhan Investasi Besar

Investasi juga bisa menjadi faktor terciptanya iklim oligopoli. Kebutuhan investasi perusahaan yang besar membuat produsen lain tidak berani terjun ke industri yang sama. Secara pertimbangan pasti akan memilih jenis usaha dengan kebutuhan investasi minim.

4. Support Pemerintah

Dukungan pemerintah bisa berupa waralaba ke suatu perusahaan tertentu. Hal ini bertujuan agar suatu perusahaan mau bergerak di industri tertentu. Hal ini bisa menjadi pemicu utama terbentuknya pasar oligopoli.

Selain faktor tersebut, sedikitnya pemasok bahan baku juga dapat menciptakan iklim oligopoli. Sedikitnya pemasok bahan baku membuat tidak banyak pengusaha yang tertarik terjun ke lini usaha berbahan baku tersebut.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli dari Harga sampai Pelakunya

Untuk semakin melengkapi pembahasan tentang pasar oligopoli, kenali juga aneka ciri-cirinya. lebih lengkap tentang ciri dari jenis pasar ini, berikut pembahasannya.

1. Harga

Harga di pasar satu ini sebenarnya hampir serupa satu sama lain. Adanya persaingan ketat membuat antar produsen saling perang harga. Sebenarnya hal inilah yang membuat iklim persaingan di market ini sedikit kurang sehat.

2. Pelaku

Pelaku pasar jenis ini adalah dua perusahaan atau lebih dengan range kurang dari 10%. Persaingan dagang dengan range kurang 10% dari konsumennya membuat persaingannya tidak sempurna. Produk paling laris hanya akan terpusat di brand yang sudah memiliki pamor.

Baca Juga: Apa itu Produsen dan Kriterianya Agar Memenangkan Persaingan

3. Produk/Layanan

Umumnya di market oligopoli, produk atau layanan yang dijual homogen sifatnya. Barang atau layanan antar brand sifatnya saling menggantikan. Misalnya di ranah industri maskapai penerbangan.

Tentu untuk pilihan jenis penerbangannya ada banyak, dengan pesawat bervariasi. Akan tetapi secara jenis layanan adalah satu, yakni layanan penerbangan.

4. Strategi Pemasaran

Jika dilihat dari strategi pemasaran, pasar oligopoli memerlukan perencanaan matang. Produsennya sangat sedikit dimana persaingan merebut konsumen juga harus optimal. Tujuan dari strategi pemasaran yang matang agar bisa merajai pasar di tengah iklim oligopoli.

KESIMPULAN:

Bisa disimpulkan bahwa pasar oligopoli memang diatur sedemikian rupa di Indonesia lewat Undang-undang. Hal ini disebabkan oleh bagaimana tipe pasar ini dari segi kondisi sampai persaingannya.

Masuk ke jenis pasar ini berarti harus siap bersaing segalanya dengan kompetitor. Pastikan tools marketing sebagai amunisinya sudah optimal. Baik dalam strategi pemasaran dan pengelolaan keuangan.

Beecloud Bisa Kelola Manajemen Bisnis Tidak Asal Asalan Berdasarkan Laporan Keuangan

Anda bisa menggunakan software akuntansi online beecloud untuk memanajeman keuangan bisnis menjadi lebih optimal. Dengan teknologi cloud dan sistemnya yang diakses secara online, Anda bisa memantau bisnis dimana saja dan kapan saja. Bisnis jalan bosnya bisa jalan-jalan.

Artikel Terkait

Memahami Teori Keunggulan Komparatif, Contoh, Fungsinya
Keunggulan komparatif adalah konsep ekonomi yang mengacu pada kemampuan suatu negara atau entitas untuk menghasilkan barang atau jasa dengan biaya
Baca Juga
Multiplier Effect Adalah: Pengertian, Fungsi, Rumus dan Jenis
Multiplier effect adalah istilah yang sudah tidak asing lagi dalam dunia ekonomi. Istilah ini merujuk kepada nilai pengganda yang digunakan
Baca Juga
Memahami Globalisasi Ekonomi: Konsep, Dampak, dan Contohnya
Dalam era modern yang geografis semakin terhubung, fenomena globalisasi ekonomi atau ekonomi dunia dan global menjadi salah satu isu yang
Baca Juga
Apa itu Sustainability dan Apa Manfaatnya Bagi Bisnis?
Bisnis berkelanjutan telah menjadi sorotan utama di era modern ini. Dalam upaya mengatasi tantangan global seperti perubahan iklim, kerusakan lingkungan,
Baca Juga
Pengertian Distribusi Pendapatan, Faktor & Cara Pengukurannya
Distribusi pendapatan merupakan salah satu aspek penting dalam ekonomi yang menggambarkan cara pendapatan dibagikan di antara individu, kelompok, atau wilayah
Baca Juga
3 Konsep Dasar Ilmu Ekonomi, Penggolongan dan Pengaruhnya dalam Bisnis
Konsep dasar ilmu ekonomi secara mendasar mencakup 3 hal penting, yakni kelanggan (Scarcity), Pilihan (Choice) dan Pengambilan keputusan (Decision Making).
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu