🚀 MOVE ON ke Bee, Nikmati Diskon 20% Sekarang!
Logo Bee Web

Mau Kedai Kopi Laku Keras? Lakukan 4 Hal Ini

Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis membuka kedai kopi.
Penulis: Rizal Arisona
Dipublish Tgl: Tuesday, 30 July 2019

Kedai Kopi Laku Keras - Setiap orang pasti ingin agar bisnisnya berkembang dengan pesat. Begitu juga jika Anda memiliki bisnis membuka kedai kopi. Bisnis kedai kopi saat ini memang telah menjamur di berbagai kota di Indonesia. Rasa kopi yang khas membuat minuman ini menjadi favorit bagi sebagian besar masyarakat.

Hal ini menandakan jika bisnis kedai kopi memang mempunyai pasar yang potensial sehingga layak untuk dikembangkan. Banyaknya kedai kopi yang bermunculan membuat persaingan di bisnis ini semakin ketat. Persaingan di dunia bisnis memang menjadi tantangan tersendiri bagi para pengusaha.

Lalu, apakah yang harus Anda lakukan agar kedai kopi Anda laku keras? Lakukan 4 hal ini agar kedai kopi Anda selalu ramai pengunjung.

1. Rencanakan Pemasaran Bisnis Kedai Kopi Sejak Awal

Kedai Kopi Laku Keras

Merencanakan Bisnis (Sumber: Freepik.com)

Saat bisnis yang Anda kembangkan telah berjalan, terkadang Anda akan lupa mengenai pemasaran yang harus Anda lakukan untuk membuat agar bisnis tetap berkelanjutan ke depannya. Pemasaran yang baik memang merupakan kunci dari keberhasilan bisnis yang kita jalankan.

Untuk itu, dari awal Anda harus telah merencanakan bagaimana cara pemasaran bisnis kedai kopi Anda nantinya.  Anda dapat mencoba mengadakan event kecil-kecilan dengan mengundang beberapa orang untuk nobar sepak bola atau menyaksikan open mic stand up comedy di akhir pekan.

Pada awalnya mungkin mereka hanya ingin sekedar nobar atau nonton saja, tapi tidak menutup kemungkinan juga mereka akan memesan kopi di kedai Anda untuk menemani mereka nobar atau menyaksikan stand up comedy.

Jika rasa kopi yang Anda sajikan nikmat, tentunya mereka akan datang lagi untuk menikmati kopi di kedai Anda walaupun tidak ada event. Lakukan juga promosi dengan memberikan potongan harga atau bonus misalnya buy one get one dengan ketentuan, mereka harus mengunggah foto kedai kopi Anda ke sosial media. Hal tersebut juga dapat memperkenalkan kedai kopi Anda ke khalayak ramai.

2. Ciptakan Value di Mata Komunitas

Banyak komunitas yang berkembang di Indonesia saat ini. Hal tersebut dapat Anda jadikan sebagai peluang untuk meramaikan kedai kopi Anda. Anda dapat menyiapkan tempat untuk mereka saat akan mengadakan meeting atau berbagai kegiatan lainnya. Mungkin, hal yang Anda lakukan ini tidak akan memberikan keuntungan dalam hal keuangan, namun akan menciptakan value di mata komunitas.

Anda juga dapat menerima acara tertentu pada kedai kopi Anda misalnya acara ulang tahun, reuni atau peluncuran album band. Semakin banyak kegiatan yang dilakukan di kedai kopi Anda, semakin banyak pula pelanggan yang akan datang ke kedai kopi Anda.

Baca Juga: 7 Strategi Cerdas Mengembangkan Bisnis Minimarket

3. Tawarkan Atmosfer bukan Desain Interior

Hampir setiap kedai kopi menawarkan desain interior yang nyaman dan cozy bagi para pelanggannya. Mereka biasanya datang ke kedai kopi hanya untuk sekedar bermain gadget. Tawarkan sesuatu yang berbeda untuk mereka sehingga mereka akan sering datang ke kedai kopi Anda bukan untuk bermain gadget namun untuk saling berinteraksi dengan Anda, karyawan atau pengunjung lainnya.

Perlakukan pelanggan Anda layaknya teman Anda sendiri. Cobalah bangun komunikasi yang baik dengan para pelanggan dan tanamkan juga hal tersebut pada karyawan Anda. Para pelanggan akan saling mengenal satu sama lain sehingga mereka akan saling berinteraksi. Jadi ngopi bukanlah untuk menemani mereka bermain gadget namun menemani mereka saling mengobrol antara satu dengan yang lainnya.

4. Menyelami Dunia Kopi

Untuk terjun ke bisnis kopi, Anda harus mengenal mengenai seluk beluk kopi dengan baik. Mulai dari jenis kopi yang menjadi favorit para pelanggan, berasal dari daerah manakah kopi tersebut, bagaimana cara pemanenan kopi yang baik untuk menentukan tingkat keasaman kopi, bagaimana juga teknik penyeduhan kopi agar dihasilkan kopi yang nikmat.

Hal tersebut akan berpengaruh dalam menciptakan keunikan dari kedai kopi Anda nantinya. Jadi selamilah dunia kopi saat Anda memutuskan untuk terjun ke bisnis ini.

Itulah sekilas uraian mengenai 4 hal yang harus Anda lakukan agar kedai kopi laku keras. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Scale Up Adalah: Fungsi, Strategi Penerapannya dalam Bisnis
Scale up adalah kunci utama bagi perusahaan yang ingin meraih sukses dan pertumbuhan yang berkelanjutan. Scale up bukan sekadar tentang
Baca Juga
Ini Dia Cara Menemukan Ide Kreatif Untuk Bisnis Anda
Mungkin masih banyak diantara Anda yang bingung tentang cara menemukan ide bisnis kreatif. Sebenarnya, menemukan ide bisnis yang kreatif itu
Baca Juga
Content Marketing: Pengertian, Bentuk dan Cara Membuatnya
Content Marketing saat ini memang memegang peranan yang sangat penting. Secara umum, strategi pemasaran konten bisa diterapkan oleh berbagai macam
Baca Juga
Marketing Affiliate dan Strateginya Hasilkan Keuntungan
Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar tentang istilah affiliate. Sebenarnya affiliate artinya apa sih? Affiliate adalah suatu kegiatan mempromosikan produk
Baca Juga
Contoh Surat Pesanan Barang, Jenis, Komponen dan Cara Buatnya
Dalam dunia bisnis, surat pesanan barang menjadi salah satu dokumen yang penting dalam proses pemesanan dan pengiriman barang. Dalam artikel
Baca Juga
7+ Tips Menggunakan Promo Gratis Ongkir Anti Rugi
Penggiat bisnis online atau pembeli online pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah gratis ongkir atau gratis ongkos kirim ini.
Baca Juga

Artikel Populer

Pengertian Perpetual Adalah, Jenis, Keuntungan, dan Kelemahan
Dalam dunia bisnis, perpetual adalah salah satu istilah sering kali menjadi perhatian karena mengacu pada konsep yang berkelanjutan dan berkesinambungan.
Baca Juga
Fakta Michelin Star dan Resto Indonesia yang Pernah Meraihnya
Michelin Star, atau Bintang Michelin, adalah salah satu penghargaan kuliner paling bergengsi di dunia, yang diberikan oleh Michelin Guide kepada
Baca Juga
Model AIDA: Pengertian, Kelebihan dan Contohnya
Apakah Anda pernah mendengar tentang konsep Marketing AIDA dalam pemasaran? Dengan menggunakan model ini, Anda dapat meningkatkan perhatian, minat, keinginan,
Baca Juga
Berbagai Contoh Proposal Bisnis Lengkap dengan Rinciannya
Proposal bisnis merupakan suatu rencana bisnis yang ditulis dalam bentuk dokumen. Pelaku bisnis perlu membuat proposal bisnis sebelum memulai suatu
Baca Juga
Mengenal Siklus Hidup Produk, Tahapan, Contoh dan Strateginya
Menurut Levitt melalui artikel berjudul "Exploit the Product Life Cycle" pada tahun 1965 menjelaskan jika  konsep Siklus Hidup Produk  atau
Baca Juga
Jenis dan Contoh Pelayanan Prima di Berbagai Bidang Usaha
Pelayanan prima atau service excellent merupakan rangkaian tindakan yang diberikan untuk memberikan layanan kepada pelanggan secara maksimal agar mereka mendapat
Baca Juga
Customer Service Bee

148rb+ Pengusaha Sudah Pakai Bee

"Operasional makin lancar, bisnis terkontrol dan mudah discale-up"
Hubungi Tim Bee sekarang untuk konsultasi GRATIS
Logo Bee Web
Software Akuntansi & Kasir No. 2 di Indonesia. Memudahkan Pemilik Bisnis dan Akuntan untuk mengerjakan dan menganalisa keuangan lebih cepat, mudah, dan akurat. Gratis Trial atau Demo Gratis dengan Tim Bee.
Jam Operasional
Senin - Jumat, 09:00 - 16:00 WIB
Sabtu, Minggu dan Tgl Merah LIBUR
Chat via WA
Alamat Kantor
Surabaya: Jl. Klampis Jaya 29J, SurabayaBandung: Aer Space - Jl. Karang Tinggal No.41B, Cipedes, Bandung
Jakarta: Jl. Mampang Prapatan VIII No. 3B, Jakarta Selatan (Sementara Tutup)
Copyright © 2024 Bee.id
magnifiercrossmenu