Apa itu NPP? NPP adalah singkatan dari Nomor Pendaftaran Perusahaan, sebuah kode identifikasi yang digunakan untuk mendaftarkan dan mengidentifikasi entitas bisnis di dalam suatu negara.
Selain itu, NPP ini juga memainkan peran penting dalam menyediakan informasi yang jelas dan terstruktur mengenai identitas, status, dan sejarah perusahaan.
Apa saja manfaatnya? Bagaimana cara daftar dan pengecekannya? Baca selengkapnya pada artikel di bawah ini!
Selain sebagai identitas bisnis, NPP juga memiliki fungsi banyak lainnya (Credit: Freepik.com)
Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) adalah identifikasi unik yang diberikan kepada setiap bisnis yang terdaftar secara resmi di Indonesia, terutama sebagai persyaratan untuk mendapatkan jaminan ketenagakerjaan, kesehatan, dan layanan lainnya dari BPJS Ketenagakerjaan.
NPP ini bukan hanya sebagai layanan tambahan, melainkan juga merupakan sumber integritas bagi perusahaan, menandakan kewajiban mereka dalam memberikan perlindungan kesejahteraan kepada karyawan.
Bagi karyawan, NPP adalah hak yang dijamin untuk memastikan kesejahteraan mereka. Perusahaan yang tidak memenuhi kewajiban pemberian NPP dapat dikenai sanksi seperti teguran dan pembatasan akses terhadap pelayanan publik tertentu.
Oleh karena itu, pemahaman dan pendaftaran NPP menjadi sangat penting bagi pengusaha yang bertanggung jawab terhadap karyawan. Prosedur pendaftaran NPP dapat dilakukan secara online melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, memastikan perusahaan dan karyawan berada dalam hubungan yang saling menguntungkan serta mempertahankan integritas bisnis.
Baca Juga: Manajemen Bisnis: Pengertian, Fungsi dan Komponennya
NPP memiliki beragam manfaat bagi perusahaan, termasuk:
Berikut beberapa dokumen penting yang diperlukan dalam proses pendaftaran NPP perusahaan
Potret halaman depan laman e-jakon (Credit: Freepik.com)
Tata cara mendapatkan Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) untuk perusahaan, bisa dilakukan dengan mengikuti beberapa langkah berikut:
Sebelum memulai proses pendaftaran NPP, persiapkan data-data penting perusahaan seperti nama perusahaan, seperti:
Langkah berikutnya adalah melakukan registrasi di Website BPJS Ketenagakerjaan, berikut tahapannya:
Berikutnya adalah mengisi formulir registrasi dengan data perusahaan secara lengkap dan benar. Pastikan data yang Anda berikan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum.
Sertakan informasi seperti alamat perusahaan, jumlah karyawan, data keluarga karyawan, nomor izin usaha, NPWP, email perusahaan, serta informasi penting lainnya.
Setelah mengisi formulir registrasi, tunggulah konfirmasi melalui email perusahaan Anda, berikut rincian informasi lengkapnya:
Setelah menerima dokumen-dokumen tersebut, perusahaan Anda secara resmi telah mendapatkan NPP yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai layanan terkait BPJS dan layanan lainnya.
Ada 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui NPP perusahaan, berikut diantaranya:
Dalam hal ini Anda dapat menghubungi layanan pelanggan BPJS Ketenagakerjaan melalui:
Baca Juga: Contoh Surat Izin Usaha: Cara Membuat dan Syarat Membuat
Dalam kesimpulannya, Nomor Pendaftaran Perusahaan (NPP) merupakan suatu keharusan yang tidak dapat diabaikan bagi setiap perusahaan, tidak hanya sebagai persyaratan formal untuk mendapatkan berbagai layanan dari BPJS Ketenagakerjaan, tetapi juga sebagai penanda integritas dan komitmen perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan.
Dengan penerapan NPP, perusahaan dapat memastikan perlindungan yang tepat bagi karyawan serta memperoleh akses penuh terhadap layanan yang diberikan oleh pemerintah. Sekian, semoga bermanfaat!