🎉 Akhir Tahun Buanyak Diskon-nyaaa, Disc. upto 25%
Logo Bee Web

Mengenal Neraca Lajur, Cara Membuat Beserta Contoh

Neraca lajur ialah lembaran kertas berbentuk lajur yang digunakan perusahaan untuk membuat laporan keuangan secara terperinci.
Penulis: Dhea Forekha
Terbit: Friday, 24 June 2022
Diperbarui: Friday, 24 June 2022
Daftar Isi

Neraca lajur merupakan lembaran kertas berkolom yang dipakai dalam kegiatan akuntansi secara manual. Sebuah perusahaan, baik itu jasa maupun dagang membutuhkan ini untuk mengetahui informasi laporan keuangan secara jelas, kemudian data tersebut digunakan untuk mengambil keputusan oleh perusahaan.

Pengertian Neraca Lajur

Laporan Neraca Lajur

Pengertian Neraca Lajur (Sumber: Freepik.com)

Adalah laporan yang berisikan semua data tentang akuntansi yang dijadikan landasan yang digunakan untuk memeriksa rekening buku besar yang sudah disesuaikan, guna memudahkan ketika akan membuat laporan keuangan.

Baca Juga: Template Laporan Keuangan Sederhana Mudah Ditiru!

Neraca ini memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk melakukan rekap data keuangan sebelum dibuat penyesuaian. Dalam laporan ini berisikan semua laporan keuangan seperti saldo perkiraan sebelum jurnal penyesuaian, perkiraan jurnal penyesuaian dan saldo perkiraan setelah jurnal penyesuaian. 

Jenis Neraca Lajur

Berikut ini beberapa bentuk neraca lajur perusahaan dagang maupun jasa:

  1. Neraca lajur umum, dipakai untuk menganalisa saldo akun yang berbeda dan biasanya berisikan empat sampai enam kolom. 
  2. Neraca lajur terperinci, berisikan lebih banyak perincian atau informasi dan pada umumnya menyertakan halaman pendukung untuk menjelaskan item tertentu seperti daftar utang piutang dagang, pengeluaran produksi ataupun premi asuransi.
  3. Neraca lajur audit, dipakai untuk melakukan verifikasi keakuratan informasi dalam menyiapkan laporan keuangan perusahaan. 
  4. Neraca lajur kolom, dipakai untuk perusahaan yang mempunyai pemegang saham untuk meneliti laba rugi di dalam sebuah perusahaan. 

Cara Membuat Neraca Lajur

Adapun prosedur pembuatan neraca ini ialah sebagai berikut:

  1. Menentukan format yang sesuai 
  2. Masukkan akun-akun dan jumlah saldo secara hati-hati dan teliti.
  3. Masukkan jurnal penyesuaian yang diperoleh dari data aset perusahaan yang telah mengalami penyusutan. 
  4. Masukkan data ke neraca saldo setelah melakukan jurnal penyesuaian, pastikan jumlahnya balance. 
  5. Masukkan data di neraca dan laba rugi, lalu jumlahkan saldo jurnal penyesuaian sampai terdapat angka yang balance. 
  6. Jumlah kolom laba-rugi, setelah menjumlahkan seluruh saldo debit maupun kredit maka Anda akan menemukan hasil berupa selisih pendapatan dan beban, setelah itu anda bisa menentukan perusahaan mengalami keuntungan ataupun kerugian.

Baca Juga: Contoh Laporan Laba Rugi Perusahaan Dagang

Tujuan Neraca Lajur

Tujuan umum dari neraca lajur ialah sebagai landasan dalam memeriksa rekening buku besar yang sudah disesuaikan. Adapun tujuan lain dalam pembuatan neraca ini ialah sebagai berikut: 

  • Mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan. 
  • Digunakan sebagai perkiraan atau potensi yang akan terjadi ketika ada kegiatan operasional. Dengan begitu pihak manajemen terbantu dalam mengendalikan setiap pengeluaran yang dilakukan perusahaan. 
  • Digunakan untuk meringkas informasi dan penggolongan dari neraca saldo yang telah disesuaikan. Hal ini juga wujud persiapan sebelum menyusun laporan keuangan resmi. 
  • Mempermudah pencarian kekeliruan yang tanpa sadar dilakukan ketika pembuatan jurnal. 

Fungsi Neraca Lajur

Dalam dunia akuntansi, hal ini memainkan peranan penting dalam kegiatan manajemen keuangan sebuah perusahaan. Adapun fungsi yang perlu anda ketahui yaitu sebagai berikut: 

  • Menyingkat Data Dalam Pencatatan Keuangan

Memiliki data keuangan perusahaan yang rapi dan ringkas akan mempermudah dalam mencari informasi yang berhubungan dengan transaksi keuangan ketika dibutuhkan, tentunya tanpa proses panjang. 

  • Memudahkan Dalam pemeriksaan Ulang Data Keuangan

Dengan menggunakan neraca ini, maka proses pemeriksaan data keuangan dapat dilakukan dengan mudah sehingga mengurangi bahkan terhindar dari risiko kesalahan pencatatan keuangan. 

  • Mendukung Proses Penyusunan Laporan

Adanya neraca ini tentunya sangat membantu dalam proses pembuatan laporan keuangan. Jika penggunaannya dilakukan secara tepat maka akan memudahkan sekaligus menghemat waktu dalam penyusunan laporan keuangan perusahaan. 

  • Alat Prosedur Pencatatan Keuangan

Fungsi terakhir ialah sebagai petunjuk prosedur pencatatan keuangan yang sudah dijalankan oleh perusahaan benar-benar berjalan. 

Thumbnail Youtube Minimarket email

Penutup

Demikianlah informasi mengenai neraca lajur dalam dunia akuntansi. Bagi anda yang kesulitan dalam melakukan penghitungan neraca lajur yuk gunakan bee.id, dan nikmati kemudahan mengerjakan keuangan secara cepat. 

Bee.id merupakan software kasir minimarket terpercaya di Indonesia. Cocok bagi anda pemilik usaha toko ritel, disediakan trial bagi anda yang penasaran, cobain sekarang dan nikmati kemudahan dalam penghitungan keuangan perusahaan anda. 

Artikel Populer

Contoh Pasar Oligopoli Potret Pasar Persaingan Tidak Sempurna
Ragam contoh pasar oligopoli yang Anda ketahui bisa menambah wawasan dalam memahami jenis market ini. pasar jenis ini merupakan salah
Baca Juga
[DOWNLOAD] Contoh Cash Flow Excel dan Template Membuatnya Gratis
Contoh cash flow excel berfungsi untuk mengonversi data-data akuntansi pada laporan laba rugi dan neraca menjadi suatu informasi mengenai pergerakan
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Contoh Matriks SWOT, Pengertian dan Strategi Penerapannya
Matriks SWOT berfungsi sebagai alat atau metode analisa peluang atau ancaman dalam bisnis, dengan analisis ini pebisnis lebih waspada dan
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu