Salah satu cara agar Anda bisa melakukan perbandingan penjualan dengan beberapa kompetitor, pangsa pasar adalah jawabannya. Tidak hanya salesperson, para pemasar di dunia bisnis juga dapat menggunakan data ini untuk keperluan mereka.
Ada banyak contoh bisnis yang dibuat tanpa perencanaan konsep yang siap. Hal ini membuat bisnis Anda mudah jatuh saat sedang sukses-suksesnya. Untuk mencegah hal ini, dibutuhkan perhatian yang lebih terhadap pangsa pasar.
Pangsa pasar dipakai dalam berbagai cara yang berbeda. Salah satunya dengan menarik analisis serta investor untuk memasukkan uang ke perusahaan mereka. Sebagian besar telah memantau pangsa pasar karen bila nilainya tinggi menunjukkan daya saing.
Meskipun pangsa pasar ini penting, masih ada beberapa pengusaha yang belum memahami tentang pangsa pasar itu. Oleh karena itu, dibutuhkan pemahaman mendasar tentang pengertian, kelebihan, serta kekurangannya.
Pangsa pasar adalah bagian dari total permintaan pada suatu barang oleh sekelompok konsumen tertentu. Kelompok konsumen ini bisa terbagi atas beberapa hal antara lain jenis kelamin, usia, jumlah pendapatan, serta lainnya.
Pangsa pasar ini menampilkan seberapa besar sebuah perusahaan telah mendominasi pasar. Oleh karena itu, umumnya perusahaan memakai pangsa pasar ini untuk melakukan analisa target pasar sebuah produk tergantung dari permintaan serta segmentasi produk.
Kelebihannya pangsa pasar adalah sebagai tolak ukur membandingkan 2 atau lebih perusahaan yang bersaing dalam industri yang sama. Selain itu, menampilkan sejauh mana persaingan secara keseluruhan.
Hal ini khususnya terhadap semua perusahaan pada suatu industri. Hal ini bisa sebagai acuan Anda untuk pertumbuhan perusahaan.
Sayangnya dalam prakteknya pangsa pasar memiliki beberapa kelemahan, salah satunya ada waktu dimana perusahaan sudah mencapai sebagian besar dari pangsa pasar tetapi laba yang diperoleh kecil meskipun industrinya sama. Hal ini membuat data pangsa pasar dianggap memiliki indikator yang tidak signifikan.
Baca Juga: Strategi Menentukan Target Pasar yang Wajib Anda Ketahui
Pangsa pasar dikategorikan dengan beberapa jenis. Ada customer market share, volume market share, revenue market share, hingga value market share.
Jenis pangsa pasar ini adalah rasio jumlah customer yang dibandingkan dengan jumlah customer di suatu industri. Pangsa pasar jenis ini sebagian besar dipakai di sektor pekerjaan yang jumlah konsumen beserta subscribe nya sangat diperhitungkan.
Jenis pangsa pasar ini fokus pada jumlah unit yang sudah berhasil dijual oleh perusahaan dari total unit yang telah terjual di dalam pasar. Value market share dapat lebih tinggi dibanding dengan volume market share. Hal ini bisa sering terjadi.
Jenis Revenue Market Share atau bisa disingkat dengan RMS dihitung berdasarkan pada pendapatan yang telah dihasilkan. Kemudian, hasil pendapatan ini dibandingkan dengan kompetitor-kompetitornya.
Cara penghitungan dari jenis pangsa pasar adalah perusahaan menghitung total penjualan dari suatu produk tertentu di semua pasar. Angka RMS kemudian mempresentasikan pangsa pasar dari produk Anda.
Hal ini secara individu. Bentuk persentasenya berdasarkan dari total jumlah dari semua penjualan produk perusahaan Anda tersebut.
Jenis pangsa pasar ini berfokus pada keseluruhan saham bisnis yang dipakai dari akumulasi penjualan segmennya. Angka dari jenis pangsa ini tidak selalu linier dengan volume market share.
Ada 4 cara yang bisa kamu ambil agar pangsa pasar meningkat. Hal ini membuat keuntungan yang didapat juga meningkat.
Selain produk dengan harga yang murah, mayoritas orang ingin mencari sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru ini bisa membuat pangsa pasar Anda mengalami peningkatan.
Cobalah buat fitur serta produk yang baru agar bisa menarik atensi calon pelanggan. Jika dilakukan dengan tekun, penjualan Anda bisa meningkat dengan cepat daripada kompetitor.
Cara kedua dalam meningkatkan pangsa pasar adalah tidak menjadi sesuatu yang rahasia lagi bila pelanggan sangat suka harga yang lebih murah daripada lainnya. Hal ini bisa menjadi pilihan strategi yang bisa Anda coba untuk pangsa pasar yang meningkat.
Semakin banyak pelanggan, semakin besar peluang penjualan produk Anda meningkat. Oleh sebab itu, Anda dapat mencoba kelompok demografi yang baru seperti usia atau status ekonomi dengan strategi pemasaran yang matang.
Tindakan meningkatkan serta mempertahankan motivasi karyawan yang tinggi bisa sebagai kunci menghasilkan produk atau layanan terbaik. Karyawan yang memiliki motivasi tinggi cenderung lebih peduli dengan pekerjaan serta bersedia menyediakan waktu banyak.
Tujuannya ikut ambil bagian dalam penciptaan produk atau jasa yang kreatif serta inovatif. Cara meningkatkan motivasi bisa dengan pengaturan kerja yang fleksibel serta meningkatkan keterlibatan antar karyawan.
Ada formula yang Anda coba untuk menghitung pangsa pasar khususnya. Ikuti tiap langkah tersebut dengan seksama.
Baca Juga: Contoh Data Penjualan dan Analisis Penjualan
Selain kelebihan serta kekurangan yang telah dijelaskan. Berikut ini manfaat melakukan analisa pangsa pasar bagi bisnis Anda.
Tidak hanya sebagai metrik untuk ukuran penjualan, pangka pasar juga dimanfaatkan untuk marketer. Berbeda dengan return of investment, pangsa pasar menampilkan perbandingan pemasaran produk Anda dengan para kompetitor yang lain.
Pangsa pasar sebagai pertanda adanya keuntungan. Semakin tinggi pangsa pasar Anda, semakin besar juga keuntungan yang didapat. Hal ini juga terjadi sebaliknya, semakin rendah pangsa pasar, keuntungan yang Anda dapatkan juga kecil.
Peningkatan pada basis pelanggan ini bisa terjadi karena dengan memiliki kelompok pelanggan yang setia terhadap produk bisnis tertentu, basis pelanggan sedikit demi sedikit terbentuk. Pertumbuhan ini nantinya bisa secara mandiri.
Perusahaan yang mempunyai pangsa pasar pasti ada komunitas atau basis pelanggan dari suatu niche tertentu. Kesetiaan ini dapat perusahaan raih dengan kekonsistenan kualitas produk perusahaan Anda sehingga bisa menjadi cara meningkatkan reputasi di pasar.
Manfaat pangsa pasar adalah juga bisa meningkatkan daya tawar. Nantinya, perusahaan akan memulai menikmati keunggulan yang didapat serta bisa melakukan negosiasi untuk meraih keuntungan lebih dari pihak pemasok serta distributor.
Hal ini tentu membuat perusahaan semakin meningkat. Selain itu, sebagai jangka panjang, perusahaan Anda bisa mendominasi.
Ada banyak contoh kasus pangsa pasar. Salah satu contohnya ada dibawah ini yang bisa Anda pelajari lebih dalam.
Sebuah toko minuman menjual produk minumannya sejumlah 50 M dalam 1 tahun fiskal. Jumlah total produk minuman yang dijual di Indonesia khususnya tahun fiskal yang sama sejumlah 200 M berarti pangsa pasarnya ialah sekitar 25%.
Pangsa pasar merupakan salah satu hal wajib dianalisis oleh perusahaan Anda. Hal ini memiliki dampak yang cukup besar. Selain itu, pangsa pasar bisa digunakan sebagai alat pembanding
Anda bisa melakukan perbandingan produk perusahaan dengan produk kompetitor di industri yang sama. Pembanding inilah bisa mendorong keputusan yang berkaitan dengan pemasaran maupun investasi.
Hal ini berdampak besar pada tiap-tiap konsumen, perusahaan, serta industri. Selain mempelajari pangsa pasar adalah sebagai alat pembanding. Selain itu, dengan pembukuan keuangan yang jelas juga bisa membantu Anda dalam memantau bisnis sehingga praktek pangsa pasar bisa berjalan dengan lancar.
Untuk melakukan proses pembukuan yang efektif dan tidak memakan waktu banyak Anda bisa menggunakan software akuntansi online Beecloud, laporan secara akurat, mudah dan bisa dipantau dimana saja kapan saja secara realtime.